15+ Cara Mengatasi HP Lemot Paling Ampuh Biar Kembali Ngebut

Cara Mengatasi Hp Lemot

Punya smartphone Android tentu tidak jauh-jauh dari problema HP lemot. Apalagi jika menggunakan smartphone Android yang punya spesifikasi pas-pasan atau smartphone yang sudah berumur. Kendala HP lemot ini tentu kadang membuat bete dan ingin rasanya membeli HP baru yang lebih uptodate spesifikasinya.

Namun, membeli HP baru tentunya butuh biaya yang tidak sedikit. Jika ada cara untuk mengatasi HP lemot tanpa beli tentu bisa jadikan umur HP tersebut bertahan lebih lama. Bagaimana cara mengatasi HP lemot agar tidak menyebalkan lagi?

Bagaimana Cara Mengatasi HP Lemot yang Bisa Kalian Coba Sekarang Juga!

Cara mengatasi smartphone lemot

Kalian berada di artikel tepat karena kali ini kami akan mengenalkan berbagai cara mengatasi HP yg lemot atau terasa lambat. Berikut cara-caranya, brott.

1. Copot Aplikasi yang Tidak Perlu

Copot aplikasi yang jarang digunakan

Terlalu banyak aplikasi yang terpasang juga berpengaruh terhadap kemulusan smartphone kalian. Alasannya karena aplikasi tersebut bisa saja berjalan dibelakang layar dan menggunakan komputasi dari SoC kalian berujung buat HP ngelag. Dengan mencopot aplikasi yang tidak perlu kalian bisa merasakan UX yang lebih lega dan tidak terasa lemot lagi.

2. Jangan Pasang Aplikasi Clean RAM atau Booster

Hindari gunakan pelega RAM

Mungkin kalian pernah mendengar jika aplikasi jenis ini bisa mempercepat smartphone kalian dengan membersihkan RAM. Bisa kami katakan jika kebanyakan aplikasi seperti itu sebenarnya tidak seampuh yang kalian kira.

Yang ada aplikasi jenis itu malah akan berjalan di belakang layar terus-menerus dan membuat HP kalian lemot. Bukannya jadi obat malah menambah penyakit, sebaiknya dicopot saja.

3. Tutup Game yang Sudah Tidak Dimainkan

Tutup game setelah selesai mainkan

Berbeda dengan aplikasi yang malah disarankan untuk jangan ditutup, kalian sebaiknya menutup game ketika sudah selesai memainkan. Dengan seperti itu, smartphone kalian akan mengalokasikan RAM yang sebelumnya dialokasikan untuk game tersebut untuk aplikasi lain yang kelak akan kalian buka nantinya.

4. Hindari Penggunaan Widget

Kurangi penggunaan widget

Bagi Android versi baru tentu widget merupakan fitur yang kembali digadang-gadangkan untuk digunakan berkat Apple fokus pada fitur widget di iOS versi terbaru. Tapi tahukah kalian jika widget selain bikin boros baterai, juga akan membuat HP kalian lemot jika terlalu banyak terpasang. Jadi hindari menggunakan widget terlalu banyak dan gunakan yang seperlunya saja.

5. Hindari Gunakan Wallpaper Animasi

Gunakan wallpaper statis saja

Memang menggunakan live wallpaper buat HP kalian terlihat keren, namun jika spek HP pas-pasan ada baiknya kalian coba matikan dan lihatlah apa ada perubahan signifikan. Jika ada berarti fitur tersebut yang membuat Hp lemot.

6. Usahakan Penyimpanan Tidak Sampai Penuh

Cek apakah aplikasi sudah penuhi storage

Penyimpanan disini maksudnya adalah penyimpanan internal dan bukan MicroSD. Storage yang terlalu penuh bisa menghambat kinerja smartphone dan membuatnya terasa lemot. Bila smartphone kalian penuh dengan foto atau video kalian bisa melakukan backup ke komputer atau USB OTG. Bagi yang punya internet Wi-Fi bisa mencoba menggunakan cloud storage seperti Google Drive atau OneDrive.

7. Matikan Auto Update Aplikasi PlayStore

Matikan auto update yang tidak perlu

Pastikan untuk mematikan auto update aplikasi di PlayStore Android. Selain boros kuota dan update aplikasi yang tidak begitu krusial, aplikasi tersebut kadang mempunyai update yang kurang baik dan mempengaruhi performa smartphone.

Jadi idealnya kita yang memilih aplikasi apa yang perlu kita update secara manual. Sisi buruknya kita harus rajin-rajin mengecek PlayStore secara mandiri.

8. Hindari Gunakan Anti-Virus

Hindari penggunaan anti virus jika bikin lelet HP

Bukan berarti anti-virus itu tidak berfungsi seperti RAM booster sejenisnya, hanya saja anti-virus juga bekerja secara 24 jam dibalik layar dan menurunkan kinerja smartphone. Jadi jika kalian mengeluhkan smartphone lemot, mungkin penyebabnya ya terlalu banyak aplikasi yang menguras sumber daya dibalik layar.

Selain itu juga ada banyak cara untuk menghindari malware dan kami juga sudah pernah membahasnya.

9. Hapus Cache Aplikasi

Hapus cache aplikasi

Cara mengatasi HP lemot berikutnya adalah dengan menghapus cache. Kebanyakan aplikasi seperti sosial media menyisakan banyak cache dan kalian harus menghapusnya biar tidak memenuhi storage. Tinggal masuk ke pengaturan, pilih aplikasi, lalu cari aplikasi yang ingin kalian hapus cache-nya, pilih hapus cache.

Kekurangannya kalian harus rajin-rajin menghapusnya karena biasanya tergantung pemakaian penggunanya juga.

10. Periksa Koneksi Internet Kalian

Cek dulu koneksi internet

Terkadang masalah HP lemot bukan karena performa dari smartphone tersebut melainkan jaringan dari ISP kartu SIM kalian yang lemot. Hal ini bisa membuat berbagai aplikasi seperti sosial media tidak mau loading dan memunculkan gambar putih saja. Jadi pastikan lemotnya bukan karena HP tapi memang karena koneksi internet yang sedang tidak bagus.

11. Pakai Launcher Pihak Ketiga

Pakai launcher yang lebih ringan

Enaknya menggunakan Android adalah kita bisa memilih mau menggunakan launcher apapun yang tersedia. Baik karena alasan bosan dengan estetika yang begitu-begitu saja oleh launcher bawaan, atau karena alasan lemot tadi. Kalian bisa menggunakan launcher yang lebih ringan dan minim fitur aneh-aneh, dengan begitu pengalaman scrolling bisa lebih ngebut.

12. Gunakan Versi Lite dari Sosial Media

Gunakan sosial media versi lite

Punya spesifikasi pas-pasan, tentunya jangan memaksakan diri menggunakan versi standar dari sosial media seperti Facebook contohnya. Kalian bisa menggunakan versi lite yang sudah disediakan Meta agar tidak membebani kinerja smartphone kalian. Fiturnya juga sama saja asal tetap bisa terhubung dengan orang lain sudah cukup.

13. Jangan Lupa Restart HP

Sering restart HP

Terkadang alasan yang terdengar sepele ini bisa jadi penyelamat. Memang benar dengan restart atau memulai ulang HP bisa saja menyembuhkan smartphone terasa lemot tiba-tiba. Hal ini sebenarnya dikarenakan HP yang sudah lama tidak di-restart akan mengumpul beberapa error kecil yang mungkin tidak langsung membuatnya terlihat rusak namun akan menurunkan performa.

Jadi dengan di-restart HP akan memulai ulang semua aplikasi dari awal dan error tersebut pun dihilangkan dari HP.

14. Kembalikan ke Pengaturan Pabrik

Kembalikan ke settingan pabrik

Jika semua diatas sudah kalian coba dan masih tidak berpengaruh juga, mungkin sudah saatnya kalian melakukan reset dan kembalikan ke setelan pabrik. Cuma perlu diingat kalian akan kehilangan semua data jadi pastikan untuk backup dulu data penting sebelum mereset pengaturan pabrik.

15. Update Software

Update OS Android

Mungkin masalah HP lemot ini bisa kalian atasi dengan melakukan update software. Bisa saja dengan update software, bug yang selama ini membuat Hp kalian terasa lemot bisa teratasi. Namun sebelum memulai update software sebaiknya backup dulu demi mengantisipasi data hilang.

Bonus: Pasang Custom ROM

Coba pasang Custom ROM

Cara ini juga bisa kalian lakukan, hanya saja sangat bergantung pada merk HP kalian dan juga pengetahuan kalian soal istilah pada smartphone. Biasanya smartphone dengan merk Xiaomi memberikan kebebasan untuk mengoprek dan pasang Custom ROM dengan memberikan akses bootloader.

Kalian hanya perlu membuka bootloader dan menginstal TWRP atau sejenisnya untuk mulai memasang  custom ROM. Namun perlu diperhatikan jika proses ini menghilangkan garansi jika kalian tidak balikkan ke kondisi stok pas klaim garansi. Dan juga data akan otomatis terhapus begitu kalian unlock bootloader.

Jadi itulah berbagai cara untuk mengatasi HP lemot yang bisa kalian coba mulai dari yang mendasar hingga level expert. Apakah kalian pernah mengalami Hp lemot dan bagaimana kalian mengatasinya, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version