Earphone vs TWS, Mana yang Lebih Baik untuk Dibeli?

Earphone Vs Tws

Earphone vs TWS – Perkembangan teknologi zaman sekarang memang banyak mempengaruhi banyak aspek termasuk dunia audio. Apalagi perangkat audio sekarang sudah mulai banyak variasinya dan juga golongan tersendiri. Bukan cuman sepak bola saja yang mempunyai kubu A atau B, audio pun juga demikian seperti kubu audio kelas atas atau kere hore.

Terlepas dari murah atau mahalnya, sebenarnya di dunia audio sekarang sedang lagi panas tentang perdebatan mana yang lebih baik antara earphone atau TWS (True Wireless Stereo). Disini penulis akan mencoba membahas kedua jenis perangkat audio ini yang mana lebih worth it.

Earphone vs TWS, Apa Aspek yang Harus Dinilai?

Earphone vs TWS

Untuk bisa menilai perbandingan antara earphone vs TWS ini, kita harus menilai dari sudut pandang yang berbeda agar kalian juga bisa mendapatkan informasi dari kedua perangkat audio ini lebih detail.

Segi Kepraktisan

Kepraktisan antara Earphone dan TWS

Kita mulai dari poin yang lebih mudah dulu. Dari segi kepraktisan menurut saya disini TWS lebih unggul dibandingkan dengan earphone. Karena TWS mempunyai tempat tersendiri untuk menyimpan dua buah unitnya. Sedangkan earphone sudah jelas, penyakit umum yang pasti dirasakan pengguna earphone yaitu kabel yang suka kusut apalagi kalau kabel earphone tersebut adalah karet yang sudah lama didalam tempat penyimpanan.

Poin lainnya, TWS akan lebih nyaman digunakan bagi kalian adalah seorang yang aktif bergerak misalkan sedang berolahraga atau aktivitas bergerak lainnya dikarenakan tidak ada kabel. Berbeda dengan earphone, karena adanya kabel tertentu akan menyebabkan aktivitas kalian sedikit terganggu.

Lalu ada lagi poin lain dari sisi kepraktisan ini adalah fitur di perangkat audio tersebut. TWS jaman sekarang rata-rata sudah memiliki fitur sentuh di unit untuk mengatur volume, next previous song, menyalakan google assistant, dan menjawab panggilan telepon masuk. Sedangkan di earphone biasanya model di pasaran hanya terbatas untuk menerima panggilan telepon masuk saja. Namun untuk di bagian ini kembali lagi kepada kalian apakah kalian lebih nyaman dengan tombol fisik atau tombol sentuh.

Namun dibalik kepraktisan TWS ini, kalian tidak boleh melupakan satu hal yang ada di TWS yaitu baterai. Rata-rata durasi baterai TWS berkisar 3 jam pemakaian dan 8 jam pada unit casenya. Memang sudah banyak jenis TWS yang mempunyai durasi baterai yang panjang, namun rata-rata harganya cenderung mahal.

Segi Kualitas Suara dan Transfer Sinyal

Spektrum Audio

Lanjut lagi di earphone vs TWS, kita akan menilai dari segi kualitas suara dan transfer sinyal. Bagi penikmat musik garis keras, poin ini adalah merupakan bagian poin yang krusial terlepas dari segi kepraktisan yang sudah kita bahas diatas.

Di poin ini, earphone lebih unggul dibandingkan dengan TWS. Karena earphone menggunakan kabel dimana suara dan kecepatan transfer sinyal yang dihasilkan lebih baik dan tentunya no delay.

Sedangkan TWS biasanya suara cenderung kurang bagus dan kecepatan transfer sinyal akan terasa delaynya meskipun dengan embel-embel gaming mode sekalipun. Ini dikarenakan audio yang dikirim dari perangkat menuju perangkat audio TWS harus melalui beberapa tahapan dahulu. Selain itu, faktor bluetooth dipilih untuk digunakan sebagai penghantar audio di dunia TWS saat ini.

Segi Karakteristik Suara

Karakteristik Suara

Sejujurnya, ini adalah bagian yang paling sulit untuk dijelaskan di earphone vs TWS kali ini. Itu karena kalian benar-benar harus mengunakan telinga kalian sendiri untuk cek yang mana lebih baik. Tetapi setidaknya saya akan memberi gambaran kepada kalian dari dua perangkat audio ini.

Bagi kalian yang mencari karakteristik suara, earphone lebih unggul dibandingkan dengan TWS. Mengapa demikian? Karana sebenarnya TWS itu awalnya diciptakan sebagai alat berkomunikasi, jadi biasanya jenis suara yang dihasilkan cenderung lebih kearah warm atau v-shape.

Sedangkan Earphone dipasaran memiliki banyak sekali jenis suara yang beragam tergantung dari masing-masing penggunanya apakah kalian pecinta musik dengan genre atau tuning tertentu. Apalagi earphone jenis tuning bass bsa ditemukan dimana-mana.

Segi Harga

Berapa Harga Earphone dan TWS yang Worth It?

Membahas earphone vs TWS tak lengkap rasanya kalau tidak membahas dari segi harga. Untuk penjelasan poin ini, earphone lebih unggul dibandingkan dengan TWS. Kenapa saya bisa berpendapat demikian? Karena jika membandingkan antara earphone vs TWS pada rentang harga yang sama, maka earphone akan jauh lebih worth it karena kualitas yang dihasilkan sudah sangat lumayan.

Untuk TWS sendiri, harga paling murah rata-rata dipasaran masih di kisaran seratus lima puluh ribu rupiah. Jika kalian menginginkan kualitas TWS yang bagus, maka kalian harus siap menguras isi dompet atau kartu debit karena harganya sangat mahal. Bahkan tidak jarang kalian akan menemukan harga TWS sampai jutaan rupiah.

Jadi, Mana yang Lebih Baik Untuk Dibeli?

Yang mana paling worth it untuk dibeli?

Dari beberapa poin yang saya sudah jelaskan diatas, saya bisa mengambil kesimpulan bahwa ada 3 jenis pengguna yang biasanya menggunakan kedua perangkat audio ini, yaitu penikmat musik, orang yang sering melakukan aktivitas luar, dan yang terakhir adalah gamer.

Jika kalian adalah seorang penikmat musik, maka earphone adalah pilihan yang tepat buat kalian. Karena earphone memiliki jenis karakter suara yang beragam sesuai musik apa yang kalian dengarkan.

Jika kalian adalah seorang yang punya banyak aktivitas di luar ruangan, TWS merupakan pilihan yang tepat karena anti ribet, ringkas, dan mudah dibawa kemana-mana. Tetapi kalian harus selalu ingat ukuran unitnya yang kecil, jangan sampai kececeran ya!

Dan terakhir jika kalian adalah seorang gamer, earphone merupakan pilihan yang paling tepat karena di dalam game. Karena bagi seorang gamer, delay merupakan hal yang harus dihindari apalagi bermain game kompetitif. Namun sayangnya smartphone zaman sekarang sudah mulai menghilangkan audio jack jadi kalian akan diribetkan dengan adapter atau dipaksa beralih ke TWS.

Jadi itulah pembahasan earphone vs TWS yang bisa penulis sajikan kepada kalian. Apakah ada poin lain yang harus diperhatikan ketika hendak memilih kedua perangkat audio ini? Silahkan sampaikan pendapat kalian di kolom komentar.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel keren lainnya dari Ifan Frans. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version