Demi Selamatkan Masa Depan Bumi, SEGA akan Rilis Game Fisiknya dengan Packaging Berbahan Baku Daur Ulang

in , ,

Siapa sangka industri game ternyata turut menyumbangkan sampah polusi. Tahukah kalian bahwa plastik yang digunakan sebagai wadah dari “kaset” atau kepingan DVD/Blu-ray/Cartridge ternyata memiliki dampak dalam jangka panjang untuk planet yang kita tinggali ini. Menyadari akan hal itu, SEGA yang sudah begitu lama terjun di insutri ini mencoba melakukan langkah yang lebih baik dengan berinovasi membuat case atau wadah dari “kaset” game rilisannya berbahan karton/kardus daur ulang untuk semua game PC yang dirilisnya dalam bentuk fisik.

case/box Football Manager 2020 berbahan kardus/karton daur ulang

Dilansir dari Gameindustry.biz, langkah yang dilakukan SEGA, khususnya SEGA Eropa ini telah dilakukan oleh anak perusahaannya yang mengerjakan franchise Football Manager, yaitu Sort Interactive GamesSIG beberapa bulan yang lalu telah memperlihatkan case versi fisik dari Football Manager 2020 yang menggunakan bahan baku kardus daur ulang yang juga bisa di daur ulang nantinya. Sekilas box-nya terlihat mirip dengan box game  fisik lainnya. Bukan hanya itu saja, SEGA Eropa juga akan melakukan hal yang sama kedepannya untuk rilisan fisik game PC yang lainnya. Seperti halnya Total War: Rome II Enemy at the Gates Edition yang juga akan dibungkus dengan box berbahan baku kardus.

Packaging Total War: Rome II Enemy at the Gates Edition – berbahan baku kardus/karton daur ulang

Jangan salah, meskipun berbahan baku kardus daur ulang yang juga bisa didaur ulang, pembuatan packaging seperti ini diketahui memakan biaya yang lebih mahal untuk produksinya ketimbang dari bahan baku plastik. Inisiasi yang dilakukan SEGA Eropa ini mengutip sang director SIG, yaitu Miles Jacobson dimana “harga tersebut pantas dibayar untuk membantu menyelamatkan planet kita di masa depan”.

“Inisiatif ini menggaris bawahi komitmen SEGA Eropa untuk mengurangi limbah plastik dan upaya yang berkelanjutan untuk menerapkan praktik bisnis yang ramah lingkungan” ucap Presiden SEGA Eropa dan COO, Gary Dale.

Kabarnya game-game yang akan didistribusikan oleh SEGA Eropa dengan packaging ramah lingkungannya ini meliputi beberapa judul game yang dikembangkan oleh Relic, Two PointSport Interactive GamesCreative Assembly dan Amplitude Studios. Semuanya adalah game untuk platform PC dan diketahui juga akan didistribusikan secara global. Sementara itu beberapa judul rilisan SEGA Amerika hanya tersedia secara digital.

Dua jempol untuk SEGA!, apresiasi setinggi-tingginya patut diberikan kepada SEGA Eropa khususnya. Semoga saja game fisik rilisannya juga bisa masuk Indonesia lumayan, selain mengurangi angka pembajakan juga bisa dikoleksi brott.

 

Sumber: Gameindustry.biz

 


Mau baca artikel seputar game hingga informasi menarik lainnya segera kunjungi tulisan dari Happy

happy

Written by happy

Arif "happy" Budianto as a Esport enthusiast, mobile game enthusiast, tech enthusiast and Dota 2 pro wannabe. I love all about video game

Jika ada informasi dan konten menarik untuk kerja sama bisa hubungi e-mail [email protected] untuk segera diolah dan dipublikasi