Bos Xbox Tak Khawatir Jika Xbox Series X Tak Selaku PS5

in ,
Phil Spencer Header 1

Microsoft adalah satu dari 3 produsen console gaming ternama saat ini. Ketika dibandingkan dengan kompetitornya yaitu Sony dan Nintendo, Microsoft bisa dibilang kalah saing. Tentu console mereka masih tetap terjual puluhan juta unit, namun ketika dibandingkan dengan penjualan console rival, angka mereka tidak begitu seberapa.

Dalam beberapa tahun terakhir, Microsoft tampaknya mulai mengambil direksi baru. Setelah Phil Spencer ditunjuk untuk memimpin divisi Xbox, tingkat game “eksklusif” mulai meredup. Tiap game yang rilis di console Xbox juga ikut dirilis untuk PC, dan bahkan tak jarang console rival. Tampaknya dirinya ingin membawa Microsoft memanfaatkan lebih dari satu sektor bisnis. Tak hanya sekedar berikan pengalaman gaming via Xbox, tetapi juga lewat PC.

Direksi tersebut tampaknya akan terus dilanjutkan lewat generasi Xbox Series X. Dalam podcast Animal Talking (via Dualshocker) bersama Gary Whitta, ia ungkapkan bahwa bisnis di Xbox saat ini bukan sekedar menjual sebanyak unit Xbox Series X, apabila dirinya ingin mengambil direksi tersebut, maka dia sudah jadikan Halo Infinite eksklusif Xbox Series X.

“Jika [jual lebih banyak unit console] adalah jalan yang kami ambil, kami tidak akan merilis game kami ke PC. Kami tidak ada merilis game kamike Xbox One, dan kami tidak akan merilisnya ke xCloud dan memperbolehkan orang bermain di smartphone,” jelas Phil Spencer.

“Seberapa banyak console yang kami jual dibandingkan console perusahaan lain, Sony atau Nintendo atau perusahaan lainnya, itu bukan jalan yang kami ambil,” tambahnya.

Xbox Series X Xperion
Phil Spencer berambisi memberikan pengalaman bermain seluas mungkin dengan pilihan yang juga banyak kepada pemain. Dirinya ingin game first-party dari studio Xbox dapat dinikmati oleh seluruh kalangan gamer. Mereka kini lebih fokus dalam mendekatkan video game kepada gamer ketimbang mencoba memonopoli industri game. Tentu penjualan Xbox Series X tetap diutamakan dan dia ingin Microsoft terus relevan  dalam kompetisi console, namun tampaknya mereka lebih menjadi perusahaan pemberi “layanan” saat ini. Xbox Game Pass dan Project xCloud menjadi dua contoh terbesar dari transisi tersebut.


Baca pula informasi lain terkait Xbox beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana.

For press release and further collaboration, Contact me at [email protected]

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.