7 Game Menarik Lain ala Harvest Moon yang Juga Tidak Kalah Seru! [part 2]

mirip harvest moon revisi

Nama Harvest Moon pun memang telah biasa menjadi tolak ukur dari keberadaan sejumlah game yang memiliki unsur simulasi sosial dan pengelolaan yang betul-betul penting di dalamnya. Berkat seri Harvest Moon: Back to Nature yang begitu melegenda di konsol playstation 1 silam, formula genre seperti ini semakin lama juga telah mulai dikembangkan ke dalam berbagai macam tambahan inovasi yang unik dan keren.

Ada sejumlah game yang secara sengaja atau tidak, telah mampu membayangi kesuksesan franchise tersebut. Kebetulan hingga tahun 2019 ini, sebagian kecil diantaranya secara perlahan mulai berhasil mengganti ingatan para pemain terhadap asyiknya bercocok tanam, mengumpulkan item atau bahan, lalu menjualnya seperti yang sudah kalian lihat dalam listicle tentang game ala Harvest Moon kami sebelumnya.

Melalui bagian yang kedua ini, kami rindu untuk kembali membuka wawasan kalian tentang keberadaan game-game mirip Harvest Moon lain yang mungkin sempat kalian lewatkan. Tanpa berlama-lama, yuk mari kita tinjau lagi untuk kedua kalinya.


7. Garden Paws (Steam)

Ingat dengan Animal Crossing dalam listicle kami sebelumnya ? Karena game ini nampak ingin mencurahkan suatu nafas yang kurang lebih sama dengannya, yakni dengan menggunakan karakter-karakter hewat imut yang bersifat antromorfik. Dalam Garden Paws, kamu akan berperan sebagai seorang cucu yang telah diamanahi untuk mengurus tanah pertanian dan rumah yang mereka titipkan kepadamu.

Kamu tidak hanya mengurus tentang perihal bercocok tanamnya saja, ada banyak aspek-aspek menarik seperti memelihara hewan (padahal kamu juga hewan), bersosialisasi dengan para manusia-hewan sekitar, hingga membuka toko. Bahkan game ini punya satu mode online multiplayer antar 4 pemain (kabarnya bisa sampai 10 dalam update mendatang) untuk bisa saling berinteraksi maupun bereksplorasi bersama.


6. Staxel (Steam)

Anggaplah Harvest Moon sedang ingin berpacaran dengan Minecraft. Dan dari hubungan mereka itu, game bernama Staxel hadir untuk memberi kejutan. Fitur sosialisasi, farming dan building adalah fokus perhatian utamamu dalam bersenang-senang game ini.

Karena mengadopsi grafis kotak-kotak atau voxel di dalamnya, Staxel tentu sangat membebaskanmu untuk bisa pula mengembangkan dunia Sandbox yang telah ditempati. Jangan lupa bahwa kamu bisa membangun dunia tidak hanya secara solo, tetapi juga secara multiplayer bersama dengan para pemain lain.


5. Farm Together (Steam, PS4, Xbox One)

Bila menikmati kelebihan grafis merupakan suatu idaman buatmu, Farm Together bisa jadi jawaban bagi kamu yang betul-betul cukup menikmati game bercocok tanam. Baik secara solo maupun online multiplayer kamu bisa bekerja sama untuk menggarap dan menciptakan lahan pertanian, perkebunan, peternakan, hingga perikanan yang megah. Kamu pun juga dapat membangun rumah dan mendekorasikannya agar lebih cantik.


4. Farming Simulator 19 (Steam, PS4, Xbox One, Android/iOS)

Game ini tak diragukan lagi merupakan satu-satunya game “Harvest Moon” yang paling realistik di dunia. Dimana Farming Simulator 19  sendiri sebagai serinya yang terkini telah semakin ingin berkembang dalam menawarkan pengalaman bercocok tanam maupun beternak yang hampir mendekati kenyataan. Terutama dalam menghadirkan berjibun kendaraan bajak atau traktor yang akan begitu membantu pekerjaanmu.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Game ini juga menawarkan unsur multiplayer yang bersifat coop maupun kompetitif. Sehingga kamu punya opsi pula untuk berlomba-lomba menjadi seorang petani yang teladan dan tajir.


3. Moonlighter (Steam, PS4, Xbox One, Switch)

Game ini mungkin tidak memiliki sejumlah aspek bertani di dalamnya. Akan tetapi, dalam Moonlighter kamu bisa ikut belajar tentang nikmat hidup dari seseorang yang sedang berjuang untuk mencari sesuap nasi. Karena secara umumnya, kamu akan mengemban tanggung jawab untuk mengurus sebuah toko sembari berpetualang mengalahkan para musuh di suatu dungeon demi mencari barang berharga yang bisa kamu dagangkan untuk tokomu.

Selain berdagang dan melayani para calon customer, ada semacam aspek dimana kamu bisa bersosialisasi dengan para penduduk desa di tempatmu tinggal guna mengenali mereka sekaligus memudahkanmu untuk mengembangkan bisnis toko kesayangan kalian.


2. Slime Rancher (Steam, PS4, Xbox One)

Beternak merupakan salah satu aspek penting yang juga bisa kamu jumpai dalam Harvest Moon. Namun untuk Slime Rancher, game ini ingin betul-betul mengeksplor suatu gameplay beternak yang kelewat unik dibanding yang lain. Sesuai judulnya, kamu akan sibuk menggembalakan mahluk mirip onggokan lendir yang sama sekali tidak terlihat menganggu, melainkan imut dan lucu.

Punya gameplay berformat First-Person, kamu akan biasa menangkap mereka para slime menggemaskan tersebut dengan menggunakan semacam alat penyedot, lalu memasukannya ke kandang. Jangan lupakan pula bahwa kamu bisa memberi mereka makan dan memerah suatu item penting darinya. Ada pula aspek eksplorasi untuk menjelajahi beragai areanya yang cukup dan membuat waktu-waktumu dalam memainkannya menjadi sangatlah berharga.


1. Recettear: An Item Shop’s Tale (Steam)

Game ini punya sedikit kaitan yang sama dengan Moonlighter, namun dengan visual yang sangat Anime sekali. Belum ditambah bahwa kamu diceritakan punya hutang yang sangat besar sekali di saat kamu sedang berjuang dalam mengelola tokomu. Sehingga game yang berjudul Recettear: An Item Shop’s Tale ini punya pemaparan yang jauh lebih nakal daripada Moonlighter (apakah mungkin juga lebih baik ?).

Punya opsi untuk memark up secara harga-harga item yang kamu jual, menyewa mercenary yang uniknya merupakan karakter bertarung yang akan selalu kamu kendalikan di sepanjang gameplay adalah hal yang paling mewarnai keunikan game ini. Jika kamu paham dengan kenyelenehan seri game ala Anime seperti Disgaea, maka Recettear nampak merupakan suatu contoh yang biasa merefleksikan nuansa game tersebut.


Demikianlah list bagian kedua kami tentang kumpulan game-game ala Harvest Moon menarik yang sepertinya perlu kamu munculkan kembali di dalam radarmu. Kami sendiri memprediksi bila game-game semacam ini nampak masih tetap akan semakin relevan dan berkembang. Apalagi ketika sedang menunggu kehadiran versi remake dari Harvest Moon: Friends of Mineral Town dan Doraemon: Story of Seasons yang tidak lama lagi akan siap rilis di pasaran.

Baca pula listicle-listicle kami lainnya beserta dengan info-info menarik seputar dunia video game dari saya, Ido Limando.

Exit mobile version