“Makanya Beli, Jangan Nunggu Gratis di PS Plus!”, Sang Developer Curhat Soal Batalnya Days Gone 2

in , , , ,
Sjgsv6t7nh2fy8qpzpeem6

Beberapa hari yang lalu, sempat dilaporkan adanya masalah internal di lingkungan para developer naungan Sony. Berawal dari masalah pengembangan The Last of Us Remake, rumor peleburan Sony Bend Studio dengan Naughty Dog yang membuat beberapa developer memilih untuk hengkang dari Sony, hingga pengajuan Days Gone 2 yang ditolak oleh Sony.

Dalam menanggapi hal tersebut, John Garvin selaku penulis cerita dan creative director dari Days Gone menyatakan kekecewaanya terhadap para pemain. Dirinya menganggap bahwa salah satu alasan Days Gone 2 dibatalkan karena kurangnya dukungan dari para pemain. Terutama bagi pemain yang hanya membeli gamenya saat diskon saja atau menunggu digratiskan oleh PS Plus.

Melalui wawancaranya dengan David Jaffe dalam channel Youtubenya, John Garvin menyatakan bahwa dirinya mengaku risih ketika mendengar sejumlah pemain yang mendapatkan gamenya karena sedang diskon atau hadiah bulanan dari PS Plus. Kemudian dirinya berujar “Jangan komplain ketika Days Gone 2 dibatalkan apabila kalian tidak membelinya secara full-price“. Untuk lebih jelasnya, kalian dapat mendengar langsung pernyataan Garvin pada video berikut di menit ke 2:42:09.

Garvin kemudian membandingkan gamenya dengan God of War yang menurutnya jauh lebih sukses dibanding Days Gone secara finansial. Ia berpendapat apabila Days Gone meraih kesuksesan layaknya God of War, maka kemungkinan Days Gone 2 tidak akan ditolak oleh Sony.

Garvin juga mengriktik Sony karena tidak mempedulikan dampak pembajakan terhadap penjualan game. Sebagai contoh, Garvin menyinggung game yang pernah ia kerjakan yaitu Syphon FIlter: Dark Mirror, dimana saat itu game berhasil didownload secara illegal sebanyak 200,000 kali. Hal tersebut tentunya membuat Garvin kesal karena ia merasa dirugikan dan Sony tidak melakukan tindakan apapun untuk mengatasinya..

Days Gone E 1024x576
Pic bt: VGC

Kini, Garvin juga sudah tidak lagi bekerja di Sony. Ia mengaku dikeluarkan dari Sony Bend Studio karena masalah pribadi, bukan akibat kegagalan Days Gone. Menurut laporan yang dipaparkan oleh David Jaffe, Garvin dikeluarkan dari Bend Studio karena sifatnya yang terlalu argumentatif terhadap developer lainnya.

Awalnya, hal tersebut tidak menjadi masalah. Namun, seiring anggota tim yang semakin banyak dan biaya pengembangan game yang melampau tinggi, Sony menganggap sifat Garvin tersebut menghambat pengembangan game. Sehingga akhirnya Garvin terpaksa dikeluarkan dari Sony Bend Studio.

Terlepas dari segala masalahnya, Days Gone dinyatakan masih mendapatkan kesuksesan secara finansial, meskipun tidak sesuai dengan harapan Garvin. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya fans yang kecewa saat Days Gone 2 dibatalkan. Kini, berkat kepopulerannya, Days Gone dibuatkan versi PC-nya yang akan rilis di pertengahan Mei 2021.


Baca juga artikel-artikel lainnya terkait Days Gone serta berita terkini lainnya dari Lauda Ifram. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Lauda Ifram

Written by Lauda Ifram

Enjoy gaming but suck at it.