15 Game Termahal yang Pernah Dibuat dengan Harga Produksi Fantastis

game termahal yang pernah dibuat

Game Termahal yang Pernah Dibuat – Menciptakan sebuah video game tentu tidaklah mudah. Developer perlu mengucurkan dana yang tidak sedikit untuk bisa merealisasikan sebuah game yang masih berbentuk konsep menjadi sebuah game utuh yang kemudian bisa dimainkan oleh gamer.

Game sendiri juga punya budget yang bervariasi mulai dari game self-publish yang tidak perlu modal marketing besar hingga game AAA dengan budget fantastis. Dari sepanjang sejarah video game diciptakan memang ada beberapa yang punya budget besar skala blockbuster.

Istilah game AAA sendiri merujuk game dengan pengeluaran masif hanya untuk pengembangan dan marketing. Publisher yang melontarkan biaya besar seperti ini tentu optimis game mereka akan mendatangkan profit lebih besar lagi. Hal ini tentu hanya bisa dicapai oleh publisher besar seperti Take-Two, EA, Ubisoft, atau studio besar lain yang punya pundi-pundi uang dari investor. 

Game Termahal yang Pernah Dibuat

Game dengan budget terbanyak

Artikel kali ini akan membahas apa saja judul game termahal yang pernah dibuat. Namun perlu sedikit catatan tentu beberapa judul hanya sebatas perkiraan karena publisher sendiri tidak pernah menuliskan berapa biaya yang dilontarkan. Apa saja judulnya, mari kita bahas bersama-sama.

15. Watch Dogs

Game dari Ubisoft

Game yang menjadikan nama Ubisoft kembali mendapatkan panggung besar di industri game ini ternyata punya biaya produksi yang tidak sedikit. Game ini diestimasikan menghabiskan kucuran dana 68 juta Dollar AS yang kalau dikonversikan ke inflasi tahun 2022 lalu menjadi 84 juta Dollar.

Game-nya sendiri juga cukup unik karena elemen gameplay yang berfokus pada hacking dan puzzle. Kesuksesan game tersebut merilis dua sekuel yang hadir setelahnya walau terkesan hanya daur ulang dari game pertama.

14. Rift

Game MMO

Jarang sekali sebuah game MMORPG bisa mendapatkan budget yang fantastis seperti kasus Rift ini. Selain punya budget yang gede di sekitar 60 hingga 70 juta Dollar AS, game ini juga mendapatkan banyak pujian dan digadang sebagai game MMORPG terbaik di zamannya.

13. The Witcher 3: Wild Hunt

The Witcher 3

Tidak bisa dipungkiri nama CD Projekt Red atau CDPR memang belakangan ini melejit. Tapi game yang berhasil membawanya ke nama yang harum ini tidak lain adalah game ketiga dari seri The Witcher. Game ini mendapatkan budget masif di 81 juta Dollar AS yang kalau dihitung inflasi sudah mencapai 100 juta.

12. Forspoken

Game dari Square Enix

Walau perilisannya tidak disambut baik oleh gamer, tidak menepis fakta kalau game ini punya budget produksi selangit sekitaran 100 juta lebih kurang dalam mata uang AS. Sayang sekali budget besar ini dinilai buruk oleh gamer yang menganggap dunia open world yang disajikan terlalu kosong, serta cerita yang kurang menarik untuk diikuti.

11. Genshin Impact

Game mobile populer

Mungkin game ini bisa dikatakan sebagai salah satu game mobile tersukses disertai dengan budget produksi yang mahal. miHoYo alias HoYoverse menjadi publisher pertama yang mengucurkan dana 100 juta lebih Dollar AS untuk sebuah game mobile gacha.

Tapi, ya memang jika melihat game yang sepopuler ini, wajar saja mereka merasa yakin jika uang sebesar itu sepadan dengan yang mereka akan dapatkan.

10. Battlefield 4

Game dari EA

Game yang di awalnya mendapatkan berbagai kontroversi ini ternyata juga salah satu game ambisius dari EA. Game yang mendapatkan dana sebesar 100 juta Dollar AS ini masuk sebagai salah satu jajaran game termahal dibuat sepanjang sejarah. 

9. Shenmue

Game untuk Sega Dreamcast

Game ini merupakan salah satu yang cukup ambisius di masanya dan menjadi salah satu game yang mempelopori penggunaan QTE pada video game. Hanya saja dengan biaya 47 juta Dollar AS di kala itu yang jika dihitung inflasi sekarang sekitar 120 juta lebih kurang Dollar AS tidak langsung mendapatkan profit.

Menurut media outlet di kala itu mengatakan agar game ini bisa profit, semua pemilik konsol Sega Dreamcast harus membeli 2 kali game ini. Yang berarti konsol tersebutlah yang menghambat penjualan game-nya.

8. Grand Theft Auto IV

GTAIV

Seharusnya jika kita mau berpikir logis, harusnya Grand Theft Auto V yang masuk list ini karena analis melakukan estimasi jika game tersebut punya budget 200 juta lebih. Hanya saja kalau membahas estimasi nyata dan benar tercatat lebih dari 100 juta Dollar AS itu benar digunakan oleh seri sebelumnya yaitu GTAIV.

Menjadikannya salah satu game yang punya biaya sebegitu besar dengan penjualan yang sukses pula.

7. Dead Space 2

Game survival horror luar angkasa

Game survival horror ini tercatat melontarkan biaya 60 juta Dollar AS untuk produksi dan 60 juta lagi untuk marketing. Dengan total jika dihitung inflasi maka akan mencapai angka 156 juta Dollar. Menghitungnya saja sudah bikin pusing ya, brott.

6. Shadow of the Tomb Raider

Penutup serial Tomb Raider

Seri penutup Tomb Raider ini merupakan penutup paling ambisius yang bisa dibuat oleh Eidos-Montreal dan Square Enix. Perjalanan terakhir Lara Croft ini memakan sekitar 128 hingga 157 juta Dolar AS dan jadi salah satu game dengan biaya produksi yang besar dan mahal.

5. Destiny

Game shooter Sci-fi

Bungie memang terkenal dengan serial Halo yang populer itu. Tapi begitu mereka ingin merilis IP baru, ternyata mereka juga tidak keberatan mengucurkan dana yaitu sekitar 140 juta atau 173 juta Dollar AS setelah dihitung inflasi. Membuatnya berhasil masuk jadi urutan ke-5 game termahal untuk sekarang.

4. Halo 2

Game Halo yang populer

Satu lagi judul dari Bungie yang berhasil masuk ke jajaran game termahal. Game ini berhasil melontarkan budget sebesar 248 Dollar AS dan menjadi salah satu game dengan biaya produksi raksasa. Tapi melihat seberapa suksesnya franchise Halo secara keseluruhan, angka ini jadi terlihat wajar-wajar saja.

3. Final Fantasy VII

Game JRPG Final Fantasy yang melegenda

Siapa bilang game JRPG itu tidak punya biaya produksi yang besar. Buktinya Square (sebelum menjadi Square Enix) melontarkan budget sebesar 264 juta Dollar untuk game sesukses ini. Hal ini memang terlihat dari perubahan grafis dibanding seri FF sebelumnya.

Penggunaan full 3D polygon khas game PS1 dan tidak lagi menggunakan pixel art tentu butuh usaha yang keras mengingat game ini rilis di tahun 1997.

2. Call of Duty: Modern Warfare 2 (2009)

Game FPS paling populer

Kita sudah masuk ke game kedua termahal yang pernah dirilis yaitu game FPS seri Call of Duty yang populer. Seri Modern Warfare apalagi yang kedua merupakan salah satu judul yang paling banyak dipuji kalau membahas soal game perang.

Tapi untuk mencapai kesuksesan seperti ini, Activision tentu harus melontarkan 341 juta Dollar AS (setelah inflasi) untuk mengembangkannya.

1. Cyberpunk 2077

Wake the F### up, Samurai

Game nomor 1 alias raja dari segala rajanya adalah salah satu judul terbaru dari CDPR yang memang perlu diakui gamenya cakep, tapi punya banyak kontroversi dibaliknya. Mulai dari grafis yang tidak optimal dan terkesan game belum selesai. Hingga tuntutan karena versi PlayStation tidak playable. Namun dibalik itu, proyek ambisius ini memakan biaya 357 juta Dollar AS dalam pengembangannya.

Honorable Mention #1: Grand Theft Auto V

GTAV dengan penjualan masif

Nah lebih cocok rasanya kalau kita memasukkan GTAV dalam honorable mention karena memang game ini hanya punya estimasi budget oleh analis saja sebesar 200 juta lebih Dollar AS. Namun, dengan kesuksesan seperti ini rasanya mau 5 kali lipat pengeluaran itu pun masih untung besar saja Take-Two dengan 1 judul game saja.

Honorable Mention #2: Star Citizen

Game yang penuh kontroversi

Kalau game ini seharusnya tidak masuk daftar karena ya, gamenya saja belum rilis sampai saat artikel ini ditulis. Namun uniknya dia sudah memakan biaya 541 juta Dollar AS. Selain sebagai game paling mahal dibuat, game ini juga masuk salah satu dengan waktu pengembangan terlama. Kapan rilisnya, ya?

Itulah beberapa game yang punya biaya pembuatan termahal dan mencapai ratusan juta Dollar Amerika Serikat. Apakah kalian memainkan salah satu dari daftar diatas, brott?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Game Terbaik atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version