Kamu Bisa Cosplay Sebagai NPC di Blue Protocol

in ,
Blue Protocol Costumes Npc October 16 2020 Update Screenshots 1
Jadi NPC sepenuhnya dalam bentuk kostum.

Cosplay sejatinya bukan berasal dari Jepang, meskipun faktanya istilahnya dibuat oleh jurnalis asal negeri sakura tersebut. Permainan kostum ini sudah ada sejak abad ke-15 bernama Masquerade Ball yang simplenya adalah kegiatan pesta yang melibatkan orang-orang yang menggunakan kostum dan topeng.

Sejak istilah cosplay dibuat, beberapa orang mulai mempopulerkannya sebagai bentuk yang berbeda-beda. Mulai dari membuat kostum untuk konser sebuah band hingga band tersebut terkenal. Hingga yang paling populer adalah meniru kostum dari kultur pop yang telah ada, misalnya saja film, animasi, maupun video game. Namun, bagaimana jika hal ini juga diimplementasikan dalam video game? Inilah yang dilakukan oleh Bandai Namco dalam MMORPG teranyarnya, Blue Protocol.

Dalam cuitan Twitternya, Bandai Namco Jepang menjelaskan bahwa player bisa menggunakan kostum NPC yang ada dalam Blue Protocol. Mereka memamerkan bagaimana mekanisme cosplay tersebut dengan gambar kostum NPC penjaga toko yang dikenakan oleh karakter player.

Fitur cosplay sebenarnya bukan fitur pertama yang hadir dalam MMORPG. Beberapa game seperti Final Fantasy XIV bahkan telah mengimplementasikannya dengan beberapa kostum karakter seri utamanya. Mulai dari Cloud Strife, Lightning, Squall, bahkan Snow. Kostum tersebut bisa didapatkan dengan cuma-cuma hanya dengan rajin login maupun mengikuti event tahunan yang mereka gelar. Player wajib menggunakan fitur glamour look untuk mengganti tampilan armor mereka dengan tampilan kostum tersebut.

Belum jelas seperti apa mekanisme fitur cosplay yang akan ditawarkan oleh Blue Protocol. Entah bisa dibeli melalui item shop premium atau dibagikan gratis seperti Final Fantasy XIV dengan mekanisme glamor.

Blue Protocol saat ini tengah dikembangkan untuk PC. Bandai Namco juga berencana untuk merilisnya ke console generasi baru seperti PlayStation 5 maupun Xbox Series X, namun saat ini mereka tengah fokus untuk kerjakan gamenya hanya di PC. Mereka juga menjelaskan bahwa gamenya kemungkinan akan hadir paling cepat pada tahun 2021 di Jepang dengan adaptasi anime yang kemungkinan menjadi kenyataan.


Baca lebih lanjut tentang Blue Protocol, atau artikel video game Jepang dan non-mainstream lain dari Ayyadana Akbar.

For japanese games, jrpg, shooter games, game review, and press release, please contact me at: [email protected]

Ayyadana Akbar

Written by Ayyadana Akbar

Senior Writer and Video Editor. Japanese related video games articles. I have no friends. Contact him at [email protected] or click one of his social media accounts below.