6 Tahun Pasca Rilis, Assassin’s Creed Unity Akhirnya Bisa Berjalan 60 FPS di Konsol

in , ,
Ac Unity

Assassin’s Creed Unity mungkin menjadi salah satu seri dari franchise Assassin’s Creed yang menimbulkan kenangan campur aduk bagi para gamer. Ada yang mengingatnya sebagai salah satu game dengan grafik terbaik terbaik pada jamannya, parkour inovatif yang memungkinkan bergerak mulus saat  turun ke bawah, atau bahkan sekedar kenangan saat berlompatan di bangunan Notre Dame yang legendaris yang beberapa waktu lalu terbakar.

Dan semuanya mungkin yang paling banyak diingat oleh para gamer adalah game ini merupakan seri Assassin’s Creed dengan paling banyak masalah yang pernah ada. Bug, glitch, performa tidak maksimal, dll memang menghantui game ini bahkan beberapa tahun setelah dirilis di semua platform. Sebenarnya Ubisoft sendiri menebos dosa mereka dengan memberikan perbaikan-perbaikan terhadap game ini, namun sayangnya kelihatannya para gamer sudah terlanjur marah terhadap game ini.

Dan 6 tahun game ini berjalan terseok-seok pada konsol “next-gen” pada jaman itu yaitu PS4 maupun Xbox One yang tidak mampu menjalankan game ini bahkan untuk bisa menyentuh angka 30 FPS. Akhirnya, semua masalah yang dihadapi game ini akhirnya akan terbayar karena game ini mampu berjalan mulus 60 FPS di konsol, tepatnya menggunakan konsol next-gen Xbox Series X.

Hal ini sendiri dibuktikan oleh Youtuber Digital Foundry yang akhirnya membuktikan bahwa Assassin’s Creed Unity ini akhirnya mampu berjalan 60 FPS di konsol Xbox Series X. Mereka pun sebelumnya menjelaskan bahwa masalah performa yang dialami game ini adalah karena ambisi Ubisoft untuk menembus batasan performa dari konsol kala itu yang membuatnya terbatas dengan prosesor yang hanya mampu menjalankan gamenya di resolusi 900p.

 

Dan kini, dengan dukungan hardware yang jelas lebih superior, game ini akhirnya bisa mengejar performa mulus di PC setelah kurang lebih 6 tahun sejak perilisan. Digital Foundry pun menjabarkan bahwa untuk memainkan game ini dengan mulus game ini membutuhkan disc aslinya agar gamenya tidak terganggu oleh berbagai patch dan juga pengunci frame rate yang digunakan untuk menstabilkan gamenya di konsol sebelumnya.

Semua pekerjaan ekstra tersebut sendiri ternyata masih belum bisa membuat Assassin’s Creed Unity berjalan benar-benar mulus di 60 FPS. Namun setidaknya performa tinggi dari konsol next gen sekarang bisa memberikan ruang yang lebih lega bagi game-game yang dahulu harus “dibatasi” karena keterbatasan hardware konsol kala itu.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Assassin’s Creed atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]