Final Fantasy XIV Setidaknya akan Terus Berlanjut Hingga 5 Tahun Kedepan

in
Ff14 Endwalker
Masa depan game ini masih cerah.

Meski sempat alami kegagalan saat perilisannya, namun Final Fantasy XIV berubah menjadi salah satu game MMORPG terbaik yang bisa disandingkan dengan World of Warcraft. Jumlah playernya yang terus meningkat menandakan bahwa game yang diprakarsai Naoki Yoshida, veteran MMORPG sekaligus Director dan Produsernya sebagai penyelamat kondisi finansial Square-Enix selama bertahun-tahun sejak tahun 2013 silam.

Untuk terus bertahan, Yoshida dan timnya mendesain ekspansi yang menjadi konten utama yang cakup cerita utama Final Fantasy XIV. Mereka juga tambahkan ragam side-quest dan fitur menarik lainnya agar player tak hanya fokus untuk mengerjakan ceritanya saja, namun juga ikut bersenang-senang dalam dunia yang telah mereka buat.

Saat ini Final Fantasy XIV telah miliki lebih dari 20 juta player dan Square-Enix berencana terus menambah jumlahnya. Tentu saja dukungan perusahaan asal Jepang tersebut akan semakin lama setidaknya hingga beberapa tahun ke depan.

Berbicara kepada Washington Post, Naoki Yoshida menjelaskan bahwa jika player Final Fantasy XIV terus bertambah, maka Square-Enix inginkan gamenya untuk bertahan setidaknya lima tahun kedepan. Yoshida mengaku bahwa CEO Square-Enix ingin mereka untuk mendapatkan 30 juta player, ia juga masih miliki banyak rencana untuk gamenya.

“Beruntungnya saat ini tidak ada rencana untuk menghentikan momentum kami. Dalam satu poin kami pikir jumlah playernya akan terus datar, namun beruntungnya mereka justru semakin meningkat.”

Final Fantasy XIV merupakan MMORPG kedua dari franchisenya dan kemungkinan akan terus dapatkan dukungan. Ini dibuktikan dengan MMORPG pertama mereka yang dirilis tahun 2002 di PC dan PS2, Final Fantasy XI yang hingga detik ini masih didukung oleh Square-Enix dengan updatenya.

Saat ini Final Fantasy XIV akan segera mendapatkan update ekspansi baru berjudul Endwalker yang akan dirilis musim gugur 2021 nanti. Square-Enix juga telah persiapkan versi PlayStation 5-nya yang akan dirilis tanggal 13 April 2021 nanti. Gamenya juga baru saja dapatkan promosinya via trailer anime di Korea Selatan.


Baca lebih lanjut tentang Final Fantasy XIV, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Have passive ability to easily forgotten by people. Open to try new video games, but still hooked by Apex Legends.

You have PR and Review? Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below (Read his article and scroll until you found this profile).