[Walkthrough – Bahasa Indonesia] Metro Exodus (The Volga) #8 – Misi Perebutan Kapal Derek dan Pengorbanan Duke.


117
117 points
Metro Exodus_20190902100152

Ini adalah Content Community. Gamebrott Community adalah wadah berbagi pengalaman, opini, dan hal lainnya dalam Industri Videogame. Content ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab creator bukan tanggung jawab Redaksi Gamebrott.

Kamu dapat membuat Content Community & dibayar 💵 seperti yang christianwolf lakukan disini

Setelah mendapati kesuksesan dengan seri Metro Last Light di tahun 2013 (meski sempat mengalami beberapa masalah internal), lima tahun kemudian 4A Games, developer asal Ukraina ini pun akhirnya selesai mengembangkan seri iterasi ketiganya yang berjudul Metro Exodus. Banyak perubahan signifikan di seri ketiga Metro di mana sekarang kamu akan banyak waktu menjelajah di dunia yang luas dan terbuka bergaya sand box. Semuanya masih terasa sama, namun lebih fresh. Dunia luar kini jauh lebih berbahaya dan liar. Orang-orang yang selamat saling membentuk koloni untuk bertahan hidup apapun caranya, begitupun dengan makhluk-makhluk aneh yang kini ikut mengisi ekosistem dunia yang sudah hancur. Beberapa wajah yang nampak familiar kembali bergabung, sebagian yang lain tidak. Metro Exodus kini tampil lebih suram, seram, dan serius.

————

º Halo permisa pembaca semua. Selamat datang kembali di kolom komunitas Gamebrott yang keren dan selamat datang di panduan Metro Exodus. Di kesempatan kali ini penulis akan menuliskan artikel walkthrough bahasa Indonesia Metro Exodus dari awal hingga akhir permainan. Screenshot selama permainan akan diambil menggunakan fitur photo mode maupun non-photo mode. Penulis harap kalian menikmati perjalanan panjang Artyom di seri ketiga ini sampai tuntas. So.. don’t be shy to check it out my friends. º


Sebelum kalian memulai permainan, penulis ingin mengatakan bahwa kalian akhirnya sampai juga pada babak penutup di level The Volga. Tentu saja kita belum berada di penghujung dari permainan. Dengan berakhirnya bab The Volga hanyalah akhir dari sebuah permulaan di mana petualangan Artyom beserta kru The Spartan Order ke depan akan dipenuhi bahaya, tipu daya dan kejutan. So let’s get to it.

MISI MEREBUT KAPAL DEREK KECIL

Misi kalian saat ini adalah get the tugboat by any means. Nampaknya satu-satunya jalan keluar dari The Volga adalah melewati jembatan itu melalui misi perebutan kapal kecil tersebut. Itu artinya kalian bisa menyelesaikan misi dengan konfrontasi langsung atau penyusupan. Kalian langsung saja melanjutkan perjalanan dari Aurora menuju pelabuhan melalui rute manapun yang kalian suka. Sesampainya di sana, Artyom akan diberitahu oleh Anna bahwa ia, Krest dan Duke sudah siap melakukan operasi kapanpun alias menunggu perintah kalian (Artyom selalu menjadi sosok yang spesial di game ini). You lead the way, buddy!

Kalian bisa menemukan ada sejumlah flare berwarna biru yang diletakkan di radius wilayah pelabuhan. Menjalani misi di pagi atau malam hari terserah kalian. Namun apa yang penulis paparkan di sini lebih cenderung bagaimana operasi militer ini berjalan di malam hari. Hal ini selalu memberikan benefit dari segi taktis. Jika kalian bertemu Krest, dia juga akan memberikan saran yang sama bahwa sebaiknya Artyom melangsungkan operasi ini pada malam hari. Di pelabuhan, jika kalian masih ingat, ada dua safe house yang tersedia. Pilihlah mana yang kalian suka.

Anna nanti akan memberitahu Artyom bahwa jumlah bandit yang menjaga kapal tersebut sejumlah lima belas orang. Cukup banyak dan tidak seimbang dibanding jumlah kru Artyom. But this is just a game.. Setelah kalian merasa sudah siap dengan semuanya, kalian bisa memilih opsi pertama, di mana operasi dilakukan secara konfrontasi langsung. Langsung habisi saja semua bandit yang ada di pelabuhan tanpa kenal ampun. Elemen kejutan sangat bermanfaat dan dalam mejungkal jumlah kekuatan mereka jika kalian melakukannya dengan cepat. Namun suara kegaduhan yang ditimbulkan tentu saja akan menarik perhatian Humanimal yang ada di area sekitar pelabuhan. Itu artinya kalian sama saja menyelesaikan masalah dengan menambah masalah baru. Dan sayangnya Anna, Krest dan Duke tidak akan ikut melawan Humanimal yang ada (ini semacam glitch) kecuali hanya membantu Artyom menembaki bandit-bandit tersebut.

Salah satu mekanik permainan di Metro Exodus. Jika kalian berhasil menghabiskan 80% dari jumlah musuh, sisanya akan menyerah.

 

Krest tidak merespon Humanimal di belakangnya. Pilih kasih.

Jika opsi infiltrasi terasa lebih pas dengan gaya permainan kalian, go on. Kalian bisa menyusup dari pintu depan, samping atau gorong-gorong yang terhubung yang terhubung dari dalam bangunan pelabuhan. Rute favorit penulis adalah melalui gorong-gorong gelap. Jika kalian melewati rute ini, Krest yang sudah menunggu kalian di sana akan mengeluarkan suara aneh untuk menarik perhatian bandit. Habisi dua orang bandit yang melakukan investigasi.

Surprise… Angkat tangan!

Setelah itu jalan kalian menyusup ke dalam kapal setidaknya semakin mudah. Di depan ada dua musuh yang sedang bercakap-cakap. Kalian langsung belok ke kanan dan gunakan tuas di tembok untuk mematikan mesin kapal. Setelah itu pergi dari sana dan berputar melalui rute lain. Tetap berjalan menempel di pinggir kapal karena posisi kalian akan dengan mudahnya tertutup oleh banyak barang. Kalian ulangi cara ini ketika melalui kapal selanjutnya hingga sampai di tugboat. Jangan ragu untuk menarik pelatuk selama tepat sasaran. Jangan lupa untuk mematikan lampu atau lilin yang menyala untuk menyembunyikan posisi kalian. Setelah berhasil menyudutkan kapten kapal dan merebut tugboat­-nya, Duke, Krest dan Artyom akan pergi menuju jembatan untuk manjalankan misi selanjutnya.


SILANTIUS SI PEMIMPIN SEKTE YANG MENGUASAI JEMBATAN

Silantius adalahs seorang pemimpin salah satu sekte sesat yang disebut Fanatik di dunia Metro Exodus. Mereka mempunyai simbol khas sekte berupa gambar ikan yang merujuk pada ikan Tsar-Fish. Nampaknya Silantius sering melakukan penyembahan dengan mengorbankan manusia sebagai tumbal karena kepercayaan mereka ini. Artyom diberitahu bahwa ia harus pergi ke control room yang ada di puncak jembatan untuk menurunkan jalur kereta api agar bisa dilewati Aurora.

Sesampainya di jembatan, kalian jalan lurus saja kemudian belok ke kiri. Di area sekitar sini terlalu terbuka, itu artinya kalian harus tetap low profile dan mencari jalan pintas sebisa mungkin. Kalian menyebranglah ke depan dan raih pintu yang terbuka. Di dalam sini kalian pergi ke ruang sebelah kanan dan jalan lurus saja sampai kalian berhenti pada celah sempit di ujung. Masuk melalui celah tersebut dan habisi seorang fanatik yang sedang sibuk mencari sesuatu di depan.

Lompat turun melewati balkon kosong di sebelah kanan kalian dan belok ke kiri mengikuti tangga naik di depan. Masuklah ke dalam ruangan di depan dan hati-hati karena di dalam sini ada satu fanatik yang nampaknya sedang sibuk sendirian. Matikan lampu petromak dan habisi dia. Kemudian keluar dari sana dan belok ke kanan untuk naik ke atas menggunakan lift. Sesampainya di atas, kalian akan melihat sejumlah fanatik sedang berdoa yang dipimpin oleh Silantius. Lupakan isi dialog-dialog kaum sesat ini. Perglah ke sisi sebelah kanan. Jangan khawatir karena suara langkah kaki kalian akan terdistorsi oleh derap hujan yang besar. Bunuh satu penjaga yang sedang berdiri di sini.

Lift menuju ke atas.
Para fanatik sedang mendengarkan khotbah.

Kemudian jalan lurus dan tetap berada di sisi kanan sampai kalian mencapai pintu besi. Tembak gembok yang mengunci pintu di depan menggunakan senjata silencer. Terus jalan ke depan gunakan kaleng untuk mengalihkan perhatian musuh yang menghalangi jalan kalian. Di lantai atas ada dua musuh yang berjaga-jaga. Habisi keduanya. Kemudian ikuti balokin hingga menuju pintu berwarna hijau di depan. Masuk ke sana dan kalian pun akan diperlihatkan sebuah cutscene di mana Artyom dan Duke berhasil menyudutkan Silantius dan memaksanya untuk menurunkan jembatan. Meski begitu ia menolak melakukannya dan keadaan menjadi kacau.

Tidak lama kemudian kalian akan menyaksikan adegan di mana Artyom dan Duke terpojok oleh rentetan peluru dari musuh lalu Duke tertembak dan ia pun harus mengorbankan dirinya demi menyelamatkan Artyom dan kelancaran operasi ini. Artyom pun melompat ke atas kereta Aurora yang sedang berjalan dan kembali tanpa Duke. Meski melewati jembatan dan seluruh kru Spartan pun berhasil kabur dari The Volga, mereka tetap mengalami kerugian satu nyawa yang tidak ternilai harganya. Sayang sekali Duke tidak bisa ikut bersama yang lain untuk melihat dunia luar.

Duke mengorbankan dirinya demi keberhasilan operasi.. dan keselamatan Artyom. Damn!

 

Crew of The Spartan Order will be on grief for late young Duke forever..

Bab The Volga : Selesai

 


The Volga : Chapter The Volga : |1|2|3|4|5|6|7|8|


Baca juga artikel di komunitas Gamebrott yang Christianwolf tulis dengan mengklik tautan berikut. Punya kritik dan saran? Jangan sungkan untuk mengirimnya ke resturulianaputra@gmail.com.


Like it? Share with your friends!

117
117 points

What's Your Reaction?

MARAH MARAH
0
MARAH
GEMES GEMES
1
GEMES
SEDIH SEDIH
0
SEDIH
WKWK WKWK
0
WKWK
Love Love
0
Love
OMG ! OMG !
0
OMG !
KEREN KEREN
1
KEREN
WTF ! WTF !
1
WTF !
christianwolf

Grand Master

A person who loves Jazz.

0 Comments