Kampus ITS Adakan Wisuda Virtual Perdananya Menggunakan Minecraft

Wisuda Its Minecraft 1

Banyak acara yang harus dibatalkan atau ditunda karena pandemi Covid-19. Atau setidaknya harus beralih ke cara online atau daring dalam pelaksanaannya. Hal itu juga yang harus dijalani oleh banyak mahasiswa yang wisuda tahun ini namun harus melakukan semua prosesinya secara online dari rumah masing-masing.

Namun, untuk memeriahkan wisuda online tersebut salah satu kampus yaitu ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya tetap menyiarkan semua prosesi wisuda lewat channel Youtube-nya seperti wisuda pada umumnya. Yang unik sekaligus lucu adalah prosesi virtual wisuda tersebut dilakukan menggunakan game Minecraft.

Kamu bisa melihatnya sendiri di menit 22:25 video di atas dimana bentuk gedung wisuda Graha ITS dibuat dalam bentuk Minecraft, dan semua prosesi wisuda pada umumnya mulai masuk gedung, berjalan dan menaiki panggung untuk mengambil ijazah, dipindah tali toganya, hingga akhirnya berjalan keluar. Bahkan ada interaksi juga dengan rektor

Simulasi wisuda Minecraft ini sendiri dikerjakan oleh tim dari Departemen Teknik Informatika ITS menggunakan Minecraft Education Edition yang memang sudah dilanggan oleh pihak kampus. Dipimpin oleh dosen Hadziq Fabroyir, 14 orang dalam tim tersebut membuat bangunan virtual dari gedung Graha ITS tersebut untuk memeriahkan wisuda yang harusnya digelar Maret kemarin.

Gedung Graha ITS yang dibuat dalam Minecraft

 

Sebenarnya, timnya sempat kurang referensi terkait bentuk gedung karena memang tidak ada yang ingat bagaimana bentuknya secara detail dan tidak mungkin survey ke lokasi pada masa pandemi ini. “Akhirnya, kami merangkai konstruksi graha di Minecraft berdasarkan gambar-gambar yang kami kumpulkan dari internet,” ujar Hadziq.

Dalam pelaksanaan simulasi tersebut juga dilakukan secara langsung ketika Wisuda tersebut acara dilaksanakan. Komunikasi antar pemain yang bergabung di proses Wisuda Minecraft ITS dilakukan melalui Discord. Zoom hanya menerima video feed dari OBS Virtual Camera yang ditransmisikan dari server Minecraft ITS.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Prosesi memasuki ruangan yang disimulasikan dalam Minecraft

Meskipun begitu, simulasi lewat Minecraft tersebut hanya dilakukan untuk pembukaan saja. Sedangkan acara wisuda selanjutnya dilakukan tanpa Minecraft namun tetap secara digital dimana nama setiap wisudawan akan tetap dipanggil satu persatu dengan ditampilkan foto sang mahasiswa.

Hal ini tentunya membuka prespektif baru bahwa video game bisa dipergunakan untuk banyak hal. Termasuk sebagai satu sarana simulasi saling bertemu satu sama lain dengan kontrol dan interaksi yang lebih intuitif ketimbang sekedar telpon atau video call. Kira-kira akan diapakan lagi ya game nantinya?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Minecraft atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at author@gamebrott.com

Exit mobile version