Windows 11 Dikabarkan Ada untuk Menantang Model Bisnis Apple

Windows

Tepat pada 24 Juni 2021, Microsoft merilis Windows 11 yang merupakan perombakan sistem operasi dari tahun 2015, yaitu Windows 10. Seperti yang dilansir dari VentureBeat, strategi terbaru ini akan menantang model bisnis Apple yang selama ini dirasa mendominasi pasaran.

Tidak Mengenakan Biaya In-App Purchase

Dengan Windows Store terbaru dari Microsoft, para pengembang perangkat lunak tidak perlu membayar komisi kepada Microsoft. Selain itu, Microsoft memperbolehkan mereka untuk menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi mereka sendiri tanpa perlu membayar royalty fee kepada Microsoft.

Langkah yang dilakukan Microsoft ini sangat bertolak belakang bila dibandingkan dengan Apple. Di App Store, pengembang perangkat lunak harus tunduk pada Apple dan wajib menggunakan sistem pembayaran dalam aplikasi dari Apple. Selain itu, para pengembang perangkat lunak akan dibebankan komisi hingga 30%.

Selain Apple, langkah berani yang dilakukan oleh Microsoft ini juga menantang Google Play Store yang juga melakukan langkah serupa. Saat ini, banyaknya pengguna Windows berada pada kisaran 1,3 Miliar, Apple memiliki 1,65 Miliar, dan Google memiliki 3 Miliar.

Kalah Di Sektor Rumahan

Microsoft mungkin masih mendominasi pasar korporat, namun di sektor rumahan, Microsoft dikalahkan oleh Apple dan Google. Merasa menemukan celah, Windows 11 adalah jawaban yang diberikan oleh Microsoft.

Windows 11 akan menyertakan banyak fitur yang memang ditujukan untuk sektor rumahan. Misalnya, kemampuan untuk melakukan undock komputer yang terhubung ke monitor eksternal, dan komputer tersebut masih bisa digunakan secara mobile.

Microsoft juga mengatakan akan menggunakan software Teams ke dalam sistem operasi terbaru mereka. Hal ini sontak menyebabkan konflik dengan Slack Technologies Inc, saingan utama Microsoft di sektor obrolan tempat kerja.

Windows berada pada kisaran 1,3 Miliar, Apple memiliki 1,65 Miliar, dan Google memiliki 3 Miliar.

Untuk mengatasi hal ini, Microsoft akan membuat fitur baru untuk mendukung pembuat konten, termasuk para pengembang perangkat lunak.

Nah, itulah informasi yang berhasil kami temukan saat ini tentang model bisnis terbaru yang tengah dilakukan Microsoft. Bagaimana menurut kalian dengan pendekatan terbaru Microsoft ini ? Silahkan beri pendapat kalian di bawah ya.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version