Apple Dirumorkan Akan Seriusi Perangkat Gaming pada 2020

Cover Mac Pro

Apple tentunya menjadi salah satu brand komputer dan gadget yang hingga kini masih belum menjadikan pasar gaming sebagai target pasar mereka. Sejak awal Apple memang hanya berfokus pada profesional, baru kemudian mereka masuk ke pasar lifestyle. Pasar game pun sebenarnya sudah mulai dilirik oleh Apple dengan dikeluarkannya Apple Arcade pada September 2019 lalu. Dan beberapa perangkat Apple (terutama mobile) memang mendukung dan optimal untuk bermain video game.

Dan pada 2020 mendatang kelihatannya Apple akan lebih serius lagi menggarap pasar gaming, karena dalam rumor di wccftech Apple dikabarkan tengah mempersiapkan perangkat Mac yang akan menarget pasar gaming, utamanya esport dan kemungkinan akan dibanderol dengan harga sekitar $ 5.000 atau sekitar 70 Juta Rupiah.

Sayangnya tidak jelas apakah perangkat yang akan dikeluarkan Apple tersebut nantinya akan berupa PC desktop, All-in-one PC, ataupun Notebook. Meskipun beberapa pihak meyakini bahwa kemungkinan perangkat gaming Apple tersebut akan berupa All-in-one seperti iMac atau notebook ala Macbook.

Dengan harga yang relatif tinggi ketimbang kompetitornya bahkan di pasar gaming pun, perangkat gaming milik Apple ini nantinya akan memiliki PR yang lumayan banyak bila tidak ingin dicap sebagai brand yang cuma ikut-ikutan. Dari sisi hardware, mayoritas komputer dan laptop milik Apple sekarang menggunakan kartu grafis AMD yang memang bukan didesain untuk bermain game.

Belum lagi dengan dukungan daftar game yang sangat kecil, Apple harus mampu meyakinkan para pengembang agar mau memporting game-game baru mereka untuk dapat dimainkan ke dalam MacOS. Dan kelihatannya akan cukup berat mengingat harga awal yang dipatok sudah sangat tinggi, dan fokus esport yang digadang-gadang kelihatannya juga akan membuat para pengembang sulit yakin bahwa pengguna perangkat gaming Apple nantinya akan banyak.

Namun mengingat Apple memiliki cara tersendiri untuk menumbuhkan komunitas penggunanya seperti yang mereka lakukan untuk iPhone dan tentunya juga para pengguna Macbook dan iMac sepertinya akan menarik untuk melihat bagaimanakah Apple akan membangun komunitas gaming lewat perangkat yang memiliki harga jauh dari pasaran yang mereka gunakan saat ini, ataukah hal ini hanya akan berakhir sebagai rumor belaka.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Tech atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at galihka@gamebrott.com

Exit mobile version