Mending Upgrade PC Gaming atau Beli Baru, Mana yang Memberi Hasil Terbaik?

Upgrade Pc Gaming

Upgrade PC Gaming – Bermain game di PC bisa kita ibaratkan layaknya berkendara di jalan raya. Awalnya, semuanya akan terasa lancar dan menyenangkan, namun seiring berjalannya waktu, biasanya kita mulai merasakan kurangnya tenaga dari yang dihasilkan oleh komponen yang kita beli beberapa tahun silam.

Biasanya, gamer yang awas dengan hal ini sudah menyisihkan uang tabungan atau penghasilan mereka untuk melakukan upgrade. Namun, lagi-lagi mereka akan dibuat bingung karena pilihannya ada dua – antara upgrade PC gaming yang mereka miliki, atau membeli set PC baru.

Entah itu untuk tampilan visual yang lebih memanjakan mata, refresh rate untuk menangkan game kompetitif, yang mana membutuhkan pertimbangan sangat matang sebelum kita membelinya.

Lalui artikel ini, kami akan coba memberikanmu satu dua referensi tambahan sebelum kamu akhirnya akan memutuskan untuk lakukan upgrade maupun membeli PC baru nantinya.

Sebenarnya Mending Upgrade PC Gaming atau Beli Baru?

Pilihan yang sangat sulit

Setelah sekian tahun merakit dirakit, dan terpaan peluncuran konsol serba baru, mungkin di antara kalian masih berpikir masih mending PC gaming ketimbang memiliki perangkat yang fungsinya benar-benar terbatas.

Masalahnya, terdapat waktu di mana PC yang kita banggakan dan rakit tempo hari akan alami degradasi performa, membuat pengalaman kita saat gunakan PC menjadi kurang maksimal. Misalkan saja kombinasi VGA dan prosesor tertentu menjadi tidak maksimal, dan terbatas saat memainkan game kekinian.

Misalkan Intel Core i7-8700 yang ditandem dengan VGA GTX 1070 Ti mungkin masih bisa diajak memainkan games kekinian semacam Red Dead Redemption 2 pada resolusi 1440P dengan pengaturan High, namun mulai tergopoh-gopoh saat diajak memainkan Remnant 2 meski sudah ditambahkan FSR sekalipun.

Alhasil, kita atau khususnya para gamer dan konten kreator, akan menghadapi dilema – antara melakukan upgrade PC gaming yang kita miliki supaya dapat tetap relevan, atau merakit alias membeli semua komponen terkini supaya bisa mendapatkan kemampuan terbaik yang akan kita kupas sampai tuntas.

Baca Ini Kalau Mending PC Gaming Kalian Diperkuat

Mungkin bisa menambahkan RAM atau VGA?

Bila kalian termasuk orang yang penuh perhitungan dengan kondisi keuangan atau tengah menerapkan frugal living, mungkin kalian bakal lebih memilih untuk lakukan upgrade pada PC gaming yang kalian miliki karena PC kurang diprioritaskan.

Tentunya kalian telah mempertimbangkan dengan matang konsekuensi bila “hanya” sekadar meremajakan komponen yang kalian gunakan, karena bukan rahasia kalau untuk mendapatkan performa maksimal, kalian pasti membutuhkan komponen terbaru yang benar-benar memadai, dan kalian sudah aware dengan hal tersebut.

Sejujurnya, kami tidak bisa memberikan rekomendasi apa-apa saja komponen yang harus kalian utamakan saat melakukan upgrade, namun dalam kebanyakan kasus, sebuah PC gaming akan mendapatkan benefit terbesar bila kita upgrade VGA yang kita gunakan, namun dengan catatan selisih tiga-empat generasi.

Dalam kasus tertentu, bisa saja kalian malah lebih diuntungkan bila lakukan upgrade RAM atau prosesor, di mana lagi-lagi hanya kalian lah yang bisa menjawabnya karena toh kami bukan dukun yang bisa menebak apa saja yang kalian lakukan pada komputer yang kalian gunakan.

Upgrade PC bakal lebih hemat kalau kebutuhan kalian memang terpenuhi

Asumsikan kalian gunakan VGA GTX 1070 Ti, mungkin kalian bisa mempertimbangkan untuk melirik RTX 4060 karena sudah dibekali bermacam fitur kekinian, salah satunya adalah DLSS 3, dan kemampuan ray tracing yang mungkin bakal berguna untuk kalian jajal pada game kekinian. Atau mungkin RTX 3060 Ti karena lebih kuat? Pilihan di tangan kalian.

Selain itu, dengan melakukan upgrade kalian juga akan mendapat benefit berupa penghematan daya meski tidak besar-besar amat, namun tetap noticeable. Misalkan 1070 Ti membutuhkan daya sekitar 180W, RTX 4060 hanya membutuhkan 115W saja sambil menawarkan performa jauh di atas VGA lama kalian.

Baca Ini Kalau Merakit atau Membeli PC Baru Lebih Menarik

Mending rakit PC (lagi) dari nol, toh uangnya ada

Oke, kalian mungkin (atau memang) memiliki uang dan tertarik untuk merakit atau membeli PC gaming baru untuk memenuhi kebutuhan gaming maupun pembuatan konten yang makin lama makin menuntut saja, namun kalian tidak keberatan untuk gelontorkan uang demi mendapatkan price to performance terbaik.

Pastinya yang ada di benak kalian adalah komponen terkini mampu membantu kalian menuntaskan bermacam tuntutan pekerjaan, termasuk untuk kebutuhan gaming, dan kalian benar-benar akan merasa puas saat melakukannya.

Rekomendasi demi rekomendasi, simulasi demi simulasi, dan saran demi saran mungkin telah kalian cek ricek lebih dalam demi mendapatkan kombinasi komponen terbaik. Ditambah harga komponen yang saat ini jauh lebih murah dari beberapa tahun silam, kalian merasa ini adalah “pembalasan” untuk merakit PC yang tentunya jauh lebih gahar.

Biasanya, standar untuk zaman now adalah kombinasi prosesor 8 core – 16 thread, dengan RAM 2x16GB DDR4 atau DDR5, dan disempurnakan VGA RTX 4000 Series atau mungkin AMD RX 7000 Series bila kalian benar-benar fokus main game.

Demi produktivitas yang jauh lebih baik

Namun, sebagai pengingat, setidaknya kalian harus mendapatkan benefit setidaknya 200-400% dari kemampuan PC gaming yang kalian gunakan pada saat ini. Misalnya kalian gunakan prosesor 6 core – 12 thread dan RAM 2x8GB DDR4, bisa saja kalian bakal melirik prosesor 8-16 core (atau lebih) dan RAM 2x16GB DDR5 demi future-proofing.

Walau mungkin terdengar ribet dan mahal, namun hal ini mutlak kalian lakukan, karena membeli PC baru hanya akan berujung sia-sia bila kalian tidak mendapatkan semua kelebihan yang ditawarkan oleh teknologi kekinian, bukan?

Jadi, Gimana dengan Kesimpulannya?

Dilema upgrade PC gaming yang dimiliki atau beli baru

Sebagaimana yang biasanya penulis tekankan, kebutuhan komputasi tiap individu dipastikan akan berbeda, dan menghasilkan kebutuhan yang berbeda pula. Alhasil, penulis tidak bisa memberikan rekomendasi pasti karena hanya kalian yang tahu kebutuhan kalian.

Namun, bila diperbolehkan untuk menambahkan opini, melakukan upgrade bakalan lebih worth untuk dilakukan bila hanya satu atau dua komponen yang butuh peremajaan. Sebaliknya, gamer justru lebih baik membeli komponen baru mulai dari nol bila kalian memang memiliki dana dan PC gaming yang kalian miliki tidak bisa diperkuat.

Jawabannya sesimpel pilihan ada di tangan kalian.

Intinya, kembali evaluasi kinerja PC yang kalian miliki, dan ambillah keputusan dengan bijak dan sebisa mungkin jangan terlalu gegabah atau mungkin terburu-buru.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version