Komposer Legendaris Yoko Shimomura Terima Lifetime Achievement Award di GDCA 2024

Yoko Shimomura Lifetime Achievement Award Gdca 2024

Nama Yoko Shimomura mungkin tidak asing bagi para penikmat musik video game, terutama yang berasal dari developer Jepang. Pasal-nya, wanita kelahiran tahun 1967 tersebut telah mendapatkan salah satu penghargaan paling bergengsi: Lifetime Achievement Award.

Penghargaan “pencapaian seumur hidup” tersebut ia terima lewat pagelaran Game Developer Choice Award (GDCA) pada bulan Maret lalu. Lewat penghargaan ini Yoko Shimomura dideskripsikan sebagai komposer dan pemain piano asal Jepang yang begitu dihormati, yang mana beliau telah menghibur begitu banyak penggemar video game dari seluruh dunia.

Sebagai catatan, Lifetime Achievement Award merupakan penghargaan yang mengakui seluruh kontribusi seseorang di sepanjang karirnya ketimbang untuk satu hal saja.

Yoko Shimomura memulai karirnya di Capcom pada tahun 1988 yang mana ia melahirkan ragam karya musik untuk judul-judul seperti Street Fighter II, Final Fight dan King of Dragon’s. Kemudian di tahun 1993 beliau bergabung dengan Square Enix dan mengerjakan musik untuk game-game seperti Super Mario RPG, Legends of Mana, serial Kingdom Hearts dan Final Fantasy XV.

Pada tahun 2002 beliau memutuskan menjadi freelancer dan membangun perusahaan musik sendiri bernama Midiplex sampai saat ini. Beliau juga merupakan bagian dari anggota label musik Brave Wave Productions yang dikhususkan untuk para seniman yang bergerak di bidang video game.

Sedikit beropini, saya sendiri sangat terkagum dengan ragam musik yang beliau bawakan lewat Final Fantasy XV. Beberapa di antaranya seperti “Somnus”, “Valse di Fantastica” dan “Apocalypsis Noctis”. Namun yang secara spesifik membuat bulu kuduk saya merinding adalah “Hellfire”, yang mana akan pemain dengar saat melawan boss Ifrit menjelang akhir permainan.

Nah, kira-kira bagaimana tanggapanmu brott dengan pencapaian yang diterima oleh Yoko Shimomura ini? Yuk, langsung saja share pendapatmu di kolom komentar ya!


Baca juga informasi menarik lain terkait atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version