Kemenkominfo Blokir Game Kontroversial “Fight of Gods” di Indonesia

fight of gods jesus vs buddha

Fight of Gods baru dirilis di Steam dalam tahap Early Access selama 10 hari, dan dalam waktu singkat tersebut, game ini telah “sukses” buat kontroversi yang luar biasa. Malaysia sempat memblokir halaman store Steam secara keseluruhan selama beberapa jam sebelum akhirnya diblokir oleh Valve game tersebut di negara tersebut. Dan baru-baru ini, Thailand ikut meminta game di geo-blocked di negara mereka.

Apa yang membuat kontroversi game ini dalam 10 hari terakhir adalah tema game yang singgung figur agama penting sebagai “fitur” utama dari game. Diluar dari dewa-dewa mitologi layaknya Zeus, game hadirkan Jesus dan Buddha sebagai roster petarung yang pemain dapat mainkan di arena pertarungan.

Tepat beberapa jam setelah kabar game tersebut diblokir di Thailand, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) ikut turun tangan. Layaknya di Malaysia dan Thailand, Kemenkominfo meminta game tersebut untuk segera diblokir peredarannya di Indonesia.

Dilansir dari Kompas, juru bicara Kemenkominfo, Noor Iza mengatakan “Kemarin sudah mengirimkan surat ke publisher game-nya (Steam). Kami memnita agar membuat Fight of Gods tidak dapat diakses oleh pengguna di Indonesia.”

Dirjen Aptika Kemenkoinfo, Samuel Abrijani Pangerapan mengancam akan memblokir Steam di Indonesia apabila tidak memenuhi permintaan dari Kemenkominfo. Beberapa jam kemudian, Valve tampaknya telah memenuhi permintaan ini. Menurut data di SteamDB, game telah dicentang tidak tersedia lagi untuk gamer di wilayah Indonesia.

Saat ini game telah tak bisa lagi diakses, apabila kamu mencoba membuka link dari game tersebut, kamu akan langsung dibawa ke halaman home dari Steam. Hal ini berarti game telah diblokir untuk para gamer Indonesia.

Meskipun diblokir, gamer yang sudah membeli game ini sebelumnya kemungkinan besar masih bisa mengakses game. Kecuali apabila Valve mengambil aksi untuk juga memblokir game tersebut untuk diakses pemain, yang kecil kemungkinan terjadi. Pada akhirnya, apabila kamu telah lebih dulu membeli game ini, selamat, kamu kini punya game ilegal di library-mu.

Source: Kompas Tekno

Exit mobile version