Serikat Pekerja Amerika Turut Mendukung Akuisisi Activision Blizzard Bisa Diloloskan Uni Eropa

Mendukung Akuisisi Activision Blizzard

Jalan terjal akuisisi Microsoft atas Activision-Blizzard tampaknya masih akan berlanjut sepanjang tahun ini. Kini raksasa perusahaan tekno tersebut harus menunggu keputusan dari regulator akan diterima atau tidaknya akuisisi Activision Blizzard yang sudah berlangsung lebih dari satu tahun ini.

Meskipun sedang melakukan berbagai tindakan dari mulai meyakinkan publik dan regulator mengenai ketidakpedulian mereka terhadap monopoli, atau merilis katalog game mereka dalam platform lain sebagai bukti mereka tidak bermaksud anti kompetisi.

Serikat Pekerja Amerika Mendukung Akuisisi Activision Blizzard

Studio game Activision Blizzard

Usaha ini secara tidak langsung mendapatkan perhatian dari serikat pekerja Amerika Serikat atau CWA (The Communication Workers of America). Mereka mendukung akuisisi terhadap Activision Blizzard ini bisa rampung demi alasan kesejahteraan pekerja. Pihak CWA pun membawakan pendapat mereka ini kepada regulator di Uni Eropa.

Pada awalnya mereka (CWA) tidak begitu antusias terhadap akuisisi perusahaan game asal Amerika tersebut. Mereka malah awalnya khawatir bila akan terjadi keseragaman pekerja atau istilahnya monopsoni tenaga kerja. Namun dalam sebuah “dialog bersama Microsoft” membuat kedua pihak punya persetujuan untuk bernegosiasi dari para pekerja Activision Blizzard bila akuisisi ini berhasil rampung.

Usaha CWA membela Microsoft ke Uni Eropa

Tampaknya Uni Eropa juga harus mempertimbangkan suara dari serikat pekerja Amerika dan tidak hanya suara Microsoft yang baru saja didengar beberapa waktu lalu.

CWA Sebelumnya Pernah Membela Microsoft Atas Akuisisi Activision Blizzard

CWA sebelumnya pernah mengajukan pembicaraan kepada Komisi Perlindungan Konsumen Amerika

Sebenarnya bukan hanya kali ini CWA mendukung perjalanan Microsoft. CWA yang disebut menaungi 700.000 pekerja sebelumnya pernah mengajukan pembicaraan terhadap regulator dalam negara alias FTC. Argumen mereka tetap sama, yaitu akuisisi ini akan berdampak baik kepada para pekerja.

Argumen mereka dengan akuisisi ini pekerja punya collective bargaining atau perundingan kolektif yang memungkinkan mereka bisa mendiskusikan gaji, kondisi kerja, hingga ke hak-hak yang memang seharusnya diterima oleh pekerja.

Meskipun begitu, diterimanya argumen dari serikat pekerja Amerika belum bisa dipastikan akan didengar oleh Uni Eropa. Tentunya suara yang bukan dari komunitas Eropa tidak punya andil yang cukup besar mengingat pekerjaan Uni Eropa adalah melindungi masyarakat mereka sendiri.

Terlepas dari itu, Microsoft tampaknya masih harus menggunakan berbagai cara lagi demi akuisisi ini bisa rampung secepat mungkin.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version