Ide Senjata Melee Crowbar di Half Life Berawal dari Iseng

Crowbar Half Life

Crowbar Half Life – Tidak terasa, game legendaris Half-Life sudah berumur 25 tahun sejak dirilis pertama kali pada 19 November 1998 yang lalu. Banyak kenangan nostalgia bagi gamer, mulai dari cerita maupun fitur gameplay. Salah satunya adalah senjata ikonik, yaitu Crowbar.

Ternyata awal ide Crowbar di Half Life berasal dari keisengan Valve. Benarkah itu?

Awal Mula Inspirasi Senjata Melee Crowbar di Half Life

Awal mula ide senjata ikonik di game Half Life

Informasi ini berasal dari video dokumentasi Valve dalam rangka Anniversary game Half Life yang ke-25. Pada video dokumentasi tersebut, banyak informasi menarik terungkap bagaimana Valve membuat game legendaris tersebut bisa menjadi game yang memberikan pengaruh besar terhadap gamer maupun industri video game.

Salah satu informasi menarik di video ini adalah bagaimana ide inspirasi senjata Melee Crowbar di Half Life digunakan. Hal ini bermula ketika Gabe Newell atau biasa dipanggil Gaben dan timnya mencoba mengambil beberapa keputusan terhadap fitur game yang ada, seperti bagaimana pihak angkatan militer akan kabur ketika Player sudah akan menang.

Half-Life

Selain itu, ada fitur dimana ketika Player menembaki senjata mereka ke dinding, akan ada bekas peluru pada dinding tersebut. Entah kenapa, fitur tersebut dirasa penting oleh Gaben dimana dia mengatakan hal seperti ini.

“Rasanya seperti dinding-dinding itu mengabaikan saya. Saya jadi merasa narsis ketika dunia mengabaikanku.”

Gabe Newell

Berawal dari Keisengan Tim Developer

Berawal dari iseng tim developer

Dengan adanya fitur Melee Weapon dalam game, mereka memutuskan ada objek seperti kotak kayu atau dinding yang bisa dihancurkan. Dan ada rasa kepuasan dari suara ketika senjata tersebut mengenai dinding yang dianggap gaben sebagai, “benar-benar kembali ke teori apa yang bisa membuat hal menyenangkan”.

Gaben juga menjelaskan dia dan timnya sering berlari-lari berkelililing seperti orang bo*oh memukul dinding. Dia mengungkap kalau dipikir-pikir kembali apa yang mereka lakukan sebagai hal yang aneh, tetapi di waktu bersamaan ada rasa yang puas ketika memukul dinding-dinding tersebut.

Dari sanalah Gaben dan timnya memberikan contoh seberapa abstrak ide-ide menyenangkan bisa dijadikan keputusan penting dalam pembuatan gamenya. Gaben menjelaskan kalau ingin memukul dinding, alat seperti Crowbar adalah benda yang paling jelas sebagai alat untuk dijadikan pemukul dinding.

Itulah informasi mengenai bagaimana ide senjata melee Crowbar di Half Life berawal dari keisengan tim developer Valve saat itu. Ada-ada saja ide dari mereka, tapi malah jadi ikonik sampai sekarang.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Half-Life atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version