Blizzard Batalkan Game FPS StarCraft untuk Fokus Diablo 4 dan Overwatch 2?

overwatch torbjorn
Blizzard kembali membatalkan game shooter StarCraft.

Pembatalan dalam pengembangan video game merupakan sesuatu yang sangat lumrah. Banyak faktor yang mendasarinya, mulai dari kurangnya dana, hingga tak adanya lagi minat terhadap gamenya karena tak sesuai dengan visi developer. Dan Blizzard sepertinya menjadi salah satu developer yang paling sering melakukannya berkat visinya yang sangat ambisius. Kabar buruknya, mereka baru saja membatalkan game yang bahkan belum diumumkan sama sekali untuk fokus pada pengembangan Diablo 4 dan game yang kemungkinan akan berjudul Overwatch 2.

Berbicara dengan Jason Schreier dari Kotaku, Blizzard baru saja batalkan game first-person shooter StarCraft yang telah dikembangkan selama dua tahun terakhir. Alasannya? Mereka ingin menambah sumber dayanya ke franchise Diablo dan Overwatch. Namun di balik itu semua mereka mengatakan bahwa pembatalannya disebabkan karena visinya tak sampai di game yang tengah dikembangkan tersebut, meskipun banyak sumber dari Schreier yang mengatakan bahwa pengembangan gamenya berjalan ke arah yang lebih baik.

StarCraft yang mereka batalkan miliki codename “Ares” yang dideskripsikan sebagai “Battlefield-nya StarCraft”. Versi prototipenya mungkinkan player untuk memainkan salah satu pasukan Terran untuk menumpas para alien Zerg. Mereka juga berniat untuk melakukan eksperimen di mana player nantinya bisa memainkan Zerg. Salah satu sumber yang ditanya mengatakan bahwa pengembangannya tergolong lambat dan terkejut saat ia dibatalkan beberapa minggu yang lalu.

Beruntung, sepertinya pembatalan ini tak buat Blizzard melakukan PHK karyawannya. Mereka akan fokus untuk kembangkan Diablo 4 dan game yang mungkin akan bernama Overwatch 2 yang akan diumumkan tahun ini di BlizzCon bulan November nanti bersama proyek game mobile-nya yang belum diumumkan sama sekali. Namun belajar dari kasusnya tahun lalu, hal tersebut kemungkinan bisa berubah.

Di sisi lain, game yang kemungkinan akan berjudul Overwatch 2 atau apapun yang akan mereka putuskan nanti, merupakan game dengan elemen PvE yang kental. Blizzard membandingkannya dengan Left 4 Dead.



Pembatalan seri shooter StarCraft bukan kali pertama untuk Blizzard, sebelumnya, StarCraft: Ghost yang kisahkan salah satu unit Ghost bernama Nova sempat terombang-ambing hingga tahun 2006 yang berujung dengan pengumuman resmi pembatalannya tahun 2014 silam. Dengan kasus ini, sepertinya StarCraft akan tetap jadi game strategi dibanding harus pindah ke genre lain, salah satunya shooter.

Belum jelas apakah hal tersebut benar adanya, meskipun cukup minim laporan Jason Schreier salah, namun akan lebih baik apabila kamu tak menanggapinya dengan serius dan menganggap hal tersebut hanya rumor belaka.

Baca terus tentang Blizzard, Diablo, dan Overwatch agar kamu terus update.

Contact: akbar@gamebrott.com

Exit mobile version