Mengenal Dancer dan Gunbreaker. Dua Jobs Baru Final Fantasy XIV yang Bisa Jadi Pilihanmu

in ,

Memberikan update berkala lewat beragam ekspansi tentunya telah menjadi senjata paling mujarab untuk memelihara sebuah game MMO. Tidak terkecuali untuk game MMO milik Final Fantasy yaitu Final Fantasy XIV yang kini akhirnya memperkenalkan dua class atau dalam gamenya sering disebut jobs yaitu Dancer dan Gunbreaker dalam ekspansi Shadowbringer yang telah diumumkan beberapa waktu lalu.

Untuk memberi tantangan lebih, pihak pengembang FFXIV sendiri mengatakan bahwa dua class baru ini akan lebih “tricky” ketimbang class-class lain yang telah ada dalam gamenya. Dua class ini juga akan memiliki gear yang lebih mahal, sehingga ada baiknya untuk kamu yang ingin menggunakan dua class baru ini, segera isi mata uang FFXIV-mu.

Jadi Support Anti-Bosan dengan Dancer

Yang pertama class yang kelihatannya menarik untuk digali lebih dalam tentunya adalah Dancer. Sebenarnya class ini bukanlah class yang benar-benar baru, melainkan sudah muncul di game-game Final Fantasy sebelumnya yang lebih dikenal dengan healer.

Namun bedanya, Dancer akan menjadi class DPS, meskipun konon tidak akan menjadi class yang fokus kepada damage-dealing. Untuk mudahnya class ini memiliki beberapa aspek yang mirip dengan Bard. Ia dapat memberikan buff kepada anggota party, bertipe hero range meskipun alih-alih busur panah, dancer akan menggunakan cakram yang dilemparkan ke musuh dan kembali.

 

Aspek baru yang akan membuat Dancer menarik adalah saat kamu akan memberikan buff. Ketika class lain seperti bard hanya membutuhkan satu klik saja. Untuk Dancer nantinya kamu akan dihadapkan dengan mekanik baru layaknya game rythm seperti Guitar Hero dan Beat Mania ketika memberikan buff. Nantinya kamu akan memilih rekan party-mu untuk dijadikan “dance partner” yang tidak lain adalah penerima buff-mu.

Beraksi Keren dengan Gunblade Lewat Gunbreaker

Class lainnya yang akan kita bicarakan tentu saja Gunbreaker. Kamu yang telah menonton trailernya eskpansinya tentunya telah melihat kehadiran Thancred yang merupakan salah satu Gunbreaker. Seperti dia class ini nantinya akan memberimu senjata gunblade, yang tentunya telah menjadi salah satu senjata ikonik dalam universe Final Fantasy karena digunakan oleh beberapa protagonis seperti Squall Leonhart di FFVIII dan juga Lightning Farron di FFXIII.

Namun lagi-lagi perbedaannya bila dua protagonis FF di atas memiliki tipe class DPS, Gunbreaker bukanlah class DPS. Malah, class ini nantiya merupakan class Tank. Cukup unik melihat Square Enix memutuskan untuk mengubah pemegang senjata yang harusnya mengeluarkan damage terbesar ini kini harus menjadi penahan damage terbesar. Namun di sisi lain hal ini juga membuat penasaran seberapa efektif class tank baru ini menggunakan gunblade.

Dalam peperangan, class ini sendiri memiliki keluwesan dalam penggunaan gunblade-nya. Nantinya kamu bisa menggunakan gunblademu dengan mengisi cartridge-nya untuk dapat mengeluarkan serangan yang lebih kuat. Serangan ini sendiri bisa kamu keluarkan di target tunggal yang membuat seranganmu akan memiliki effect explosive, atau juga untuk musuh di area dengan memberikan efek burst damage .

Mode lainnya adalah kamu bisa menggunakan cartridge gunblademu untuk membuat kombo berantai. Bahkan kamu nantinya bisa mengeluarkan 6 serangan kombo hanya dalam hitungan detik. Gunbreaker sendiri nantinya akan menggunakan set ala tank lainnya seperti Paladdin, Dark Knight, dan Warrior.

2 Jobs yang Tricky

Setelah kamu mengenal 2 jobs baru ini, kini ada beberapa hal yang bisa kita sedikit bicarakan.  Yang pertama adalah kamu tidak akan memulai job ini dari awal, melainkan akan dimulai ketika kamu baru mencapai level 60. Dan bahkan final quest dari dua class ini baru akan kamu terima ketika mencapai level 80.

Untuk kamu yang tertarik kamu bisa segera memainkannya di ekspansi baru Final Fantasy XIV Shadowbringer yang baru keluar awal Juli kemarin. Dan dengan level caps yang lumayan tinggi, kamu punya opsi untuk membeli perlengkapan untuk memotong waktu seperti FFXIV Gil, atau tentunya menghabiskan waktumu untuk grinding level.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]

Leave a Reply

Avatar

Your email address will not be published.