7 Game Horror Berdasarkan Urban Legend Terbaik dan Mengerikan Banget!

Game Horror Urban Legend

Game Horror Berdasarkan Urban Legend — Urban legend adalah cerita atau rumor yang datang dari mulut ke mulut atau dari forum yang ada di internet. Cerita tersebut biasanya bersifat mistis dan sering dijadikan sebagai pengingat agar selalu berhati – hati dalam bertindak, meskipun kebenarannya belum bisa dipastikan.

Urban legend juga bisa dikategorikan sebagai cerita rakyat yang terus diceritakan hingga turun – temurun. Bahkan di masa yang sudah modern ini, tidak sedikit loh orang yang masih mempercayai mitos – mitos tersebut. Khususnya di Indonesia yang sangat kental dengan nuansa mistisnya.

Dan semakin berkembangnya teknologi, khususnya di industri gaming, banyak developer yang kemudian mengadopsi cerita rakyat ini sebagai fondasi dasar kisah dari game horror yang ia kemas.

Game Horror Berdasarkan Urban Legend

Game horror yang adopsi urban legend

Kali ini, penulis akan bagikan 7 game horror yang mengadopsi kisah urban legend atau cerita – cerita rakyat yang mistis. Dijamin membuat gameplay-mu semakin mengerikan!

7. Until Dawn

Daftar ini dibuka dengan judul interactive-horror yang populer pada masanya, atau bahkan hingga sekarang. Until Dawn mengisahkan tentang 8 pemuda/i yang berjuang mati-matian untuk bertahan hidup di pegunungan. Tidak hanya kisahnya yang menarik, monster yang dihadirkan juga diadopsi dari kisah urban legend.

Tak hanya harus selamat dari teror seorang killer, mereka juga harus dihadapkan dengan ancaman Wendigo. Dalam cerita rakyat suku Indian Amerika, Wendigo adalah manusia yang telah dikutuk menjadi makhluk jahat yang suka memakan daging manusia.

Menurut urban legend-nya, terdapat seseorang dari suatu suku yang sifatnya sangat egois dan serakah yang bahkan tidak mau membagikan makanan kepada anggota suku lainnya. Karena keserakahannya itu, akhirnya ia dikutuk menjadi Wendigo.

Namun, di Until Dawn sendiri penampilan Wendigo sama sekali berbeda dengan apa yang diyakini oleh orang-orang. Tapi tetap saja dia adalah makhluk kanibal yang bisa mengancam nyawa.

6. Resident Evil Village

Selanjutnya ada judul Resident Evil Village sebagai judul paling baru di franchise sebelum adanya RE 4 Remake. Mungkin kalian sudah gak heran kenapa RE Village bisa dikatakan sebagai game horror yang mengambil beberapa elemen urban legend.

Di Barat, karakter seperti Lady Dimitrescu sudah jelas berdasarkan Drakula atau kisah – kisah para vampire. Namun, Lady D juga diadaptasi dari urban legend Jepang “Hachishaku-sama”, yaitu seorang wanita tinggi berambut hitam dan mengenakan dress putih.

Karakter Moreau juga sama dimana ia dipercaya mengambil inspirasi dari Kappa, makhluk mitologi berdarah Jepang-Kalimantan yang hidup di air dan suka menganggu manusia. Oh, dan jangan lupakan eksistensi Werewolf yang merajalela di sini!

5. Paranormal HK

Menggabungkan kisah hantu dengan urban legend tentu saja akan menjadi pengalaman menarik bagi para pemain game horror dimana elemen ini hadir di game Paranormal HK. Judul horror yang satu ini terinspirasi dari urban legend Hong Kong dan China.

Disini, kalian berperan sebagai Ah Lok, seorang cameraman yang ditugaskan untuk merekam video demi konten ghost-hunting. Namun, tentu saja semua menjadi tak lancar dimana pemain akan bertemu dengan berbagai macam makhluk halus yang diambil berdasarkan kisah horror rakyat.

Salah satu contohnya adalah “Lady in Red”, hantu gentayangan yang semasa hidupnya dianiaya, penuh amarah dan dendam.

4. The Bridge Curse Road to Salvation

Kali ini ada urban legend yang juga dipercaya sebagai legenda nyata di Taiwan. The Bridge Curse: Road to Salvation mengadopsi legenda atau mitos yang berseliweran di salah satu universitas asli di Taiwan.

Dikisahkan ada seorang penunggu wanita yang mendiami jembatan di universitas tersebut. Menurut cerita rakyat, wanita tersebut bunuh diri di jembatan tersebut akibat dighosting oleh pacarnya. Namun ada juga yang percaya bahwa dirinya dilecehkan dan dibunuh oleh 5 pemuda kemudian dibuang begitu saja ke danau bawah jembatan.

Dan game ini sendiri mengajak kalian untuk terjun ke dalam petulangan sekelompok remaja yang ingin menginvestigasi lebih jauh mengenai mitos ini. Pastikan jantung kalian aman saat memainkan game ini ya, brott!

3. Fatal Frame Series

Game horror berdasarkan urban legend selanjutnya adalah Fatal Frame yang mengadopsi cerita rakyat Jepang. Uniknya, selain mengadopsi kisah urban legend, Fatal Frame juga dikemas berdasarkan pengalaman horror sang kreator sendiri.

Sebagai contoh, game Fatal Frame: Crimson Butterfly berlatar di Himuro Mansion, sebuah rumah terkutuk di Jepang. Dikisahkan bahwa pemilknya harus mengorbankan seorang gadis setiap 50 tahun, namun gadis itu harus benar – benar diisolasi.

Kisahnya menyebutkan bahwa gadis itu jatuh hati pada seorang pemuda yang mana kemudian menggagalkan ritual. Sang pemilik mansion kemudian murka dan membantai keluarganya sebelum ia mengakhiri hidupnya sendiri demi terhindar dari karma. Wadaw juga, ya.

2. DreadOut Series

Akhirnya game horror terbaik juga tak jauh dari game lokal. Seperti yang sudah disebutkan di atas, Indonesia sangatlah kental dengan hal – hal mistis nan ghaib dan cerita – cerita seperti ini tidak pernah berhenti diceritakan.

Game DreadOut pertama menceritakan tentang Linda dan teman – teman yang terjebak di kota terbengkalai penuh roh jahat. Bermodalkan indra keenam dan sebuah kamera HP, Linda harus memburu dan mengusir setan jahat seperti Kuntilanak demi bisa kabur.

Dengan berbagai macam hantu lokal yang dihadirkan di game ini, tentu membuat pengalaman bermain pemain menjadi lebih menegangkan.

1. Pamali: Indonesia Folklore Horror

Game horror berdasarkan urban legend ini ditutup oleh Pamali: Indonesia Folklore Horror. Dari judulnya saja sudah ketahuan pemain akan menemukan berbagai macam hantu, setan, atau makhluk spiritual asal Indonesia yang tak kalah menyeramkan.

Dan judul Pamali ini sangat berkaitan erat dengan aktifitas perdukunan atau ilmu hitam yang tentu mengantarkan pada malapetaka, baik orang – orang sekitar maupun untuk dirinya sendiri.

Disini kalian bakal ketemu dengan Kuntilanak, Pocong, dan Tuyul. Pamali mengajakmu untuk terjun ke dalam kehidupan sehari – hari orang Indonesia yang suka berkecimpung dengan ilmu hitam.

Itulah 7 game horror berdasarkan urban legend terbaik dan mengerikan yang wajib banget kalian mainkan! Adakah game horror urban legend lainnya yang kalian ketahui, brott? Bagikan jawaban kalian di kolom komentar, ya!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Berita Game atau artikel lainnya dari Sofie Diana. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version