7 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android Paling Ampuh yang Bisa Dicoba

Aplikasi Force Close

Aplikasi di OS Android terkadang memang terkenal rewel. Apalagi jika kalian memasang versi terbaru yang belum stabil atau penuh dengan bug dan glitch. Sebagai seorang pengguna yang sudah memakai smartphone Android selama lebih dari 10 tahun, penulis juga sering kali mengalami berbagai kendala aplikasi force close dan memang kondisi seperti ini sangatlah menyebalkan.

Untungnya jika kita mencari berbagai cara untuk mengatasi hal seperti force close itu ada yang bisa kita lakukan sebenarnya. Semuanya juga tanpa bantuan orang ahli dan bisa kalian lakukan sendiri secara mandiri. Jadi kalian sebenarnya tidak perlu lagi membawa smartphone kalian ke konter HP atau tempat servis hanya untuk memperbaiki aplikasi yang sering force close.

Sejatinya, masalah force close adalah dikarenakan berbagai hal. Seperti dengan adanya inkompatibilitas pada software aplikasi terhadap sistem, atau memang ada bug pada versi apk tersebut. Tentu masalah ini juga tidak serta-merta dialami oleh semua pengguna dan hanya menjangkiti pengguna secara spesifik saja.

Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android Terampuh

Cara mengatasi aplikasi crash atau force close

Bagi kalian yang mencari cara memperbaiki aplikasi sering force close, berikut ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu dalam membetulkan masalah tersebut. Yuk, kita mulai saja pembahasan cara mengatasinya biar tidak berlarut-larut lagi.

1. Clear Cache atau Clear Data Aplikasi

Clear cache atau data di aplikasi

Pertama kali yang biasanya orang lakukan ketika mencari cara mengatasi aplikasi yang force close di Android adalah menghapus cache pada aplikasi Android kalian. Caranya mudah saja tinggal masuk ke informasi aplikasi dan pilih penyimpanan. Lalu pilih hapus cache untuk menghapus cache sedangkan untuk menghapus data pilihan itu biasanya berdekatan dengan hapus cache.

Namun perlu diperhatikan, dengan menghapus data berarti kalian harus men-download ulang data aplikasi tersebut jadi pastikan kalian sudah melakukan backup atau apapun yang bisa menyebabkan kehilangan data di aplikasi tersebut.

2. Restart HP

Pastikan sering-sering restart HP

Bisa saja aplikasi yang sering force close itu karena akumulasi berbagai galat kecil yang terjadi di smartphone kalian. Solusi untuk hal ini cukup gampang yaitu kalian tinggal restart atau memulai ulang HP kalian untuk menghilangkan berbagai galat atau error tersebut. Perlu diperhatikan kalian harus memulai ulang dan bukan mematikan lalu menghidupkan kembali.

3. Update Aplikasi ke Versi Baru

Update atau pasang pembaharuan ke versi terbaru di Play Store

Jika kalian menggunakan versi lama dari aplikasi tersebut dan mematikan auto-update dari Play Store, kemungkinan besar aplikasi itu sudah tidak mendapatkan dukungan dari developer. Biasanya ditandai dengan permintaan update begitu kalian membuka aplikasinya.

Jika hal ini kalian dapati, kalian bisa coba melakukan update dan tentu dengan cara ini bisa membuat aplikasi yang sebelumnya force close atau tidak dapat dibuka menjadi bisa digunakan kembali.

4. Pasang Aplikasi Versi Lama

Cari versi lama dari aplikasi yang bermasalah

Bagaimana kalau kejadian sebaliknya malah yang terjadi? Kalian memasang aplikasi terbaru dari Play Store dan malah menemukan aplikasi tersebut force close. Salah satu caranya adalah dengan memasang versi sebelumnya dari aplikasi itu namun sayangnya kalian tidak bisa menggunakan Play Store karena Google tidak mendukung untuk memasang versi lama dari aplikasi di toko aplikasi mereka.

Solusinya adalah kalian bisa mencari versi lawas dari aplikasi tersebut di alternatif Play Store seperti ApkPure, F-Droid, atau bahkan menggunakan store alternatif untuk mengunduh versi terbaru dari aplikasi seperti Galaxy Store atau Huawei App Gallery. Tentunya cara ini datang dengan resikonya sendiri seperti malware atau link phising jika kalian tidak hati-hati.

5. Uninstall atau Coba di Perangkat Lain

Copot pemasangan lalu coba pasang lagi

Salah satu solusi dari troubleshooting seperti ini adalah kalian bisa mencoba untuk memasang aplikasi yang bermasalah tadi di perangkat lain. Karena bisa saja masalah ini muncul hanya di perangkat kalian entah itu karena tidak kompatibel dengan versi Android di smartphone kalian atau berbagai hal lainnya.

Jika kalian memasang di perangkat lain dan ternyata lancar tanpa problem, bisa dipastikan ada suatu masalah pada perangkat smartphone kalian. Solusi terakhirnya adalah kalian perlu melakukan reset pengaturan pabrik dan punya resiko kehilangan data kalian. Jika kalian tidak bisa melakukannya karena suatu hal, poin berikutnya ini bisa kalian coba.

6. Cek Penyimpanan Internal

Cek apakah penyimpanan penuh atau tidak

Bisa saja solusinya lebih mudah dari yang kalian kira yaitu penyimpanan yang terlalu penuh. Apalagi kalian yang menggunakan smartphone kelas menengah kebawah berumur lebih dari 4 tahun. Solusinya adalah dengan menghapus berbagai data pribadi seperti foto dan video dari penyimpanan internal.

7. Spesifikasi Smartphone yang Sudah Terlampau Lawas

Kalau smartphone terlalu lawas, saatnya berpikir ganti yang lebih baru

Masalah ini biasanya muncul di smartphone Android yang sudah berumur lebih dari 5 tahun. Apalagi kalian yang masih menggunakan Android versi lawas seperti Lollipop atau Marshmallow. Spesifikasi hardware yang terlalu jadul juga bisa jadi masalah ketika membuka aplikasi yang membutuhkan RAM tinggi atau komputasi yang berat misalnya game yang lebih modern. Solusinya ya cuma satu, kalian harus mulai menabung dan membeli smartphone baru.

Jadi itulah berbagai cara mengatasi force close di aplikasi Android dimana hal itu tentu membuat kesal ketika menggunakan smartphone. Apakah ada cara yang berhasil buat kalian atau ada cara lainnya? Bisa sharing bersama-sama ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version