Ingin Mengganti Lagu Game Final Fantasy XV di PC dengan Lagu Lain ? Begini Caranya….


Follow Us

Lagu apapun juga bisa.

Sebelum Final Fantasy XV Windows Edition telah resmi dirilis di PC pada tanggal 7 Maret kemarin, Square Enix sebelumnya menjanjikan bahwa nantinya mereka akan menghadirkan sebuah mod tool yang dapat merombak dan menambahkan berbagai macam hal di game final fantasy kesayangan kalian. Meski mod tool resmi mereka tersebut sekarang masih belum diluncurkan, hal tersebut tak menghalangi para playernya untuk mengutak-atik game ini sesuai dengan apa yang mereka idamkan.

Nulis artikel dibayar

Setelah sebelumnya muncul sebuah mod dari Kaldaien yang dapat sedikit memperbaiki performa game Final Fantasy XV ori kalian. Baru-baru ini, seoarang youtuber bernama Ryudo Gaming telah berhasil mengubah lagu game ini saat mengendarai mobil dengan lagu apapun yang kalian mau. Caranya sendiri pun sebenarnya tidak terlalu rumit seperti yang kalian bayangkan. Tetapi karena kemurahan hatinya, ia pun mengunggah video tutorial secara step by step mengenai bagaimana cara mengganti salah satu segmen lagu di Final Fantasy XV Windows Edition.

 

Jika kalian masih belum terlalu paham karena kendala bahasa, kami akan coba memandu kalian secara perlahan-lahan.

BACA JUGA  Pria Ini Gunakan PlayStation 4 Pro Untuk Masak Steak!

1. Download aplikasi file yang dibutuhkan

Terdapat 3 bentuk file yang Ryudo tunjukan, yaitu:

  1. Deretore for Idolmaster
  2. Audacity
  3. Encoder.rar

Download semua masing-masing file tersebut dengan menekan tombol biru di atas list file yang kami berikan. Khusus Audacity, sesuaikan yah dengan OS kalian masing-masing ?


2. Extract dan install

Setelah kalian mendownload Deretore dan Encodernya dengan format rar, buat satu folder baru dan extract kedua bahan tersebut ke dalam satu folder baru yang sudah kalian bikin tersebut. Setelahnya, kalian tinggal download dan install Audacity, lalu jalankan aplikasinya.


3. Buka Audacity, masukkan lagu, dan atur

Tampilan aplikasi Audacity

Buka aplikasi Audacity kalian, klik open dan pilih lagu dalam format mp3 yang hendak kalian pakai. Kalian bisa mengatur volume lagu bila terasa terlalu keras ataupun pelan. Setelah selesai klik File>Export>Export as WAV. Beri nama file hasil export tersebut dengan nama yang mudah diingat dan save filenya di satu folder yang sama seperti kalian mengextract Deretore dan Encoder.

Perhatikan tanda kursor bila kalian ingin mengatur volume. 
Ubah dalam format WAV

4. Buka dan copy file satu file musik yang akan diganti

Oke, sekarang saatnya berselancar untuk mencari dimana file musik Final Fantasy XV kalian ? Letaknya ada di Steamapps > Common > Final Fantasy XV > datas > sound > resources > 20000music > jp bgm_car_x.win.sab. Sebelum hendak mengcopy, sangat disarankan bagi kalian untuk membackup file musik tersebut jika kalian ingin kembali menggunakan lagu asalnya. Setelah kalian yakin, copy file bgm_car berikut ke satu folder yang sama dengan Encoder dan Deretore.

BACA JUGA  Pria Ini Gunakan PlayStation 4 Pro Untuk Masak Steak!
letak file musik Final Fantasy kalian brott.

5. Encode file yang dicopy itu

Merupakan langkah yang paling menentukan, sekarang di folder dimana kalian mengextract seluruh file dari Encoder dan Deretore, kalian klik dan jalankan file encode.bat. Lalu nanti akan muncul sebuah command prompt seperti gambar di bawah ini:

ada tanda ryudo gamingnya brott

Oke, kami jabarkan langkahnya satu per satu:

  • Input file name = Nama file yang sudah dibuat dalam format WAV di Audacity (tidak perlu menulis ekstensi)
  • Output file name = Nama file dari proses encode (terserah kalian namai apa, yang penting mudah diingat)
  • Tunggu beberapa saat, setelah itu tekan tombol apa saja
  • Tunggu beberapa saat, setelah itu tekan tombol apa saja (lagi)
  • Name file to replace = nama file musik Final Fantasy XV yang akan kalian nantinya ganti dengan hasil encode tersebut (tidak perlu menulis nama ekstensi seperti win.sab.)
  • Selesai
BACA JUGA  Pria Ini Gunakan PlayStation 4 Pro Untuk Masak Steak!

Copy file dan nikmatilah lagunya

Hasil encode ini juga akan menghasilkan file musik baru dengan tambahan format .bk. Yang perlu kalian lakukan tinggal mengcopy file bk dan non bk tersebut kembali ke dalam folder musik Final Fantasy XV kalian. Setelahnya, tinggal langsung kalian jalankan gamenya.

Jika kalian memilih untuk mengganti file bgm_car_1 seperti contoh yang Ryudo peragakan. Saat menyetir mobil, kalian bisa mencari sebuah lagu dengan judul “Sky Smilin’ Down on Me“. Ini adalah lagu yang digantikan dengan lagu pilihan kalian tersebut. Sedangkan jika kalian memilih mengganti file bgm yang lain, ya kalian harus bereksplorasi untuk mencari lagu mana yang telah terganti.


Bagaimana, tidak terlalu sulit kan brott ? Lagu Andika Kangen Band yang sering kalian asosiasikan dengan game ini juga bisa kok dimasukan ke dalam Mp3 player mobil Regalia kalian. Selamat mencoba !

Credits to : Ryudo Gaming


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+