Zoning Mobile Legends — Penjelasan dan Hal yang Harus Pemain ML Tahu!

Zoning di Mobile Legends

Zoning Mobile LegendsMobile Legends dikenal dengan game MOBA yang sangat populer di kalangan gamer, khususnya mobile gamer. Pada game ini, terdapat berbagai mekanik yang dapat dibagi oleh tim berdasar kemampuan dan hero yang digunakan di Land of Dawn nantinya.

Ketika membahas mekanik, cukup banyak hal yang gamer ML perlu tahu agar dapat bermain secara mahir sehingga membuat lawan ketar – ketir. Salah satunya adalah memahami cara Zoning lawan.

Kata Zoning juga tidak asing bagi sebagian pemain Mobile Legends. Namun bagi yang belum memahami konsep Zoning, mari kita bahas secara detil mengenai Apa itu Zoning dan hal – hal yang perlu diketahui.

Apa Itu Zoning Mobile Legends?

Apa Itu Zoning Mobile Legends?

Zoning Mobile Legends adalah istilah dalam game MLBB yang artinya memberi zona kepada lawan alias menjauhkan lawan dan juga tidak membuat lawan berada di daerah sekitar pemain.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara mengunci pergerakan lawan dan membatasi pilihan atau opsi yang dapat dilakukan oleh lawan sehingga mereka berada di kondisi yang diharapkan oleh tim kita.

Hal ini tentunya sangat bagus untuk menekan permainan lawan dan membuat lawan kebingungan untuk mengambil tindakan. Dan tentunya dengan melakukan Zoning, kita akan lebih mendominasi permainan.

Zoning ini biasa dilakukan oleh Hero yang dapat memberikan sedikit ruang kepada lawan untuk melakukan sesuatu seperti Vexana, Nana, dan beberapa hero lainnya yang dapat membatasi pergerakan lawan.

Bagaimana Cara Zoning Mobile Legends?

Cara Zoning yang Baik dan Benar

Cara Zoning Mobile Legends sebenarnya cukup simpel. Dan hal ini biasanya dilakukan oleh Mage maupun hero – hero yang memiliki Crowd Control ataupun serangan AoE yang sangat besar.

Contoh dasarnya adalah ketika melakukan Laning di Midlane. Kita ambil contoh adalah hero Vexana yang memiliki skill AoE dengan damage tinggi dan jg Crowd Control. Vexana cukup membatasi pergerakan lawan dengan Skill 2 dan menembak skill 1 kearah lawan yang menghindar tadi.

Zoning juga dapat dilakukan dengan memotong wave minion lawan sehingga mereka tidak dapat melakukan push lane. Dengan begitu, mereka akan otomatis bermain secara defensif karena tidak mampu untuk maju.

Selain itu biasanya Zoning dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu seperti mengambil buff, Melakukan Push Turret, Turtle, dan juga Lord. Hal ini sangat membantu untuk memenangkan pertandingan

Ketika melakukan Push, pemain dapat melakukan zoning misalnya menggunakan hero Tank untuk masuk melewati tower sehingga lawan mundur lebih jauh dan Marksman tim dapat menghancurkan Tower.

Tips Zoning di Mobile Legends

Tips Dalam Melakukan Zoning Mobile Legends

Berikut adalah Tips dalam melakukan Zoning MLBB agar kamu dapat menang dan menjadi pemain terbaik di Land of Dawn:

1. Batasi Pergerakan Lawan

Dalam melakukan Zoning, hal yang pertama dilakukan adalah membatasi opsi lawan untuk melakukan sesuatu. Kunci segala pilihan yang lawan bisa lakukan agar keuntungan berada di kamu dan tim harapkan.

2. Gunakan Hero yang Punya Banyak Crowd Control Maupun AoE

Dalam melakukan zoning, yang paling efektif adalah menggunakan hero yang memiliki AoE besar maupun Crowd Control yang banyak seperti Nana atau Vexana. Dengan begitu, kamu bisa membatasi pergerakan lawan dan membuat mereka tidak fokus dengan objektif.

3. Cutting Lane

Untuk beberapa kondisi dimana musuh sudah tidak fokus atau tidak memiliki banyak pilihan, kamu dapat melakukan Cutting Lane dengan memotong gerak Minion lawan. Hal ini akan membuat lawan semakin pusing dan terkunci didalam Tower saja.

4. Jangan Terlalu Agresif

Jangan terlalu mengunci pilihan lawan agar tim lawan tidak datang dan membantunya di Lane. Zoning hanya membantasi, bukan menekan permainan lawan. Jika kita terlalu agresif, maka resiko kita diserang balik oleh lawan lebih besar.

Nah itulah Penjelasan serta Hal yang harus kamu tahu tentang Zoning Mobile Legends. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk melakukan push dan meratakan lawan di game Mobile Legends, Brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait MLBB atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version