8 Cara Sadis Developer untuk Menghukum Para Cheater – Part 3

Cara Sadis Developer Menghukum Cheater

Cara Sadis Developer untuk Menghukum Para Cheater – Game menjadi asik untuk dimainkan ketika memberikan tantangan yang seru. Tetapi sebagian pemain tidak inginkan tantangan, mereka hanya ingin menang tanpa menguji kemampuan mereka.

Pemain semacam ini layak untuk dicap miliki “skill issue“, tetapi mereka tidak peduli selama mereka menang. Apalagi jika mereka muncul di game online. Berbagai ucapan sumpah serapah pun dilontarkan ke pemain yang bermain curang.

Untuk capai kemenangan tersebut, jalan apapun diambil termasuk menggunakan cheat. Mau itu di game offline atau online, cheat akan selalu ada khususnya di PC gaming. Pengunaan cheat akan menggangu kesenangan orang lain khususnya di game online.

Dan developer-developer ini memiliki cara unik tersendiri untuk menghukum pemain curang selain dari banned akun pemain tersebut.

Cara Sadis Developer untuk Menghukum Para Cheater – Part 3

Cara Sadis Developer untuk Menghukum Cheater

Berikut cara sadis developer untuk menghukum cheater di dalam game:

1. Outriders – Watermark di HUD Pemain

Outriders

Outriders mungkin menjadi game yang fokus pada elemen PvE dan juga co-op, tetapi tak berarti tak ada keberadaan cheater sama sekali. Layaknya game multiplayer lainnya, cheater akan lakukan apapun untuk bermain curang dan menjadi yang terkuat.

People Can Fly menyadari hal tersebut dan telah mempersiapkan hukuman terhadap pemain curang berupa restriksi matchmaking dan juga memberi watermark permanen di layar mereka yang di mana akan selalu mengingatkan akan aksi mereka.

2. Team Fortress 2 – Ciptakan Bot yang Hanya Menyerang Cheater

Team Fortress 2

Meski tidak menjadi anak emas Valve layaknya DOTA 2 dan juga Counter Strike: Global Offensive, Team Fortress 2 masih terus menjadi game teramai dimainkan di Steam. Komunitas dari TF2 masih sangat aktif meski update konten dan keamanan game terus dipertanyakan.

Bicara soal masalah keamanan, game ini menjadi sasaran empuk para hacker/cheater. Meski tak ada aspek kompetitif, banyak pemain menggunakan program yang membuat mereka “terlihat jago” mulai dari aimbot, wallhack, dll.

Karena tak ada respon dari Valve, komunitas game ini ciptakan sendiri sistem “anti-cheat” dengan cara unik mereka yakni dengan cara membuat bot yang hanya akan menyerang cheater atau bot lainnya.

Bot ini tidak akan menyentuh pemain asli yang jujur, dan hanya akan menghampiri mereka yang curang dengan akurasi dan penglihatan yang juga setara hacker.

3. Eve Online – Eksekusi Publik

Eve Online

Eve Online menjadi MMO Space Sim yang di mana ekonomi menjadi aspek penting dalam bermain game tersebut. Maka ketika muncul fenomena bot yang dapat farming secara otomatis dan merusak ekonomi di game, tentunya pemain dan juga developer tak terima diam.

Menanggapi fenomena tersebut, CCP Games organisasikan acara eksekusi pembunuhan pesawat pemain yang terdeteksi gunakan farming bot. Pemain lain dapat bergabung untuk menembak si pemain curang atau sekedar menonton dari kejauhan. Dan tentu saja, setelah eksekusi, si pelaku akan kena banned.

4. Call of Duty: Warzone – Bikin Cheater Ngehalu

Call of Duty: Warzone

Menjadi game gratis yang populer, Call of Duty: Warzone sempat ramai diserang hacker dan cheater selama beberapa bulan. Hal ini membuat banyak pemain pensiun bermain dan beralih ke game battle-royale populer lainnya seperti Fortnite.

Anti-cheat Ricochet pun diperkenalkan dan sistem ini miliki beberapa trik menarik dalam menghukum serta mendeteksi cheater mulai dari menghilangkan senjata mereka, membuat mereka seakan berjalan di pasir isap, dll.

Yang terbaru dan yang paling lucu ialah Ricochet mampu membuat pemain yang dicurigai sebagai cheater terlihat “ngehalu” dalam artian mereka dapat melihat musuh palsu yang hanya mereka bisa lihat.

Apabila musuh palsu ini ditembak, tak hanya anti-cheat akan langsung menandai mereka sebagai cheater, tetapi juga membuat pemain lain terlihat bingung kenapa ada orang nembak tak jelas.

5. Fall Guys – Taruh Cheater ke Satu Pulau dengan Cheater Lain

Fall Guys

Fall Guys miliki sistem hukuman cheater yang mirip seperti Titanfall yang telah disebutkan di part sebelumnya. Game battle-royale yang terinspirasi dari Benteng Takeshi ini akan menaruh mereka yang terkonfirmasi cheater di matchmaking khusus yang hanya sesama mereka saling beradu.

Ini membuat pertandingan terlihat begitu kocak karena segala macam hacker saling beradu untuk menang lewat speed hack, cheat terbang, teleportasi, dll. Bahkan bisa saja pertandingan tak berakhir sama sekali karena seperti di arena Hexagon karena tak ada yang jatuh ke kolam.

6. Counter Strike: Global Offensive (Khusus Pro di Turnamen FaceIt) – Inspeksi ke Rumah Langsung

Counter Strike: Global Offensive

Dilansir dari Kotaku, FaceIt memasang peratura untuk pemain profesional yang di mana mereka akan mengunjungi rumah mereka untuk diinvestigasi untuk memastikan mereka tidak menggunakan program cheat apapun.

Hal ini sebagai respon seringnya terjadi kasus penggunaan cheat bahkan di saat turnamen berlangsung yang di mana biasanyat program akan disimpan di dalam flashdisk yang dengan mudah dapat disisipkan ke dalam PC dan juga dibuang ketika sudah selesai.

7. Animal Crossing – Diceramahi dan Disuruh Ketik Permintaan Maaf

Animal Crossing

Animal Crossing menjadi game yang memakai waktu dunia nyata untuk jam di game. Maka apabila kamu bermain di malam hari, maka di game juga akan malam. Apabila renovasi rumah selesai besok, maka kamu benar-benar harus menunggu sampai besok.

Tetapi ada trik untuk langkahi restriksi waktu tersebut, yakni dengan “time travel” alias mengubah jam di sistem secara manual. Dengan begini, kamu bisa lanjut melihat progres kotamu tanpa harus menunggu waktu dunia nyata.

Game-game terbaru di franchise ini mulai memaklumi trik tersebut, tetapi seri lama tidak senang ketika kamu terus-terusan bermain-main dengan dimensi waktu.

Maka nantinya muncul karakter Mr. Resetti yang akan ceramahi pemain akan aksi mereka dan mengharuskanmu untuk mengetik permintaan maaf agar dapat lanjut bermain.

8. SimCity – Gempa dan Bunga Utang yang Jebol

SimCity

Membangun dan menjadi pemerintah itu susah… setidaknya di game Sim City. Kamu harus memuaskan semua permintaan warga yang akan selalu komplain akan infrastruktur yang kurang atau juga tidak menjangkau daerah mereka.

Kamu punya dana yang terbatas, maka pemain yang tak pandai atau juga tak sabar dengan mudah dapat tergoda untuk menggunakan cheat. Game miliki command “FUND” yang akan memberikan dana $10.000 secara instan.

Sangat membantu tentunya, tetapi ketika kamu terlalu banyak gunakan dana tersebut, kamu nantinya akan diterpa oleh gempa yang hancurkan kota, membuat pembangunan hasil uang dari cheat tadi menjadi sia-sia.

Pada iterasi selanjutnya yakni SimCity 2000, cheat yang sama kembali muncul tetapi uang yang diberikan ialah dalam bentun pinjaman dengan buang 25%, maka semakin banyak kamu gunakan “cheat” tersebut, semakin banyak utang negara.


Baca pula informasi Gamebrott lainnya tentang G-list beserta dengan kabar-kabar menarik lainnya seputar dunia video game dari saya, Muhammad Maulana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version