7 Fakta Game Kodok Zuma yang Mesti Kalian Ketahui untuk Bernostalgia!

Fakta Game Zuma

Fakta Game Zuma — Adakah di antaramu yang mengenal game Zuma? Yup, game kodok satu ini melegenda popularitasnya di tahun 90-2000an. Banyak beberapa gamer yang datang ke warnet demi memainkan game satu ini.

Game satu ini bisa dimainkan oleh siapa saja. Anak – anak, kalangan muda maupun tua dapat memainkan game dengan kodok sebagai wajah utamanya. Namun, tahukah kamu apa saja fakta terkait game ini? Berikut kami berikan 7 fakta game kodok zuma untukmu yang suka bernostalgia!

Fakta Menarik Game Kodok Zuma

Fakta game kodok Zuma

Inilah fakta – fakta Zuma, game nostalgia legendaris yang mesti kamu ketahui dikala ingin bernostalgia!

1. Apa Itu Zuma?

Sebelum masuk ke beberapa fakta gamenya, Zuma adalah game yang dirilis Desember tahun 2003 lalu. Dikembangkan Oberon Media dan dipublikasi PopCap Games, game bertemakan puzzle ini disuguhkan dengan gameplay yang sederhana.

Cara memainkan game inipun cukup mudah. Kalian tinggal menembakkan beberapa bola berwarna sama hingga menciptakan combo dan meraih skor tinggi.

Semakin tinggi levelmu, maka bola yang dikeluarkan semakin cepat hingga membuat game menjadi seru dan tidak membosankan. Hal inilah yang membuat banyak orang kecanduan bermain game Zuma.

2. Game Bertemakan Suku Aztec

Game yang kaya tema suku Aztec

Game ini identik dengan suku Aztec, di mana suku tersebut adalah suku tertua di bumi dan punya perabadan yang cukup maju di zamannya. Bisa terlihat dari menu awal dan score screen ada sebuah piramida bernama Teotihuacan dan dipercaya menjadi tempat kelahiran para dewa suku Aztec.

Selain itu, nama – nama di game ini diambil dari budaya khas suku Aztec. Seperti Kuil Zukulkan dari nama Kukulkan, pola rute bola yang diambil dari Dewa Quetzalcoatl dan Ehecatl, hingga terkenalnya suka Aztec sebagai suku sangat kejam di zamannya, di mana mereka kerap mengorbankan orang – orang untuk dipersembahkan untuk para dewa.

3. Berisi Cerita Petualangan

Mode Adventure untukmu yang ingin berpetualang

Dalam sekuelnya Zuma’s Revenge (2009), game ini mempunyai cerita petualangan yang berhubungan dengan pulau Polynesia, di mana pulau itu dikuasai Zhaka Mu, sang dewa kemarahan. Nantinya, game ini bakal menghadirkan beragam pertarungan dengan beberapa dewa, di mana cerita ini bisa kalian nikmati dalam mode Adventure.

4. Tentang Kodok Zuma

Kodok dianggap sebagai simbol kesuburan

Game ini terkenal dengan kodok sebagai ikon resminya. Kodok ini berfungsi menembakkan beragam bola berwarna ke deretan bola – bola di pola tiap stage. Menurut sejarah suku Aztec, ternyata hewan kodok punya arti sendiri dalam suku tersebut.

Mereka percaya bahwa kodok adalah simbol dari kesuburan, air, dan juga hujan. Selain itu, mereka juga percaya bahwa kodok sebagai simbol perempuan yang sedang melahirkan, di mana kodok dapat mengeluarkan telur dalam jumlah banyak juga postur tubuh kodok terlihat seperti perempuan jongkok yang sedang melahirkan.

5. Masuk dalam Nominasi Game of the Year 2003 dan 2004

Masuk nominasi GOTY di tahun 2003 dan 2004

Kedua gamenya (Zuma dan Zuma’s Revenge) sendiri ternyata sama – sama mendapat respon positif, lho. Saking positifnya, game ini masuk dalam nominasi Puzzle Game of the Year di Computer Gaming World (2003) dan RealArcade (2004).

Sayangnya, meski masuk dalam nominasi acara bergengsi, game ini tidak pernah mendapatkan penghargaan karena ketatnya persaingan di era tersebut.

6. Game Favorit Bill Gates

Bill Gates ungkap game favoritnya adalah Zuma

Meski sederhana, ternyata Bill Gates, Co-founder dari Microsoft mengakui bahwa game kodok ini adalah game favoritnya. Hal ini terungkap lewat wawancara IGN di Xbox Live Arcade bersama sang kreator Greg Canessa (2017).

Pada wawancara tersebut, Canessa berkata Bill Gates merupakan gamer kasual dan game favoritnya adalah Zuma. Ia juga berkata game ini bisa dimainkan Gates bersama anak – anaknya (yang saat itu masih kecil) saat akhir pekan. Selain itu, Gates cukup tertarik akan gamenya hingga ia dikredit lewat salah satu mode game tersebut, yaitu mode buta warna karena Bill dan Melinda Gates mengidap buta warna.

7. Menjadi Ajang Kompetisi Para PNS

Game bapak – bapak PNS sejati (?)

Selain mendapat respon baik dari Bill Gates, ternyata game ini juga mendapat antusiasme dari komunitas gamenya. Terbukti bahwa ASN E-sport Indonesia memasukkan game Zuma sebagai salah satu cabang olahraga e-sports untuk para Pegawai Negeri Sipil (PNS) Indonesia di ASN E-Sport Festival 2022.

Game ini didapuk sebagai cabang olahraga karena Zuma menjadi game yang hampir sering dimainkan para PNS. Dengan spesifikasi PC menengah ke bawah, tak heran game kodok ini menjadi teman mereka di saat luang. Karena hal tersebut, akhirnya muncullah sebuah guyonan “belum PNS namanya kalo belum main game Zuma.”

Nah, itulah dia 7 fakta menarik game kodok legendaris yang mesti kamu ketahui dikala bernostalgia! Jangan lupa untuk selalu up-to-date seputar berita video game dan teknologi terkini hanya di Gamebrott! Adios~


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Nadia Haudina. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version