EA Dikabarkan Batalkan Spin-Off Star Wars Battlefront


Untuk sekuel Jedi: Fallen Order?

Setelah sebelumnya kita dikejutkan akan kehadiran Star Wars Jedi: Fallen Order yang seharusnya dapatkan sorotan tinggi dari publishernya. Electronic Arts yang awalnya percaya bahwa game single player telah mati, justru goda untuk melanjutkan seri yang dibuat oleh Respawn Entertainment tersebut. Namun, sepertinya hal ini berimbas pada game Star Wars lain yang belum diumumkan.

Menurut jurnalis investigasi Jason Schreier dari Kotaku, Electronic Arts rupanya membatalkan seri spin-off Star Wars Battlefront. Menurut para sumbernya, pembatalan tersebut dilakukan tahun 2019 kemarin. Alasannya? Karena waktu pengerjaan yang tak realistis.


Spin-off ini mereka namai dengan codename Viking. Rencananya gamenya akan miliki elemen open-world. Meski awalnya didesain dan dicanangkan oleh EA Vancouver, namun developer utama gamenya diserahkan pada Criterion Games. Ya, developer yang terkenal dengan seri Need for Speed.

Criterion memiliki ambisi luar biasa untuk fokus pada cerita dan karakter gamenya. Namun sayang, pengembangannya tak berjalan secepat yang EA inginkan. Schreier menjelaskan bahwa karena Viking tak mampu rampung dalam waktu satu setengah tahun, para eksekutif EA tak ingin melanjutkan waktu pengembangannya di pertengahan tahun 2019 kemarin. “Berita ini belum pernah dilaporkan sebelumnya”, pungkas Schreier.

Ini adalah seri Star Wars ketiga yang dibatalkan EA. Beberapa judul lain adalah game buatan Visceral dan game dengan codename Orca. Orca adalah game yang dibuat berdasarkan proyek Visceral dan ditangani oleh EA Vancouver. Namun sayang, EA membatalkannya di tahun 2019 kemarin.

Dengan pembatalan tersebut dan pemindahan fungsi Criterion untuk kerjakan Need for Speed baru selanjutnya. Maka kapabilitas mereka dalam mengerjakan seri yang telah “didapatkan kembali ciri khasnya” oleh Ghost Games akan kembali dipertanyakan.


Baca lebih lanjut tentang Electronic Arts, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: akbar@gamebrott.com