12 Misteri Merchant Resident Evil 4 dan Fakta Menarik yang Harus Kalian Ketahui!

Merchant Resident Evil 4

Merchant Resident Evil 4 – Perilisan Resident Evil 4 Remake di tahun 2023 semakin dekat. Player pun bisa kembali bermain sebagai Leon yang terakhir hadir di Resident Evil 2 Remake. Kali ini latar berpindah ke Spanyol, tepatnya di sebuah desa El Pueblo yang dikuasai oleh Los Illuminados, sebuah kultus pemuja parasit Las Plagas.

Nah, membahas soal Resident Evil 4 Remake, tentunya kalian tidak asing dengan karakter merchant yang selalu hadir dimana-mana dalam game. Banyak gamer yang dibuat penasaran dengan karakter misterius ini, mulai dari siapa dia, hingga bagaimana dia bisa ada di desa terpencil seperti itu untuk jualan senjata.

Meskipun game RE4 sudah lama rilis, namun gamer masih dibuat penasaran dari sosok karakter Merchant ini. Bahkan tidak sedikit dari mereka mencari fun fact Merchant Resident Evil 4 ataupun misteri yang ada pada karakter ini.

Kehadiran merchant sendiri sebagai sebuah upaya bagi Leon untuk mendapatkan amunisi dan upgrade senjata seiring berjalannya game. Ada beberapa fakta menarik yang bisa dijabarkan dari karakter unik satu ini. Mari kita mulai saja pembahasannya.

Misteri Merchant Resident Evil 4 dan Fakta Menarik

Fakta menarik The Merchant

Berikut ini misteri Merchant Resident Evil 4 dan juga fakta menarik yang harus kalian ketahui:

1. Siapa Merchant Resident Evil 4?

Karakter Merchant atau The merchant di Resident Evil 4 merupakan seorang pedagang senjata yang hadir sebagai sarana player (dalam hal ini Leon) untuk melakukan upgrade, beli, maupun jual senjata dan beberapa amunisi lainnya.

Intinya Merchant bertugas sebagai shop di game Resident Evil 4 dan bisa dijumpai sepanjang game. Namun tidak banyak yang diketahui dari karakter tersebut dan masih menjadi misteri.

2. Nama Asli Merchant Masih Menjadi Misteri

Nawarin bang Leon senjata

Seperti yang sudah dibahas, Merchant disini berperan sebagai ladang amunisi bagi Leon selama dia berada di desa terpencil Spanyol. Leon bisa berinteraksi dengan karakter ini hanya dengan mendekatinya dan menekan tombol TALK.

Namun tidak ada yang tahu nama asli karakter ini dan dari mana asalnya. Kita hanya mengenalnya dengan sebutan merchant. Rumornya dia memang punya rumah di desa tersebut.

3. Misteri Asal Usul Senjata Api Merchant

Jualan senjata

Merchant punya segudang senjata api yang selalu bertambah setiap beberapa waktu. Tidak hanya itu, merchant juga bisa meng-upgrade senjata, menjual firstaid patch, peta, tas yang memuat lebih banyak item, hingga vest.

Yang menjadi masalahnya adalah dimana dan bagaimana dia mendapatkan akses senjata dan barang-barang tersebut. Apakah merchant punya koneksi dengan Umbrella Corp dan mendapatkan senjata serta amunisi dari mereka, masih menjadi misteri hingga gamenya tamat.

4. Lokasi Merchant Relatif Aman dari Zombie

Gak ada zombie

Walau bukan safezone, lokasi tempat Merchant nangkring di game Resident Evil 4 hampir bisa dikatakan sebagai softsafezone karena bisa dikatakan tidak pernah ada zombie-nya. Jadi kalau sudah ketemu sama manusia satu ini, sudah dijamin aman dari musuh.

5. Merupakan Seorang Ganado

Leon lawan Ganados

Secara harfiah Ganado artinya adalah hewan ternak dalam bahasa Spanyol. Istilah Ganado didalam game punya arti penduduk El Pueblo yang sudah terinfeksi oleh parasit Plaga atau Las Plagas. Merchant juga termasuk salah satu yang terjangkiti parasit tersebut terlihat dari bola matanya yang berwarna kuning.

Namun merchant uniknya tidak terlihat mengalami tanda-tanda dikendalikan oleh Los Illuminados. Kemungkinan besar merchant adalah salah satu orang luar yang menetap di desa sama seperti Leon.

6. Kenal dengan Duke Resident Evil Village

Hubungan dengan Duke RE Village

Kata kata merchant Resident Evil 4 yaitu ‘what’re you buying?” memang sangat melegenda. Tapi, tahukah kalian jika pedagang yang ada di Resident Evil Village alias Duke juga ternyata punya hubungan dengan karakter merchant RE4. terlihat dari mereka menyebutkan kalimat yang mirip di RE8.

Ternyata hal ini memang bukan sebatas easter eggs dan Duke sendiri merupakan sabahat lama dari merchant. Meski kelihatannya Duke sudah lama tidak berjumpa dengan teman lamanya itu.

7. Misteri Wajah Merchant

Buka dulu maskermu

Seperti yang kita tahu, merchant selalu menggunakan pakaian yang menutupi hampir semua wajahnya dan hanya menyisakan mata. Tidak sedikit yang penasaran dengan wajah asli merchant. Semoga di versi remake nantinya wajah asli pria tersebut akan terbongkar.

8. Merchant Mungkin Lebih dari Satu Orang

Saya aslinya ada banyak

Uniknya meskipun merchant adalah karakter yang membantu Leon sepanjang game, karakter ini bisa dibunuh oleh Leon menggunakan senjata. Namun ternyata walau sudah kita bunuh, karakter merchant akan muncul kembali seakan-akan tidak terjadi apa-apa. Jadi bisa diasumsikan jika karakter ini sebenarnya bukan hanya satu orang melainkan ada banyak entitas yang bernama merchant.

9. Tawarkan Leon Minigame di Kastil

Minigame shooting range

Selain menyelesaikan puzzle, mengumpulkan bottlecap lewat minigame tentu menjadi suatu momen yang tidak bisa dilupakan di RE4. Kalian bisa memainkan minigame shooting range ini setelah mencapai suatu tempat di kastil Saddler tempatnya diruangan berpintu biru.

Merchant pun menawarkan hadiah bottlecap yang berbentuk karakter yang hadir di RE4. Kalian bisa memainkan game ini berulang-ulang hingga mendapatkan keseluruhan bottlecap-nya. Entah apa maksud merchant menciptakan ruangan seperti ini namun masih menjadi salah satu minigame yang cukup fun untuk dimainkan. Asal jangan menembak Ashley yang berujung pengurangan poin.

10. Merchant Hampir Hadir di Resident Evil 5 dan 6

Kostum ‘unik’ Leon

Dalam sebuah ilustrasi Beta art Resident Evil 5, game sekuel itu seharusnya akan menghadirkan sejenis karakter mirip merchant. Namun ide tersebut tidak masuk ke final game dan konsep art tersebut dicabut.

Sedangkan di RE6 Artbook, ada sebuah konsep art yang tidak terpakai sebagai EX costume dari Leon. Uniknya, kostum tersebut menampilkan karakter merchant yang menempel di punggung Leon. Jadi Leon bisa kapan saja beli-beli senjata kalau pakai kostum ini.

11. Orang yang Tidak Masuk Kendali Saddler

Jangan dekat-dekat

Harusnya semua warga yang menjadi Ganado dikendalikan oleh Saddler lewat Plaga. Kecuali merchant yang secara ajaib tidak bisa dikendalikan oleh Saddler. Walaupun tidak pernah dijelaskan mengapa ini terjadi, beberapa gamer punya pendapat bahwa mungkin merchant tidak terjangkiti sepenuhnya atau ada sesuatu yang terjadi pada proses tersebut.

Atau bisa saja jiwa pedagangnya terlalu kuat dan menyebabkan dirinya bisa lepas dari pengaruh Saddler. Semua ini memang belum ada dijelaskan dalam game dan penjelasan paling logisnya adalah merchant memang didesain sebagai plot device saja.

12. Akhir Nasib The Merchant Resident Evil 4

Lagi ngapain tuh

Banyak gamer yang kaget ketika mengetahui jika merchant sebenarnya masih hidup. Apalagi jika kita tahu bila bagaimana ending Resident Evil 4. Hanya Leon, Ashley, dan Ada Wong yang selamat dari ledakan kastil. Namun ternyata merchant dinyatakan selamat hingga akhir game. Terbukti dari halaman wiki-nya yang masih menuliskan statusnya masih hidup. Tentunya ini masih menjadi misteri besar yang belum terungkap di Resident Evil 4.

Jadi itulah kira-kira 10 fakta menarik merchant dari serial game survival horor Resident Evil 4. Apakah kalian sudah tidak sabar dengan versi remake yang akan hadir tidak lama lagi?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Resident Evil atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version