Youtuber Jepang Ini Ditangkap Karena Mengupload Video Gameplay Secara Ilegal

Youtuber Jepang Ditangkap

Youtuber Jepang Ditangkap — Menjadi seorang Youtuber merupakan salah satu profesi di mana kamu akan membuat berbagai konten video yang sebisa mungkin dibuat menarik. Mulai dari tema kecantikan, otomotif, hingga video game dapat dibuat sebagai tontonan menarik baik bagi penonton maupun penggemar.

Bicara soal video game, beberapa hari lalu beredar kabar bahwa salah satu Youtuber di negeri Sakura ditangkap karena suatu hal. Lho, kok bisa ya? Yuk kita ulik bersama!

Kilas Info Sang Youtuber Jepang yang Ditangkap Polisi

Yoshida ketahuan mengunggah video gameplay salah satu seri game Jepang populer

Melansir dari SoraNews24, Shinobu Yoshida, Youtuber berusia 52 tahun menjadi orang pertama yang ditangkap kepolisian Jepang karena mengunggah video gameplay di kanal Youtube miliknya. Konten yang ia unggah adalah gameplay dari game Steins;Gate: My Darling’s Embrace, salah satu seri Steins;Gate yang rilis 2013 lalu. Selain dimonetisasi dan mendapat keuntungan lewat iklan, video tersebut juga menyuguhkan ending game tersebut.

Selain video gameplay, Yoshida juga ketahuan mengunggah video adaptasi anime Steins;Gate dan anime Spy x Family. Video itu tidaklah menampilkan episode lengkap, melainkan “netabare” atau “fast content” video. Ia juga kedapatan menambah caption atau narasi pada beberapa video game dan anime di kanal Youtube miliknya.

Netabare dilarang di Jepang

Di Jepang sendiri, Netabare adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan versi rangkuman dari tiap episode serial atau film. Namun dalam konteks kriminal mengacu pada video yang menunjukkan ending dari serial atau suatu film, atau yang kita sebut sebagai spoiler.

Meskipun begitu, lewat pernyataan, sang Youtuber Jepang tersebut mengakui kesalahannya dan berkata bahwa ia sadar hal yang dilakukannya adalah tindakan ilegal. CODA, organisasi promosi distribusi konten di luar negeri Jepang juga secara tegas menjelaskan bahwa penggunaan video apapun wajib membutuhkan izin dari pemilik lisensi/hak, baik itu anime maupun video game. Hmm, kira – kira bagaimana pendapatmu tentang hal ini, Brott?

Linus Sebastian Selaku CEO Linus Tech Tips Mundur dari Jabatannya, Ini Alasannya

Lho, kok mundur, Mas?

Masih berfokus pada Youtuber, siapa yang tidak kenal dengan Linus Sebastian. Sosok yang cukup dikenal dalam industri tekno yang mendedikasikan kanalnya pada ulasan, unboxing, dan panduan seputar tekno tersebut, kini mundur dari jabatannya.

Lah, ada apa gerangan? Yuk baca selengkapnya di sini.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version