[Nostalgia] Mengenang Digimon World 2 — Tipe Virus

in ,

Ini adalah lanjutan dari artikel Mengenang Digimon World 2 — Tipe Data & Tipe Vaccine.

Sudah hal yang lumrah jika bermain game Digimon dengan partner Agumon atau bahkan Patamon, tapi apakah kamu pernah merasakan petualangan bersama Digimon antagonis? Jika belum, kamu bisa merasakan keseruan baru dengan Digimon tipe Virus yang nota benenya sebagai Digimon jahat dalam serial Digimon.

Demidevimon

Salah satu Digimon yang sudah terkenal akan kelicikannya yaitu DemiDevimon, dapat kamu jinakan dan diajak berpetualang seru dalam Digital World. Lebih lagi, bukan hanya DemiDevimon, namun kamu bisa menjinakan banyak Digimon tipe Virus kesukaanmu yang lainnya dalam Digimon World 2 ini.

Apa sajakah Digimon Virus yang dapat kamu jinakan? mungkin salah satunya adalah tokoh Digimon jahat favoritmu di film animasi yang kamu sering tonton. Tanpa memperpanjang rasa penasaran pembaca, inilah daftar lengkap evolusi dan signature move dari Digimon tipe Virus di Digimon World 2.

Virus Digimon

A. Rookie

Virus Rookie
Edit by EF

1. Betamon

Betamon adalah Digimon amfibi. Mempunyai bentuk seperti katak belum sempurna berwarna hijau dan rambu mohawk. Bersifat jinak namun dapat mengeluarkan arus listrik ketika terancam.

Signature move: Electro Shocker

2. DemiDevimon

DemiDevimon adalah Digimon jahat. Mempunyai bentuk seperti kelelawar dengan gambar tengkorak di dahinya. Tercipta untuk melayani Digimon tingkat atas seperti Devimon dan Myotismon. 

Signature move: Demi Dart

3. Dokunemon

Dokunemon adalah Digimon larva. Mempunyai bentuk seperti ulat berwarna hijau. Masih satu species dengan Kunemon. Memiliki racun untuk melindungi diri.

Signature move: Invisibility

4. Gazimon

Gazimon adalah Digimon mamalia. Mempunyai bentuk seperti kucing telinga panjang. Termasuk dalam bipedal (berkaki dua), mempunyai cakar panjang dan tajam. Memiliki sifat sangat jahil.

Signature move: E-Stun Blast

5. Gizamon

Gizamon adalah Digimon binatang laut. Mempunyai tangan dan kaki yang bersirip serta duri tajam seperti sitip atas hiu. Berwatak pemalu saat di darat dan ganas saat di air.

Signature move: Spiral Saw

6. Goburimon

Goburimon adalah Digimon jahat. Mempunyai bentuk seperti goblin hijau yang nakal dan jahil.  Berwatak licik dan penakut, sehingga tidak pernah bergerak sendiri.

Signature move: Life Shield

7. Hagurumon

Hagurumon adalah Digimon mesin. Mempunyai bentuk mutasi seperti roda bergerigi. Memiliki banyak roda gigi di dalam tubuhnya dan selalu berputar. Sering dimaanfaatkan oleh Digimon lain, karena tidak memiliki kesadaran sendiri.

Signature move: Darkness Gear

8. Kunemon

Kunemon adalah Digimon larva. Mempunyai bentuk seperti ulat berwarna kuning dengan motif petir. Berwatak lumayan jahat dan memiliki racun untuk melawan musuhnya.

Signature move: Electro Thread

9. Mushroomon

Mushroomon adalah Digimon tumbuhan. Mempunyai bentuk seperti jamur beracun. Memiliki serangan bom jamur kecil yang membuat lawan tidak berhenti tertawa dan kaku. Sangat suka menggangu Digimon yang lebih lemah darinya.

Signature move: Fungus Cruncher

10. Otamamon

Otamamon adalah Digimon amfibi. mempunyai bentuk seperti kecebong berwarna ungu. Berhabitat di danau dan sungai Net Ocean. Sering juga melatih suaranya di batu tepi sungai.

Signature move: Stun Bubble

11. SnowGoburimon

SnowGoburimon adalah Digimon jahat. Mempunyai bentuk seperti goblin berwarna biru muda. Tinggal di daerah dingin bersalju, masih satu species dengan Goburimon.

Signature move: Bolt Strike

12. Syakomon

Syakomon adalah Digimon krustasea. Mempunyai bentuk seperti slime yang dilindungi cangkang kerang. Bersifat licik dan menyerang ketika ada yang mendekat.

Signature move: Black Peral Shot

13. Tsukaimon

Tsukaimon adalah Digimon mamalia. Merupakan cabang species dari Patamon, namun berwarna ungu. Memiliki sifat berlawanan dari Patamon dan suka bertarung.

Signature move: Friendly Fire

B. Champion

Champion Virus
Edit by EF

1. Bakemon

Bakemon adalah Digimon hantu. Mempunyai bentuk kain lusuh melayang. Tercipta di Dark Area dan mengandung virus data. Memiliki kemampuan mengutuk dan sihir sebagai pengganti serangan fisik.

Signature move: Evil Charm

2. Cyclonemon

Cyclonemon adalah Digimon naga. Hanya memiliki satu mata kiri dan lengan kanan sangat besar. berasal dari stalwart dragon warrior, tapi mata kanannya hancur karena Leomon dan sekarang menjadi Oni pembalas dendam.

Signature move: Hyper Heat

3. Darkrizamon

Darkrizamon adalah Digimon naga jahat. Mempunyai tubuh dibalut kegelapan. Termasuk cabang species Flarerizamon. Berwatak agresif.

Signature move: Darkness ray

4. DarkTyrannomon

DarkTyrannomon adalah Digimon dinosaurus. Walau berasal dari species Tyrannomon, ia terinfeksi virus komputer ganas. Mempunyai badan berwarna hitam dan lengan lebih besar dari sebelumnya. Mempunyai sifat gila dan menyerang apapun di hadapannya.

Signature move: Fire Blast

5. Deltamon

Deltamon adalah Digimon komposisi. Mempunyai bentuk gabungan dari 3 Digimon akibat bug komputer. Secara kemampuan, Deltamon mampu menghadapi 3 digimon sekaligus.

Signature move: Triple Forces

6. Devidramon

Devidramon adalah Digimon naga hitam. Mempunyai julukan “Many-eyed Demon”  karena jumlah mata lebih dari satu. Tercipta di Dark Area, oleh pembawa kegelapan. Bersifat layaknya lambang dari kejahatan.

Signature move: Crimson Claw

7. Devimon

Devimon adalah Digimon jahat. Mempunyai bentuk seperti manusia kelelawar berwarna hitam pekat. Walau tercipta sebagai species suci Angemon, namun ia terbawa kegelapan oleh Demidevimon.

Signature move: Evil Touch

8. Flymon

Flymon adalah Digimon serangga. Mempunyai bentuk seperti tawon raksasa dengan sayar besar berwarna merah muda. Dapat terbang cepat dengan mudah dan bisa mengeluarkan suara bising yang menganggu pendengaran lawannya.

Signature move: Brown Stinger

9. Gekomon

Gekomon adalah Digimon amfibi. Mempunyai bentuk seperti katak hijau yang membawa alat tiup melingkar di lehernya. Memiliki kemampuan membuat suara untuk mempengaruhi emosi lawannya.

Signature move: Sonic Crusher

10. Gesomon

Gesomon adalah Digimon moluska. Mempunyai bentuk seperti cumi-cumi raksasa dengan 2 tentakel besar. Mendiami kedalaman Net Ocean, dan julukan “White Demon of the Depths“. Memiliki kecerdasan yang tinggi dan tidak menggangu Digimon lain di luar wilayahnya.

Signature move: Coral Crusher

11. Guardromon

Guardromon adalah Digimon mesin. mempunyai bentuk seperti robot dan bertugas menjaga tembok pertahanan jaringan komputer. Memiliki kemampuan mengeluarkan rudal kendali.

Signature move: Protect Grenade

12. Hyogamon

Hyogamon adalah Digimon es. Merupakan cabang species dari Ogremon dan berwarna biru. Mendiami area dingin dan sangat teritorial.

Signature move: Re-Initialise

13. IceDevimon

IceDevimon adalah Digimon jahat. Merupakan bentuk dari Devimon berhati sangat jahat dan dingin. Dapat menipu lawannya dengan ucapan manis dan membekukan lawan dengan sayap esnya.

Signature move: Water Ray

14. Kuwagamon

Kuwagamon adalah Digimon serangga. Memiliki warna orange tua dan capit besar di wajahnya. habitat alami berada di File Island. Saingan utama dari Kabuterimon.

Signature move: Scissor Claw

15. Nanimon

Nanimon adalah Digimon penyusup. Mempunyai bentuk badan muka manusia berkacamata hitam dan berkumis tebal hingga jenggot. Masih menjadi misteri asal usul Digimon ini, diyakinin berasal dari dimensi lain untuk dengan tujuan invasi.

Signature move: Party Time

16. Numemon

Numemon adalah Digimon moluska. Mempunyai bentuk seperti siput berwarna hijau tanpa cangkang. Menyukai tempat gelap dan lebab. Tidak memiliki kecerdasan maupun kekuatan serang yang kuat.

Signature move: Party Time

17. Octomon

Octomon adalah Digimon moluska. Mempunyai bentuk seperti gurita bertanduk, bermahkota, memegang pedang dan pistol. Tercipta dari virus spionase.

Signature move: Spurting Ink

18. Ogremon

Ogremon adalah Digimon jahat. Mempunyai bentuk seperti Oni berwarna hijau dari sejarah Jepang. Memiliki kecerdasan tinggi dan sifat kasar. Mendapat julukan “Digimon Hunter“, karena sering mengajak bertarung Digimon manapun.

Signature move: Pummel Whack

19. P-Sukamon

P-sukamon adalah Digimon mutan. Mempunyai bentuk seperti kotoran berwarna platinum. Merupakan cabang species dari Sukamon namun berubah karena memakan data  minor metals.

Signature move: Panic Wave

20. Raremon

Raremon adalah Digimon hantu. Mempunyai bentuk hancur seperti lendir dan beberapa anggota tubuh dari mesin. Karena selalu diambang kematian, Raremon tidak memiliki kemampuan fisik dan kepintaran.

Signature move: Buffalo Breath

21. RedVegiemon

RedVegiemon adalah Digimon tumbuhan. Merupakan cabang dari Vegiemon namun lebih kuat dan berwarna merah. Memiliki kecerdasan dan kemampuan bertarung yang tinggi.

Signature move: Rotten Rainballs

22. Soulmon

Soulmon adalah Digimon hantu. Mempunyai bentuk sangat mirip dengan Bakemon namun memakai topi penyihir. Memiliki kemampuan mengutuk dan sihir yang tinggi.

Signature move: Necro Magic

23. Sukamon

Sukamon adalah Digimon mutan. mempunyai bentuk seperti kotoran berwarna keemasan. tercipta dari banyak data sampah di jaringan komputer. Tidak memiliki kecerdasan dan kemampuan bertarung yang kuat.

Signature move: Party Time

24. Tuskmon

Tuskmon adalah Digimon dinosaurus. Mempunyai bentuk seperti dinosaurus berwarna hijau dan tanduk besar yang tumbuh dari pundaknya. Memiliki julukan “Panzer Digimon”, karea selalu menghancurkan penghalang apapun di depannya.

Signature move: Slamming Tusk

25. Vegiemon

Vegiemon adalah Digimon tumbuhan. Mempunyai bentuk seperti tumbuhan pemakan serangga dengan cambuk panjang mirip tentakel. Sangat kuat menghadapi Digimon kecil, namun tidak bisa sedikitpun menghadapi Digimon besar karena kurangnya daya tempur.

Signature move: Party Time

26. Woodmon

Woodmon adalah Digimon tumbuhan. Mempunyai bentuk seperti pohon besar yang kering. Memiliki kemampuan menyerap energy Digimon lain. Bersifat kasar dan menyerang terus menerus ketika marah.

Signature move: Twig Tap

C. Ultimate

Ultimate Virus
Edit by EF

1. Cherrymon

Cherrymon adalah Digimon tumbuhan. Merupakan perubahan langsung dari Woodmon. Memiliki tingkat kecerdasan sangat tinggi dan daya tempur kuat. Mendapat julukan “Lord of the Deep Forest“.

Signature move: Pit Pelter

2. Datamon

Datamon adalah Digimon mesin. mempunyai bentuk seperti robot kecil. Tercipta sebagai Digimon yang menangani kerusakan komputer, namun terkena virus yang merubahnya. Walau bentuknya yang kecil, jika melawan Digimon besar sekalipun bukan halnya sulit untuknya.

Signature move: Digital Bomb

3. Dragomon

Dragomon adalah Digimon binatang laut. Mempunyai bentuk aneh dengan tentakel banyak, sayap dan tasbih. Dijuluki “Depraved Monk of the Deep”. Untuk setiap lawannya yang tumbang, ia membacakan mantra dan berpose seperti berduka.

Signature move: Tentacle Claw

4. Etemon

Etemon adalah Digimon boneka. Mempunyai bentuk seperti kera berkacamata hitam dan membawa boneka Monzaemon di pinggangnnya. memanggil dirinya sendiri dengan julukan “King of Digimon”. Mempunyai saingan abadi Volcamon.

Signature move: Concert Crush

5. ExTyrannomon

Extyrannomon adalah Digimon boneka. Mempunyai bentuk misterius namun mengenakan kostum boneka seperti bentuk Tyrannomon berwarna merah muda. Mempunyai kekuatan setara Monzaemon.

Signature move: Pretty Attack

6. Garbagemon

Garbagemon adalah Digimon mutan. Mempunyai bentuk aneh berwarna pink di dalam tong sampah. Tercipa dari folder pembuangan sampah yang berevolusi menjadi Digimon. Memiliki senjata bazoka dan dapat menyerap data seperti Black Hole.

Signature move: Junk Chunker

7. Gigadramon

Gigadramon adalah Digimon anroid. Mempunyai bentuk seperti manusia setengah ular berwarna gelap dengan ukuran setara Megadramon. Memiliki “Giga Hands” di kedua tangan.

Signature move: Giga Byte Wing

8. MarineDevimon

MarineDevimon adalah Digimon binatang laut. Mempunyai bentuk setengah Devimon dan setengah Gesomon. Sangat licik di dalam laut, bahkan Devimon membenci bertarung dengannya. Merupakan cabang dari species Devimon.

Signature move: Evil Wind

9. Megadramon

Megadramon adalah Digimon naga kegelapan. Mempunyai bentuk setengah ular dengan sayap besar. Termasuk anggota Crack Team dan diremodel untuk anti udara. Dapat dengan mudah menembus pertahanan jaringan komputer dan menghancurkannya.’

Signature move: Darside Attack

10. MetalTyrannomon

MetalTyrannomon adalah Digimon android. Memiliki kemiripan dengan fisik Tyrannomon namun berwarna abu-abu silver. MetalTyrannomon diremodel sebagai anti darat, berbeda dengan Megadramon.

Signature move: Fire Blast II

11. Myotismon

Myotismon adalah Digimon hantu. Mempunyai bentuk mirip drakula dengan topeng merah. Tercipta dari ilmu hitam dan perubahan langsung dari Devimon. Berwatak sangat jahat dan licik. Walau kemampuannya sangatlah kuat, tapi jika saat siang hari maka akan berkurang setengah kekuatannya.

Signature move: Grizly Wing

12. Okuwamon

Okuwamon adalah Digimon serangga. Merupakan perubahan langsung dari Kuwagamon. Memiliki kemampuan bertarung tinggi dan peningkatan ketepatan saat menyerang musuh. Mempunyai warna abu-abu dan bersifat sangat agresif.

Signature move: Duo Scissor Claw

13. Phantomon

Phantomon adalah Digimon hantu. Mempunyai bentuk seperti malaikat kematian membawa sabit dan rantai besar. Memiliki kemampuan melihat masa depan sama seperti Mamothmon, berasal dari kalung berbentuk mata yang dipakainya.

Signature move: Shadow Scythe

14. ShogunGekomon

ShogunGekomo adalah Digimon amfibi. Mempunyai bentuk sepert katak besar berwarna merah. Merupakan perubahan langsung dari Gekomon. Memiliki suara lebih tinggi beberapa oktaf dari Gekomon.

Signature move: Musical Fist

15. SkullGreymon

SkullGreymon adalah Digimon tengkorak. Memiliki bentuk seperti tulang belulang dinosaurus. Tidak memiliki kecerdasan namun memperoleh insting sanat tinggi. Membawa senjata seperti roket di punggungnya.

Signature move: Dark Shot

16. Tekkamon

Tekkamon adalah Digimon mesin. Mempunyai bentuk seperti Giromon tanpa tanduk. Membawa pedang tajam di lengan kanan sebagai senjata utama.

Signature move: MP Destroyer

17. Vademon

Vademon adalah Digimon Alien. Mempunyai bentuk mirip alien dengan kepala besar mirip otak dan kaki tentakel. Memiliki senjata berupa pistol aneh.

Signature move: Alien Ray

18. WaruMonzaemon

WaruMonzaemon adalah Digimon boneka. Mempunyai bentuk seperti boneka beruang berwarna hitam dengan cakar panjang di tangan kirinya. Merupakan cabang species dari Monzaemon. Memiliki hubungan baik dengan MetalEtemon.

Signature move: Heart Break Hit

19. WaruSeadramon

WaruSeadramon adalah Digimon binatang laut. Mempunyai bentuk sangat mirip dengan MegaSeadramon, hanya berbeda warna kepala dan tanduk emas. Merupakan cabang species Seadramon. Memiliki kemampuan mengontrol kegelapan.

Signature move: Poison Wave

D. Mega

Mega Virus
Edit by EF

1. Diaboromon

Diaboromon adalah Digimon tidak teridentifiasi. Terus menerus menyerap data Digital World hingga di ambang kehancuran. Sangat menyukai kehancuran dan keputusasaan. Mempunyai bentuk seperti iblis belengan panjang dengan armor hitam.

Signature move: Inferno Missile

2. GranKuwagamon

GranKuwagamon adalah Digimon serangga. Merupakan bentuk sempurna dari Kuwagamon. Mempunyai sifat paling jahat diantara semua Digimon serangga. Jika bertemu GranKuwagamon di Digital World, lebih baik berdoa saja.

Signature move: X-Scissor Claw

3. Machinedramon

Machinedramon adalah Digimon mesin. Mempunyai badan 100&  full metal, dirumorkan merupakan salah satu Digimon terkuat Digital World. Terbuat dari banyak data Digimon cycborg, hasil percobaan dari banyak prototype Digimon lain. Machinedramon disediakan dengan energy tak terbatas dari malice-filled DigiCore.

Signature move: Giga Cannon

4. MetalEtemon

MetalEtemon adalah Digimon android. Mempunyai bentuk sangat mirip dengan Etemon, namun berwarna perak dan jauh lebih kuat. Merupakan perubahan langsung dari Etemon.

Signature move: Banana Slip

5. Piedmon

Piedmon adalah Digimon penyihir. Mempunyai bentuk seperti badut yang penuh misteri. Kemungkinan berasal dari dimensi lain karena diliputi banyak misteri seputar Digimon ini.

Signature move: Trump Sword

6. Pukumon

Pukumon adalah Digimon mutan. Mempunyai bentuk mirip ikan buntal dengan tambahan 2 lengan. Sangat menyukai bertarung, tidak peduli lawan lebih lemah atau kuat. Memiliki kepala besi dari  Chrondigizoit.

Signature move: needle Squall

7. Puppetmon

Puppetmon adalah Digimon boneka. Mempunyai bentuk seperti boneka kayu pinokio. Terbuat dari kayu Cherrymon yang terkutuk. Berwatak menjijikan dan suka berbohong.

Signature move: Puppet Pummel

8. VenomMyotismon

VenomMyotismon adalah Digimon jahat. Mempunyai bentuk bagian bawah binatang iblis dan bagian atas cangkang seperti kumbang berwarna merah tua. Merupakan perubahan langsung dari Myotismon. Bersifat sangat impulsif dan destruktif.

Signature move: Venom Infusion

Dari banyaknya Digimon tipe Virus keren yang sudah dibahas ini, sangat susah pasti untuk menemukan favorit kamu. Setelah pertimbangan cukup lama, akhirnya saya menjadikan Syakomon (Rookie), Ogremon (Champion), Phantomon (Ultimate), dan Piedmon (Mega) untuk dijadikan pilihan Digimon tipe Virus favorit saya.

Kamu juga bisa memilih Digimon favoritmu dari tipe lain, melalui link berikut “Tipe Data” dan “Tipe Vaccine“.

Kira-kira adakah Digimon tipe Virus di atas ini yang menjadi favoritmu brott? share di kolom komentar ya, mungkin ada yang sama dengan saya atau pembaca lain.


Masih banyak artikel up-to-date dan menarik seputar Digimon, maupun informasi unik lainya dari Eduard FernandoFor further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Eduard Fernando

Written by Eduard Fernando

Masih sejenis umbi-umbian yang bermimpi menjadi pro player digimon 2. Mantan pemain paket malem DoTa 2 sebelum Mmr (yang malam-pagi di cari) di riset jadi mendali. You can contact me via [email protected]

Douzo yoroshiku~