[Nostalgia] Mengenang Digimon World 2 — Tipe Data

in ,

Menjelajahi labirin, mengungkap misteri, berburu harta karun, dan tentunya bertarung dengan monster dalam balutan nuansa semesta Digimon. Fans RPG zaman old yang mungkin kini sudah mempunyai momongan tentu tidak asing dengan game Digimon buatan Bandai keluaran tahun 2000 satu ini. Ya! Inilah Digimon World 2, sebuah game RPG dengan skenario dungeon crawler yang bisa dibilang begitu adiktif untuk para pecinta genre klasik JRPG.

Pemain akan memerankan seorang pelatih Digimon muda bernama Akira — yang tentunya bisa diganti sesuai keinginanmu — berambisi menjadi yang terbaik di dalam dunia Digimon. Secara garis besar, game ini menyajikan petualangan ala menjelajahi labirin yang luas (Domains) dalam tank (Digi-Beetle) dan menjadi penjaga kedamaian dari ancaman Digimon liar.

Dimulai menjadi cadet tamer, Akira yang ditemani Zudokorn (Blue Falcon Tamer) akan menjalani ujian terakhir sebelum menjadi pasukan penjaga “Guard Tamer“. Terdapat 3 tipe Digimon yang masing-masing diwakili dengan Team Guard Tamer yaitu tipe Data (Blue Falcon), tipe Vaccine (Gold Hawks), dan tipe Virus (Black Sword).

Setelah Akira lulus dari ujian, maka 3 Guard Team diatas akan menjadi salah satu pilihanmu sebelum menjelajahi Digital World. Untuk bergabung caranya cukup mudah hanya dengan menemui ketua Guard Team sebanyak 2 kali.

Bluefalcon
Blue Falcon “Cecilia”

Team Blue Falcon yang dipimpin oleh wanita bernama Cecilia ini menjunjung tinggi nilai “Peace dan Harmony”. Memiliki maskot Patamon, Digimon bertipe Data dengan kuping besar.

Gold Hawks
Gold Hawks “Vandar”

Team Gold Hawks dipimpin oleh pria bernama Vandar, dimana tim satu ini meninggikan nilai “Truth and Justice”. Memiliki maskot Agumon, Digimon bertipe Vaccine dengan fisik seperti T-rex kecil berwarna kuning.

Black Sword
Black Sword “Skull”

Team Black Sword mengedepankan nilai “Power and Authority”, dimana tentunya juga terlihat dari sang pemimpinnya, Skull. Memiliki maskot DemiDevimon, Digimon bertipe Virus seperti kelelawar dengan gambar tengkorak di kepala.

Banyak pemain (termasuk saya) pasti pernah merasa bingung saat akan memilih satu dari antara tiga tim tersebut. Mungkin karena minimnya kemampuan berbahasa inggris waktu kecil, khususnya pemain kelahiran tahun 90-an. Keterbatasan dalam bahasa inilah yang mungkin banyak membuat para pemain Digimon World 2 pasti ingin memainkannya lagi dan lagi.

Ingin sedikit kembali bernostalgia, mungkin sekaligus menjadi guide kecil-kecilan terkait Digimon apa-apa saja yang bisa kamu temukan di dalam gamenya. Inilah daftar lengkap evolusi dan signature move dari Digimon tipe Data di Digimon World 2.

Data Digimon

A. Rookie

Data type rookie
Edited by EF

1. Candlemon

Candlemon adalah Digimon api. Banyak yang menyangka tubuh utama ada di api dan badan berbentuk lilin hanya pengalihan. Hal ini disebabkan, jika apinya padam maka Candlemon akan mati walau tubuh lilinnya utuh.

Signature move: Flame Bomber

2. Crabmon

Crabmon adalah Digimon krustasea. Data yang terurai di Net Ocean merupakan makanannya. Mempunyai capit besar di kiri kaki depan dan melindungi diri dengan cangkang belakang yang kuat.

Signature move: Scissor Magic

3. Elecmon

Elecmon adalah Digimon mamalia. Mempunyai sifat jahil dan ekor sembilan yang akan melebar seperti merak untuk menakuti musuhnya.

Signature move: S-Thunder Smack

4. Floramon

Floramon adalah Digimon tumbuhan. Mempunyai sifat angkuh dan muka berbentuk bunga yang dapat menutup sesuai mood.

Signature move: Rain of Pollen

5. Gabumon

Gabumon adalah Digimon reptil. Mempunyai kepribadian yang pemalu dan suka mengumpulkan data dari Garurumon untuk dijadikan jubah bulu, yang berfungsi sebagai perlindungan diri dengan menakuti lawan dengan tampilan Garurumon.

Signature move: Blue Blaster

6. Gotsumon

Gotsumon adalah Digimon Batu. Mempunyai tampilan seperti anak kecil namun dari batu. Memakan data dari batu dapat meningkatkan kemampuan bertahannya.

Signature move: Rock Fist

7. Palmon

Palmon adalah Digimon tumbuhan. Mempunyai bunga tropis di atas kepalanya. Bunga di atas kepala akan mengeluarkan wangi manis ketika senang dan ketika marah atau terancam akan mengeluarkan wangi busuk.

Signature move: Poison Ivy

8. Patamon

Patamon adalah Digimon mamalia. Mempunyai kuping besar dan dapat terbang ke udara dengan menjadikannya sebagai sayap.

Signature move: Boom Bubble

B. Champion

Data Champion
Edited by EF

1. Akatorimon

Akatorimon adalah Digimon burung besar. Mempunyai bentuk seperti ayam dengan jambul menawan dan paruh yang tajam. Termasuk species Kokatorimon.

Signature move: Zip Boom

2. Centarumon

Centarumon adalah Digimon binatang. Mempunyai bentuk setengah keatas sebagai manusia dan setengah kebawah binatang. Tangan kanan bermutasi menjadi senjata. Membenci diperintah dan dikekang.

Signature move: Solar Ray

3. Clockmon

Clockmon adalah Digimon mesin. Mengatur waktu dan ruang dari semua jaringan komputer merupakan tugasnya. Mempunyai bentuk setengah atas manusia dan setengah bawah mirip jam. Selalu bersikap netral dan menghindari konflik dengan Digimon lain.

Signature move: Chrono Breaker

4. Coelamon

Coelamon adalah Digimon ikan kuno. Mempunyai gigi besar, sisik yang keras dan sirip bermutasi menyerupai tangan dan kaki. Ditemukan di Net Ocean setelah jaringan komputer di dunia digital terganggu oleh hacker.

Signature move: Fossil Bite

5. Drimogemon

Drimogemon adalah Digimon binatang. Dapat bergerak cepat dalam bawah tanah dengan bor besar di moncongnya. Menyukai tulang dari Garurumon dan BlackGarurumon.

Signature move: Iron Drill Spin

6. Flarerizamon

Flarerizamon adalah Digimon api. Mempunyai tubuh berselimut api dan sifat cepat emosi. Memiliki cakar di kedua tangan yang sangat panas, mengakibatkan lawan menerima kerusakan ganda dari koyakan dan bakaran.

Signature move: Blaze Buster

7. Icemon

Icemon adalah Digimon es salju. Memiliki tubuh tersusun dari air yang beku. Asal mula masih diteliti; mungkin hasil dari evolusi Gotsumon atau efek mutasi.

Signature move: Defensive Ray

8. J-Mojyamon

J-Mojyamon adalah Digimon binatang langka. Memiliki bentuk seperti kera dengan bulu coklat di sekujur tubuh. Menghuni hutan pedalaman dan menjaga wilayahnya dari invasi Digimon lain.

Signature move: Parameter Patch

9. Kiwimon

Kiwimon adalah Digimon burung kuno. Tidak memiliki sayap namun mempunyai kemampuan photosintesis seperti tumbuhan. Dilengkapi dengan kepala sampai paruh yang kuat dan daun yang terlihat seperti rambut untuk menerima nutrisi dari sinar matahari.

Signature move: Pummel Peck

10. Kokatorimon

Kokatorimon adalah Digimon burung besar. Mempunyai 2 kaki kuat sebagai pengganti kemampuan terbang. Berwatak agresif namun menghindari pertempuran yang melelahkan.

Signature move: Stun Flame Shot

11. Meramon

Meramon adalah Digimon Api. Memiliki tubuh terselubungi api merah. Terbentuk dari “Firewall” jaringan, untuk menghambat penyusup masuk. Berwatak agresif dan sulit dijinakan.

Signature move: Fireball

12. Monochromon

Monochromon adalah Digimon dinosaurus. Mempunyai tanduk seperti badak pada moncongnya. Termasuk herbivora dan jinak, namun ketika marah akan mengejar penganggu dengan buas.

Signature move: Volcanic Strike

13. MoriShellmon

MoriShellmon adalah Digimon moluska. Mempunyai warna tubuh seperti hutan dan terlihat seperti umang-umang. Satu species dengan Shellmon.

Signature move: Nature Hit Ray

14. Mudfrigimon

Mudfrigimon adalah Digimon mutan. Tubuhnya sebagian besar terdiri dari data tanah. Kemungkinan bermutasi dari Frigimon. Berwatak lembut dan membenci pertempuran.

Signature move: Armor Coating

15. Ninjamon

Ninjamon adalah Digimon mutan. Digimon yang misterius asal usulnya, namun dapat dikenali dengan topeng merah. Ahli dalam spionase dan bersembunyi.

Signature move: Ninja Knife Throw

16. NiseDrimogemon

NiseDrimogemon adalah Digimon Binatang. Sama seperti Drimogemon namun memiliki warna dominan ungu dan kumis mencurigakan.

Signature move: Mech Ray

17. SandYanmamon

SandYanmamon adalah Digimon serangga. Berbentuk seperti capung dan masih satu species dengan Yanmamon. Bersembunyi saat badai gurun dan tidak agresif kecuali masuk ke wilayahnya.

Signature move: Stun Ray

18. Seadramon

Seadramon adalah Digimon binatang laut. Mempunyai badan panjang seperti ular untuk membelit lawannya. Tidak memiliki kepintaran dan biasanya terlihat di Net ocean.

Signature move: Ice Blast

19. Shellmon

Shellmon adalah Digimon moluska. Bentuk menyerupai umang-umang dan tinggal di pinggir pantai Net ocean. Memiliki kepintaran yang rendah dan sering menyerang siapapun yang mendekat.

Signature move: Hydro Blaster

20. Starmon

Starmon adalah Digimon mutan. Ditemukan oleh planet analysis software di pusat pengembangan luar angkasa. Mempunyai bentuk badan seperti bintang dan kaki tangan dengan motif bintang.

Signature move: Meteor Stream

21. Tankmon

Tankmon adalah Digimon android. Mempunyai julukan “Mercenary Digimon“, karena akan membantu siapapun dalam berperang. Berbentuk mirip tank pada umumnya dan di lengkapi 3 meriam di moncong serta kedua tangan.

Signature move: Hyper Cannon

22. Togemon

Togemon adalah Digimon tumbuhan. Mempunyai bentuk kaktus raksasa dengan sarung tinju. Dapat bertahan hidup di daerah gurun tanpa nutrisi. Mood terlihat jelas oleh ekspresinya.

Signature move: Needle Spray

23. Tyrannomon

Tyrannomon adalah Digimon dinosaurus. Mempunyai bentuk seperti dinosaurus kuno dari jaman prasejarah. Memiliki watak jinak dan kepintaran, membuatnya cepat dijinakan.

Signature move: Blaze Blast

24. Wizardmon

Wizardmon adalah Digimon penyihir. Berasal dari Witchelny, dimensi lain dari Digital World. Ahli dalam sihir api dan tanah.

Signature move: Thunder Ball

25. Yanmamon

Yanmamon adalah Digimon serangga. Mempunyai bentuk seperti capung dengan badan yang keras serta taring yang tajam. Berwatak agresif dan karnivora.

Signature move: Thunder Ray

C. Ultimate

Data Ultimate
Edited by EF

1. Blossomon

Blossomon adalah Digimon tumbuhan. Mempunyai bentuk bunga raksaksa dengan banyak tanaman merambat. Walau terlihat aneh namun ia bersifat jinak dan jarang terlihat.

Signature move: Ninja Flower

2. BlueMeramon

BlueMeramon adalah Digimon api. Memiliki tubuh terselubungi api biru. Jauh lebih panas dari api Meramon.

Signature move: MP Magic

3. Deramon

Deramon adalah Digimon burung. Memiliki bentuk badan mirip burung dara dengan mahkota dan ekor diselimuti tanaman lebat. Berwatak angkuh dan menganggap dirinya kaum bangsawan.

Signature move: Royal Smasher

4. Digitamamon

Digitamamon adalah Digimon sempurna. Memiliki bentuk seperti telur berkaki. Mempunyai rumor bahwa tidak akan bisa ber-evolusi, kecuali mendapat data dari dimensi lain.

Signature move: Hyper Flashing

5. Lillymon

Lillymon adalah Digimon peri. Mempunyai bentuk tubuh seperti anak kecil dengan kepala bunga dan sayap daun, namun mempunyai kekuatan yang luar biasa. Berwatak aneh dan tomboy.

Signature move: Flower Cannon

6. Mamemon

Mamemon adalah Digimon mutan. Mempunyai bentuk seperti bola meriam dilengkapi tangan dan kaki. Tangan yang lebih besar dari badannya ini dapat menjadi bom dan dilemparkan ke lawan.

Signature move: Smiley Bomb

7. MegaSeadramon

MegaSeadramon adalah Digimon binatang laut. Masih satu jenis dengan Seadramon dan terlihat di Folder Continent. Memiliki perbedaan dengan Seadramon dari tanduk pisau dan ukuran yang lebih besar.

Signature move: Lighting Spear

8. MetalMamemon

MetalMamemon adalah Digimon android. Memiliki bentuk hampir serupa dengan mamemon, namun dilengkapi dengan cakar di tangan kanan dan “Psycho Blastor” di tangan kiri.

Signature move: Energetic Bomb

9. Meteormon

Meteormon adalah Digimon batu. Mempunyai bentuk sangat mirip dengan Gotsumon, namun berwarna lebih terang akibat memakan data batu meteor.

Signature move: Invincibility

10. Pixiemon

Pixiemon adalah Digimon peri. Mempunyai bentuk seperti bola peri berwarna pink. Ahli dalam sihir dan mahir membaca bahasa program dari dimensi lain.

Signature move: Magical Tail

11. Pumpkinmon

Pumpkinmon adalah Digimon boneka. Mempunyai badan boneka dan kepala labu dengan kapak tertancap. Tercipta oleh virus komputer “halloween” yang bermutasi dan tidak membahayakan. Berwatak misterius dan ekspresi yang tidak bisa ditebak.

Signature move: Trick or Treat

12. Scorpiomon

Scorpiomon adalah Digimon krustasea. Mempunyai bentuk seperti mahluk dasar laut kuno. Memiliki dua tentakel depan yang berfungsi untuk meraih mangsa dan banyak pisau tajan di tubuhnya. Senjata utama terletak pada ekor berupa pisau besar tajam.

Signature move: Tail Blade

13. SkullMeramon

SkullMeramon adalah Digimon api. Evolusi langsung dari Meramon, diakibatkan api yang lebih panas maka api berubah warna menjadi biru. Api tidak dapat dipadamkan walau dengan air dan es.

Signature move: Metal Fireball

14. Tinmon

Tinmon adalah Digimon mesin. Mempunyai bentuk seperti robot kotak dari kaleng. Informasi sangat terbatas tentang digimon ini.

Signature move: Recovery Power

15. Triceramon

Triceramon adalah Digimon dinosaurus. Mempunyai bentuk seperti dinosaurus triceratops. Berwatak lembut namun ketika menyerang terbukti dapat menghancurkan benda yang sangat keras sekalipun.

Signature move: Tri-Horn Attack

16. Vermilimon

Vermilimon adalah Digimon dinosaurus. Mempunyai badan keras dan tanduk berwarna merah. Dapat menyerang musuh menggunakan tanduk dan semburan api dari mulutnya.

Signature move: Re-Format

D. Mega

Data Mega
Edited by EF

1. Baihumon

Baihumon adalah Digimon binatang suci. Mempunyai bentuk seperti harimau putih dengan garis biru dan dilingkari bola putih suci. Termasuk dalam kelompok  “Digimon Sovereign“. Walau menjadi yang termuda dalam Sovereign, namun menjadi yang terkuat diantara yang lainnya.

Signature move: Kongou

2. Boltmon

Boltmon adalah Digimon android. Mempunyai bentuk seperti tokoh terkenal “Frankenstein” dan menggunakan kapak sebagai senjata. Salah satu prototype Andromon.

Signature move: Tomahawk Crunch

3. Gryphonmon

Gryphonmon adalah Digimon binatang mistis. Menpunyai bentuk kepala, sayap, kaki depan dari burung dan badan harimau serta buntut kepala ular. Walaupun dapat terbang di udara, namun lebih sering terlihat di gurun dan gua gunung.

Signature move: Legendary Blade

4. MetalGarurumon

MetalGarurumon adalah Digimon android. Mempunyai bentuk seperti serigala biru dari mesin dan sayap emas. MetalGarurumon menjadi tahap perubahan terakhir dari Garurumon. Memiliki banyak senjata yang dapat menemakan rudal es kepada lawan.

Signature move: Freeze Breath

5. MetalSeadramon

MetalSeadramon adalah Digimon android. Mempunyai bentuk seperti MegaSeadramon namun dilapisi baja warna emas, Chrondigizoit alloy“. Lapisan baja berfungsi memantulkan segala serangan. Lebih lagi, MetalSeadramon merupakan salah satu yang tercepat di lautan.

Signature move: Energy Blast

6. Plesiomon

Plesiomon adalah Digimon naga. Mempunyai bentuk seperti hewan mitologi “Loch Ness” berwarna putih. Ditemukan di institusi penelitian cryptozoology Masih banyak misteri menyelimuti Digimon ini.

Signature move: Sad Water Blast

7. PrinceMamemon

PrinceMamemon adalah Digimon mutan. Mempunyai bentuk seperti Mamemon namun berwarna emas dan bermahkota. PrinceMamemon merupakan keluarga kerjaan tiruan dunia digital .

Signature move: Smiley Warhead

8. Rosemon

Rosemon adalah Digimon peri. Mempunyai bentuk seperti wanita cantik berkepala bunga mawar. Merupakan ratu dari para bunga. Memiliki senjata pedang dan cambuk.

Signature move: Rose Spear

9. SaberLeomon

Saberleomon adalah Digimon binatang kuno. Mempunyai bentuk seperti singa purbakala dengan taring panjang. Memiliki kecepatan tinggi dan kemampuan menghindari serangan dengan mudah.

Signature move: Howling Crusher

Itulah 50+ Digimon tipe Data dari Digimon World 2 berikut signature move mereka. Dari semua Digimon di atas, saya sendiri sangat menyukai Digimon Elecmon (Rookie), Wizardmon (Champion), Digitamamon (Ultimate), dan Baihumon (Mega).

Kamu juga bisa memilih Digimon favoritmu dari tipe lain, melalui link berikut “Tipe Vaccine” dan “Tipe Virus“.

Kira-kira adakah Digimon tipe Data di atas ini yang menjadi favoritmu brott? share di kolom komentar ya, mungkin ada yang sama dengan saya atau pembaca lain.


Masih banyak artikel up-to-date dan menarik seputar Digimon, maupun informasi unik lainya dari Eduard FernandoFor further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Eduard Fernando

Written by Eduard Fernando

Masih sejenis umbi-umbian yang bermimpi menjadi pro player digimon 2. Mantan pemain paket malem DoTa 2 sebelum Mmr (yang malam-pagi di cari) di riset jadi mendali. You can contact me via [email protected]

Douzo yoroshiku~