10 Cara Mengatasi Laptop Hang yang Sering Dialami oleh Pengguna Windows

Cara Mengatasi Laptop Hang

Cara Mengatasi Laptop Hang – Pengguna laptop di era sekarang ini sudah bisa dikatakan berjumlah masif. Baik itu dari demografi anak sekolahan, mahasiswa, pegawai kantoran, hingga orang yang bekerja secara freelance sekalipun pasti setidaknya menggunakan laptop sebagai sarana mengerjakan tugas.

Os yang dipakai pun kebanyakan adalah Windows yang lebih kompatibel dengan berbagai aplikasi yang digunakan secara umum. Sebut saja aplikasi kantoran seperti Microsoft Office, program editing seperti Photoshop, Premiere, dan After Effect.

Semua program itu tentu membutuhkan power yang cukup mumpuni. Tentu tidak semua orang punya spesifikasi laptop yang sama, apalagi jika kita membahas soal use case bisa jadi lebih berbeda lagi kasusnya. Tapi ada satu hal yang mungkin kebanyakan dari kita sebagai pengguna laptop setidaknya pernah mengalami, yaitu laptop tiba-tiba hang atau freeze.

Apa yang menyebabkan laptop hang? Secara garis besar kondisi laptop hang itu berasal dari OS yang tidak bekerja secara optimal dan menyebabkan ia tidak responsif. Permasalahannya bisa beragam bersama pula cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Laptop Hang bagi Pengguna OS Windows

Mengatasi laptop hang atau freeze

Jika kalian adalah orang yang mengalami hal ini, berikut ada beberapa cara mengatasi laptop hang yang tidak bergerak. Biar tidak berlama-lama lagi mari kita mulai saja pembahasannya, brott.

1. Hapus Cache Browser atau Reset Browser

Hapus cache di peramban

Jika kalian mengalami freeze ketika browsing dan hanya ketika browsing saja, kemungkinan besar ada yang error dengan peramban kalian. Cara mengatasi laptop hang tidak bisa di klik yang paling mudah adalah hapus cache dan history browsing kamu. Namun jika hal itu juga tidak berhasil, mungkin kalian bisa reset browser atau install ulang browser tersebut. Namun pastikan kalian sudah sync semua bookmark dan data lainnya agar tidak raib.

2. Terinfeksi Malware

Laptop terinfeksi malware

Laptop yang terinfeksi malware juga bisa jadi alasan mengapa kadang terjadinya hang. Ada bagian OS yang mungkin dirusak oleh sang malware dan menyebabkan sistem jadi tidak responsif, salah satu yang bisa diakali adalah dengan memasang anti malware atau menggunakan Windows Defender bagi yang menggunakan OS Windows 10 atau 11.

Biar meminimalisir terjadinya hal yang seru lagi, kami sudah pernah membahas bagaimana cara menghindari malware sebelumnya. Tentunya dengan mengetahui cara menangkal, kalian bisa lebih aman dan tidak rentan terhadap serangan malware kedepannya. Jadi kalian tentu jadi tahu cara mengatasi laptop hang Windows 10 atau 11 sekarang.

3. Storage Bermasalah

Storage bermasalah

Terkadang laptop yang hang bisa jadi karena storage terpasang mengalami error. Entah itu SSD yang sudah tua atau HDD yang sudah mengalami bad sector. Ada baiknya kalian cek dulu kesehatan sistem penyimpanan tersebut dan bila memang itu penyebabnya, mungkin sudah saatnya kalian berinvestasi pada storage penyimpanan baru. Namun perlu berhati-hati, kadang ada produk palsu bila kalian tidak berhati-hati dalam memilih, meski dari merek dengan reputasi bagus sekalipun.

4. Driver Bermasalah

Cek driver di Driver manager

Terkadang memang bukan masalah dari sebuah hardware yang jadi penyebab utama terjadinya laptop nge-freeze atau hang. Masalah yang muncul bisa saja dari software atau driver yang baru saja kalian pasang atau memang sedang error/konflik. Jika kalian memang baru saja memasang software/driver baru dan langsung terjadi hang. 

Kemungkinan besar ada yang salah dengan pemasangan tersebut atau bahkan versi tersebut tidak kompatibel dengan OS kalian. Solusinya adalah kalian bisa memasang ulang program tersebut atau cari versi yang kompatibel dengan OS yang sedang kalian gunakan.

5. Cek Task Manager

Cek task manager

Mungkin bukan masalah error atau apapun yang bersifat lebih genting yang menyebabkan laptop mengalami hang. Masalahnya bisa saja sesimpel kalian menggunakan aplikasi yang terlalu berat untuk dijalankan oleh laptop kalian.

Cara tergampangnya adalah dengan mengecek task manager. Di-tab performance jika usage dari CPU, RAM, atau GPU mencapai 100% dan menyebabkan sering freeze, berarti spek laptop kalian memang tidak mumpuni untuk mengerjakan apapun yang sedang kalian kerjakan. Mungkin upgrade beberapa parts seperti RAM atau SSD diperlukan.

6. Program Corrupt

Program corrupt

Jika laptop kalian hang ketika berada ditengah-tengah membuka suatu aplikasi atau program, maka kemungkinan besarnya program tersebut corrupt entah karena suatu hal. Kalian bisa melakukan end task untuk menutup program tersebut dengan menekan tombol CTRL + Shift + ESC untuk membuka task manager. Lalu pilih program yang tidak responsif tersebut dan end task. Solusi jangka panjangnya adalah dengan menginstall ulang program yang menjadi biang keroknya.

7. Memasang Aplikasi Terlalu Banyak

Storage yang terlalu penuh

Storage yang terlalu penuh juga bisa menyebabkan laptop hang. Salah satu alasannya mungkin adalah kalian memasang terlalu banyak aplikasi di Local Disc C hingga tidak tersisa. Solusinya cukup gampang, kalian hanya perlu mencopot atau uninstall beberapa aplikasi tersebut dan bisa saja kalian install di Drive D.

8. Update Windows

Update Windows yang terlalu jadul

Ya penulis paham jika ada beberapa yang benar tidak suka mengupdate Windows mereka. Selain durasinya yang sangat lama dan kadang sering muncul tiba-tiba, mengupdate Windows sendiri seperti terasa tidak ada manfaatnya.

Tapi jika laptop kalian sering freeze dan kalian sudah lama tidak melakukan update Windows, tidak ada salahnya untuk mencoba melakukan update. Siapa tahu memang versi Windows tersebut yang mengalami banyak bug dan akan beres begitu kalian update. Tidak ada salahnya mencoba, apalagi kalian yang masih menggunakan Windows versi lama. Ada baiknya segera upgrade ke versi 10 atau 11. Hal ini tentu bisa jadi cara mengatasi laptop hang Windows 8 yang banyak jadi problem beberapa pengguna.

9. Restore Windows

Restore Windows

Cara ini mungkin bisa kalian gunakan bila laptop terasa hang. Namun tentu sebelumnya kalian harus sudah menambahkan restore point untuk bisa melakukan tahap ini. Jadi selalu untuk menambahkan restore point sebelum memasang suatu aplikasi agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan, kalian bisa merestore kembali ke titik dimana kalian belum menginstall program tersebut.

10. Install Ulang Windows

Bisa lakukan install ulang Windows

Jika tahap diatas tidak bisa dilakukan dan kalian sudah mencoba semuanya namun tidak ada hasil. Ada baiknya kalian coba install ulang Windows untuk mengatasi laptop hang. Memang ini adalah cara pamungkas makanya penulis bahas terakhir. Seperti artikel yang sudah-sudah, pastikan sudah backup semua file penting karena install ulang Windows akan menghapus semua berkas sampai bersih.

Jadi itulah berbagai cara mengatasi laptop hang yang mungkin bisa kalian coba. Apalagi solusi yang pernah kalian temukan untuk mengobati penyakit aneh ini? Bisa sharing dengan kami ya, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version