[OPINI] Budget 7 Jutaan, Mending Rakit PC atau Beli Laptop untuk Main Game?

Rakit Pc Atau Beli Laptop

Rakit PC atau Beli Laptop – Tidak dapat dipungkiri bahwa manusia merupakan mahluk yang mungkin tidak akan pernah bisa merasa puas dengan apa yang telah dimilikinya. Sama halnya mindset ‘mending rakit PC atau beli laptop’ untuk memenuhi kebutuhan komputasi harian kita, terutama untuk gaming.

Ada gamer yang berpendapat ‘mending rakit PC’, khususnya bila kita tidak sering ke luar rumah, atau memang bekerja dari rumah alias WFH. Namun, ada juga yang gamer yang berpendapat ‘mending beli laptop’ karena menawarkan fleksibilitas, bisa dibawa kemana-mana tanpa harus terikat pada satu tempat saja.

Jadi, demi membantu para gamer mendapatkan gambaran sebelum mereka membeli laptop atau merakit PC, mungkin kalian akan terbantu dengan opini dari penulis kali ini terkait permasalahan tersebut.

Disclaimer:

Artikel ini dibuat berdasarkan pandangan pribadi penulis terhadap masalah tersebut, dan akan coba hadirkan solusi dari dua sudut pandang yang berbeda demi memberikanmu mana opsi yang terbaik.

Dilema Rakit PC vs Laptop di Kalangan Gamer

Potret gamer yang kebingungan memilih laptop atau komputer

Kalau boleh jujur, sebenarnya merakit PC dan membeli laptop, terutama bila sudah menyangkut urusan game merupakan pilihan yang lumayan sulit. Ada yang suka main game di rumah, dan ada pula yang suka main game di mana saja kapanpun ia mau.

Bagaimana tidak, di antara dua opsi tersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri yang agaknya sukar dan membuat galau para gamer dalam menentukan pilihan, ibarat memilih pasangan hidup.

Tidak jarang hal tersebut membuat gamer mengalami dilema, karena bagi sebagian besar gamer, angka 7 Jutaan bukanlah nominal yang kecil. Mau tidak mau, para gamer ‘terpaksa’ mencari referensi mana yang akan memberikan price to performance terbaik, guna meminimalisir sesal di kemudian hari.

Kalau kalian masih ragu dan bimbang, yuk kepoin sampai habis, karena mungkin artikel ini akan membantumu melewati jurang dilema antara merakit komputer atau membeli laptop di banderol yang sama.

Rakit PC dengan Budget 7 Jutaan

Merakit komputer biasanya menjadi pilihan solid dan ekonomis

Kalau kamu termasuk orang yang ingin mendapatkan yang terbaik dari apa yang kamu keluarkan, dan mungkin kebanyakan beraktivitas di rumah, kemungkinan kamu akan lebih cocok untuk merakit PC.

Untuk spesifikasnya pun bermacam-macam, tergantung kebutuhan. Ada yang menyukai mini PC, ada yang menyukai PC konvensional, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, mayoritas gamer pastinya lebih menyukai PC konvensional karena akan jauh lebih mudah untuk lakukan upgrade.

Menariknya, dalam rakit PC konvensional ini akan terbagi lagi menjadi dua bagian – mereka yang hanya mengandalkan grafis terintegrasi (iGPU), dan mereka yang membutuhkan grafis diskrit (dGPU) untuk memenuhi kebutuhan mereka.

Tentunya, kalian mungkin bakal tertarik untuk mencoba melihat spesifikasi dari dua jenis PC tersebut. Tenang, penulis akan coba berikanmu salah satu contoh rakitan dari tiap jenis yang tengah ramai digunakan para gamer:

Contoh Rakitan PC dengan iGPU Modal 7 Jutaan

Berbicara rakit PC murah meriah dengan budget 7 Jutaan, besar kemungkinan para gamer akan mendapatkan paket komplit lengkap dengan monitor dan bisa langsung menjajal bermacam game kasual zaman now, termasuk salah satunya Genshin Impact.

Gak usah berlama-lama, inilah contoh rakitan PC dengan iGPU bermodal 7 Jutaan:

Asumsikan kita membeli prosesor tray, case murah meriah, dan monitor 100Hz, ternyata masih menyisakan kita banyak sekali dari modal total 7 Jutaan. Bahkan, kita masih bisa melakukan upgrade prosesor, bahkan kemungkinan bisa upgrade HSF atau menambah VGA di kemudian hari.

Tidak hanya itu, selisih tersebut mungkin juga bisa kamu alokasikan untuk membeli gaming peripheral, semacam mechanical keyboard, mouse gaming, webcam, mikrofon, maupun alat penunjang produktivitas maupun gaming lainnya, karena totalnya sendiri masih di kisaran IDR 6.500.000.

Contoh Rakitan dengan VGA Modal 7 Jutaan

Bila kalian merasa rakitan di atas dirasa kurang maksimal, opsi lainnya mungkin bisa merakit PC dengan tambahan VGA dengan modal 7 Jutaan. Konon katanya, rakitan ini lebih disukai para gamer karena semua komponen di dalamnya memiliki sinergi yang baik.

Kalau kalian penasaran, inilah contoh rakitan PC dengan VGA modal 7 Jutaan:

Untuk rakitan ini, kita tetap diharuskan mencari prosesor tray, dan komponen lainnya semurah mungkin, khususnya VGA. Tentunya, semua komponen di atas merupakan barang yang seratus persen baru demi memberikanmu rasa tenang saat gunakannya bermain game maupun temani produktivitas.

Total dana dibutuhkan ada di kisaran IDR 7.250.000, menyisakanmu sekian ratus ribuan dari ambang maksimal untuk kamu manfaatkan membeli monitor, atau gaming peripheral untuk menunjang aktivitasmu.

Beli Laptop dengan Budget 7 Jutaan

Mencari laptop dengan kemampuan memadai itu gampang-gampang susah

Sedikit berbeda dari merakit PC, kalau kalian ingin membeli laptop dengan budget 7 Jutaan, biasanya akan dihadapi dilema opsi komponen dan spesifikasi yang jauh lebih terbatas. Hal ini dikarenakan harga komponen untuk menopang laptop untuk dapat menjalankan aplikasi maupun game tidaklah murah.

Asumsikan kita memiliki dana sekitar 7 Jutaan, terdapat beberapa opsi menarik yang mungkin akan mencuri hati para gamer yang memang menginginkan untuk senantiasa mobile – entah karena tuntutan pekerjaan, atau memang ingin memiliki ketenangan tidak harus tinggalkan barang mahal di kos-kosan atau kontrakan.

Contoh Laptop dengan Budget 7 Jutaan untuk Gaming

Bukan bermaksud ingin meruntuhkan semangatmu dalam membeli laptop untuk memenuhi kebutuhan gaming-mu, namun kenyataannya memilih laptop dengan budget 7 Jutaan untuk gaming memang cukup sulit untuk ditemukan.

Hal ini dikarenakan kebanyakan spesifikasi yang ditawarkan pada budget tersebut tidak bisa dikatakan tidak terlalu gahar untuk dapat memainkan game zaman now, terutama pada pengaturan rata kanan, atau dalam kasus tertentu game kompetitif yang mengambil benefit dari refresh rate 144Hz atau bahkan lebih.

Namun, untuk memberikanmu gambaran apa-apa saja spesifikasi laptop pada budget tersebut, kalian cukup mengintipnya di bawah:

Sedikit berbeda dari PC pada umumnya, komponen di laptop tidak bisa di-upgrade sesuka hati. Bila pun memang ada, pilihannya cukup terbatas, entah sekadar upgrade memori maupun penyimpanan saja, dan mungkin ini akan sangat menyebalkan terutama buat para gamer yang demen melakukan upgrade.

Kendati demikian, tetap saja laptop tersebut masih bisa digunakan untuk menjalankan bermacam aplikasi maupun games, walau tergantung spesifikasi yang ditanamkan di dalamnya. Yah, kita mengorbankan performa untuk mendapatkan portabilitas.

Jadi, Dengan Budget Tersebut Mending Rakit PC atau Beli Laptop?

Adu mekanik antara PC dan laptop, pemenangnya tergantung kebutuhan

Berbekal budget di kisaran 7 Jutaan Rupiah, sebenarnya jawabannya harus kami kembalikan ke kalian sendiri, karena jujur penulis tidak bisa menebak gimana kebutuhan komputasi kalian tiap harinya secara akurat.

Kalau kalian memang kepepet untuk memainkan game dengan nyaman di rumah, dan ingin merasakan sensasi memiliki PC pada umumnya, penulis lebih menyarankanmu untuk merakit PC ketimbang mempertimbangkan laptop.

Di sisi lain, kalau kalian termasuk orang yang termasuk aktif di organisasi dan lebih sering menghabiskan waktu di luar, tentu saja laptop adalah pilihan terbaik untuk kalian pertimbangkan meski spesifikasinya termasuk pas-pasan.

Nah, itulah dia sedikit opini dari penulis terkait mending rakit PC atau beli laptop untuk main game bermodal 7 Jutaan. Intinya, keputusanmu akan menentukan tingkat kepuasanmu dalam gunakan komputer untuk beraktivitas, termasuk untuk memainkan game kekinian.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version