[Nostalgia] Mengenang Digimon World 2 — Tipe Vaccine

in ,

Ini adalah lanjutan dari artikel Mengenang Digimon World 2 — Tipe Data.

“Agumon berubah!” kata-kata inilah yang selalu terngiang jika mendengar kata Digimon. Dengan ragam efek keren saat ber-evolusi sebagai visual, tentu menjadi sesuatu yang akan diingat oleh hampir semua pecinta serial Digimon.

Mencapai evolusi terakhir memang membuat para pemain video game Digimon merasakan sensasi kepuasan dalam bermain serial ini. Apalagi setiap meng-evolusi Digimon kesayangan, pasti kebanyakan pemain akan menghentikan nafas sembari membayangkan dirinya berada dalam Digital World.

Greymon Evolve

Setelah sebelumnya membahas tentang Digimon tipe Data, kali ini saya akan melanjutkan ke tipe Vaccine. Jika tipe Data mempunyai Digimon ikonik yaitu Patamon, Digimon tipe Vaccine jelas lebih menang pamor dengan Agumon sebagai ikon utama series Digimon.

Selain Agumon, masih banyak Digimon tipe Vaccine yang cukup populer di kalangan pecinta Digimon. Pasti kalian tidak akan asing dengan beberapa Digimon yang akan dibahas kali ini. Tanpa memperpanjang rasa penasaran pembaca, inilah daftar lengkap evolusi dan signature move dari Digimon tipe Vaccine di Digimon World 2.

Vaccine Digimon

A. Rookie

Vaccine Rookie
Edit by EF

1. Agumon

Agumon adalah Digimon reptil. Mempunyai bentuk seperti T-Rex mini. Berwatak cukup ganas dan tidak kenal takut. Memiliki cakar tajam di kedua tangan serta kaki sebagai senjata dan api kecil yang dapat dihembuskan dari mulut.

Signature move: Pepper Breath

2. Biyomon

Biyomon adalah Digimon burung. Mempunyai bentuk seperti burung namun sayap dengan bermutasi mirip lengan yang membuatnya tidak ahli dalam terbang. Mempunyai impian menjadi Digimon yang bisa terbang bebas di udara.

Signature move: Spiral Twister

3. ClearAgumon

ClearAgumon adalah Digimon boneka. Merupakan cabang dari species ToyAgumon. Mempunyai bentuk seperti blok mainan namun transparan. Berwatak penakut tapi berjiwa keadilan tinggi.

Signature move: Small HP Cure

4. Gomamon

Gomamon adalah Digimon binatang laut. Mempunyai bentuk mirip anjing laut berwana putih. Dapat berjalan di daratan dan memiliki bulu pengatur suhu.

Signature move: Marching Fishes

5. Penguinmon

Penguinmon adalah Digimon burung. Mempunyai bentuk mirip pinguin dengan warna biru putih. Ditemukan di data komputer Antartic. Mempunyai kelemahan pada panas dan sifat ramah.

Signature move: Super Slap

6. SnowAgumon

SnowAgumon adalah Digimon reptil. Merupakan cabang species dari Agumon berwarna putih seperti salju. Mempunyai keahlian dalam serangan kejutan dalam area salju.

Signature move: Hail Storm

7. Tapirmon

Tapirmon adalah Digimon binatang. Mempunyai bentuk seperti tapir dengan kaki belakang menyerupai asap. Diciptakan dari komputer kesehatan untuk mendeteksi gelombang otak. Dilengkapi dengan kemampuan untuk membersihkan mimpi buruk dan virus komputer yang ganas.

Signature move: Waking Dream

8. Tentomon

Tentomon adalah Digimon serangga. Mempunyai bentuk seperti kumbang kepik berwarna merah. Menyukai kehidupan tenang dan tingkat angresi rendah.

Signature move: Super Shocker

9. ToyAgumon

ToyAgumon adalah Digimon boneka. Mempunyai bentuk tubuh unik dari plastik blok. Tercipta dari data komputer anak kecil yang membuat Agumon versi mainan balok.

Signature move: Toy Flame

10. Veemon

Veemon adalah Digimon naga. Merupakan species baru yang baru ditemukan. Sebagai species yang bertahan dari awal Digital World, Veemon dapat menggunakan  “Armor Digivolution“.

Signature move: Vee Head Butt

B. Champion

Vaccine Champion
Edit by EF

1. Airdramon

Airdramon adalah Digimon binatang mistis. Mempunyai bentuk badan panjang berwarna biru dan memiliki sayap merah besar. Ahli dalam serangan udara, dapat menghembuskan angin kencang dan angin puting beliung dari hentakan sayapnya.

Signature move: Spinning Needle

2. Angemon

Angemon adalah Digimon malaikat. Mempunyai bentuk mirip manusia dengan 6 sayap putih. Memiliki gen yang sama dengan Devimon, namun selalu bertentangan seperti cahaya dan kegelapan.

Signature move: Fist of Fate

3. Apemon

Apemon adaah Digimon binatang. Mempunyai bentuk mirip gorila berbulu warna emas. Banyak terlihat di Central Asian area. Selalu membawa tulang besar sebagai senjata melawan musuhnya.

Signature move: Mega Bone Stick

4. Birdramon

Birdramon adalah Digimon burung besar. Mempunyai bentuk burung dan di selimuti oleh apir merah seperti Meramon. Tercipta dari “Firewall” jaringan komputer. Berwatak tidak agresif namun akan menyerang balik ketika diganggu.

Signature move: Meteor Wing

5. Dolphmon

Dolphmon adalah Digimon binatang laut. Mempunyai bentuk serupa lumba-lumba berwarna biru. Memiliki tingkat kecerdasan tinggi dan bersifat menghindari pertempuran. Dilengkapi dengan sinyal suara unik dari software penerjemah, dan sangat cepat di lautan.

Signature move: Pulse Blast

6. Flamedramon

Flamedramon adalah Digimon manusia naga. Mempunyai tampilan seperti Veemon dewasa dengan atribut api dari “Digi-Egg of Courage“, armor-digivolved api.

Signature move: Flaming Rocket

7. Frigimon

Frigimon adalah Digimon es. Mempunyai bentuk seperti boneka salju diliputi kristal salju. Dibalik tampilan juteknya, Frigimon mempunyai sifat jinak dan hangat.

Signature move: SubzeroIce Punch

8. Garurumon

Garurumon adalah Digimon binatang. Mempunyai fisik seperti serigala bewarna putih biru dan bulu silver sekeras “Mithril“. Memiliki kecerdasan tinggi dan patuh terhadap pemilik atau pemimpinnya.

Signature move: Howling Blaster

9. Gatomon

Gatomon adalah Digimon binatang. Mempunyai bentuk seperti kucing berwarna putih dengan cakar mirip sarung tangan. Walau dengan badan yang kecil, Gatomon termasuk species Digimon suci.

Signature move: Lighting paw

10. Greymon

Greymon adalah Digimon dinosaurus. Mempunyai bentuk seperti T-Rex dewasa. Memiliki kulit kepala sangat keras dan menyerupai kumbang badak. Memiliki kecerdasan tinggi dan agresif.

Signature move: Nova Blast

11. Gururumon

Gururumon adalah Digimon binatang. Mempunyai bentuk sangat mirip dengan Garurumon. Suka membuat onar dan bersifat jahat.

Signature move: Anti-Dote

12. Ikkakumon

Ikkakumon adalah Digimon binatang laut. Mempunyai bentuk seperti anjing laut besar berwarna putih dengan tanduk keras dari Mithril. Ditemukan dari pusat komputer penjelajahan artik.

Signature move: Harpoon Torpedo

13. Kabuterimon

Kabuterimon adalah Digimon serangga. Dari banyak species serangga, Kabuterimon termasuk jenis langka. Mempunyai bentuk seperti kumbang badak dengan 4 lengan 4 sayap dan tanduk sangat kuat.

Signature move: Electro-Shocker

14. Leomon

Leomon adalah Digimon binatang. Menyerupai postur seperti manusia namun fisik singa. Mempunyai julukan “King of Beasts” dan “Noble Hero“. Memiliki jiwa pembela kebenaran dan tekad yang kuat. Merupakan lawan alami dari Ogremon.

Signature move: Beast King Fist

15. Mojyamon

Mojyamon adalah Digimon binatang langka. Mempunyai bulu putih di sekujur tubuh. Tinggal di pedalaman gunung salju. Sifat santai yang dimiliki membuatnya menjauhi peperangan.

Signature move: Icecle Shot

16. Piddomon

Piddomon adalah Digimon malaikat. Mempunyai bentuk sangat mirip dengan Angemon, perbedaan hanya pada warna kain di tubuhnya yang berwarna merah muda. Selalu membawa “Holy Rod” untuk membasmi kejahatan.

Signature move: Mega Heal

17. Saberdramon

Saberdramon adalah Digimon burung besar. Mempunyai bentuk burung diselimuti api hitam seperti Birdramon. Memiliki sifat kasar dan agresif.

Signature move: Anti-Confusion

18. ShimaUnimon

ShimaUnimon adalah Digimon binatang mistis. Mempunyai bentuk seperti kuda zebra dengan tanduk dari data unicorn. Merupakan cabang species dari Unimon. 

Signature move: Anti-Freeze

19. Tortomon

Tortomon adalah Digimon reptil. Mempunyai bentuk seperti kura-kura berwarna kuning keemasan. Memiliki cangkang duri sangat tebal dan tajam untuk melindungi diri.

Signature move: Strong Carapace

20. Unimon

Unimon adalah Digimon binatang mistis. Mempunyai bentuk mirip binatang mitologi unicorn (tanduk) dan pegasus (sayap). Unimon liar bersifat sangat kasar, namun ketika dijinakan akan sangat berguna untuk berpergian.

Signature move: Air Attack

21. Veedramon

Veedramon adalah Digimon naga mistis. Hanya menghuni Folder Continent, dan sangat jarang terlihat. Mempunyai tanda V besar di badannya. Karena kekuatannya yang besar, banyak rumor yang mengatakan bahwa Veedramon mampu melawan Digimon tahap Ultimate secara imbang.

Signature move: V-Nova Blast

C. Ultimate

Vaccine Ultimate
Edit by EF

1. AeroVeedramon

AeroVeedramon adalah Digimon naga suci. Sangat mirip dengan Veedramon dengan tambahan sayap besar dan kuku besar. Merupakan bentuk perubahan langsung dari Veedramon.

Signature move: V-Wing Blade

2. Andromon

Andromon adalah Digimon android. Mempunyai bentuk seperti robocop setengah rusak. Memiliki kemampuan bertarung sangat kuat yang mampu menumbangkan Digimon Utimate dengan mudah. Merupakan prototype Cyborg Digimon.

Signature move: Lighting Blade

3. Angewomon

Angewomon adalah Digimon malaikat. Mempunyai bentuk seperti perempuan cantik. Memiliki 8 sayap sebagai penanda tingkat lanjut dari Digimon malaikat tahap Champion (6 sayap). Sering dijuluki dewi Digital World.

Signature move: Heaven’s Arrow

4. Garudamon

Garudamon adalah Digimon burung. Mempunyai bentuk gabungan dari burung garuda dan postur manusia. Memiliki cakar besar tajam dan sayap lebar yang membuatnya dapat bermanuver di langit.

Signature move: Wing Blade

5. Giromon

Giromon adalah Digimon mesin. Mempunyai bentuk bola besi bertanduk dan 2 lengan. Membawa gergaji di tangan kanan dan bom di tangan kiri. Dapat ditemukan berpatroli dalam jaringan komputer dan dijuluki “Net Keeper“.

Signature move: Big Bang Boom

6. MagnaAngemon

MagnaAngemon adalah Digimon malaikat. Mempunyai 8 sayap yang menandakan termasuk malaikat agung. Mempunyai tugas sebagai penegak keadilan dalam Digital World. Memiliki senjata berupa pedang “Excalibur” dan “Beam Shield“.

Signature move: HP Recovery

7. Mammothmon

Mammothmon adalah Digimon binatang kuno. Mempunyai bentuk seperti gajah prasejarah dengan bulu tebal berwarna coklat. Memiliki topeng besi dari kepala hingga belalai, berfungsi untuk mengeluarkan kemampuan kewaskitaan (melihat masa depan). Walau memiliki kemampuan luar biasa, sangat lemah terhadap panas ekstrim.

Signature move: Tusk Crusher

8. MasterTyrannomon

MasterTyrannomon adalah Digimon dinosaurus. Merupakan perubahan langsung dari Tyrannomon. Banyak luka di tubuhnya menandakan jumlah pengalaman bertarungnya. Mendidik dan memelihara Tyrannomon muda adalah tugas utamanya.

Signature move: Zen Recovery

9. MegaKabuterimon (Biru)

MegaKabuterimon (biru) adalah Digimon serangga. Merupakan perubahan langsung dari Kabuterimon. Mempunyai bentuk sangat mirip dengan kumbang badak berwarna biru. Tinggal di hutan tropis Net Area.

Signature move: Horn Buster

10. MetalGreymon

MetalGreymon adalah Digimon cyborg. Merupakan perubahan langsung dari Greymon. Dilengkapi dengan mesin canggih yang diambil dari Andromon. Kemampuan bertarungnya bahkan setara dengan rudal nuklir perang.

Signature move: Giga Blaster

11. Monzaemon

Monzaemon adalah Digimon boneka. Mempunyai bentuk boneka beruang kuning. Masih terdapat banyak misteri tentang Digimon ini.

Signature move: Virus Attack

12. Panjyamon

Panjyamon adalah Digimon binatang. Merupakan perubahan dari Leomon ketika berlatih terus menerus di area salju es Digital World. Hasil dari latihan keras membuat tekad dan tubuhnya sangat kuat.

Signature move: Full Recovery

13. Raidramon

Raidramon adalah Digimon binatang. Merupakan hasil evolusi dari “Digi-Egg of Friendship” ber atribut petir. Memiliki kecepatan tinggi dan teknik menyerang menggunakan petir.

Signature move: Lighting Blast

14. WereGarurumon

WereGarurumon adalah Digimon binatang. Merupakan perubahan langsung dari Garurumon. Evolusi membuatnya dapat berjalan dengan 2 kaki belakang, namun mengurangi kecepatannya. Sebagai pengganti kekurangan itu, WereGarurumon mendapatkan peningkatan kekuatan dan pertahanan, serta mengembangkan sifat taktis.

Signature move: Wolf Claw

15. Whamon

Whamon adalah Digimon mamalia laut. Mempunyai bentuk seperti ikan paus. Hidup di kedalaman Net Ocean. Bentuknya yang besar juga membawa data melimpah yang tidak bisa diproses oleh komputer biasa.

Signature move: Tidal Wave

16. Zudomon

Zudomon adalah Digimon bianatang laut. Merupakan perubahan langsung dari Ikkakumon. Hasil evolusi membuat tanduknya lebih kuat dan bergerigi, namun tidak bisa tumbuh kembali. Memiliki senjata kuat berbentuk palu dari “Chrondigizoit“.

Signature move: Vulcan’s Hammer

D. Mega

Mega Vaccine
Edit by EF

1. HerculesKabuterimon

HerculesKabuterimon adalah Digimon serangga. Merupakan evolusi dari species Kabuterimon dan Kuwagamon. Mempunyai bentuk mirip kumbang badak berwarna emas dan dilengkapi tanduk serta capit besar. Hanya sedikit Digimon yang mampu imbang melawannya.

Signature move: Giga Scissor Claw

2. Imperialdramon (Mode Naga)

Imperialdramon (mode naga) adalah Digimon naga kuno. Merupakan Digimon yang sudah ada dari zaman kuno. Memiliki senjata “Positron Laser” di punggungnya. Karena kekuatannya yang amat dasyat, menjinakannya hampir mustahil. Digimon ini bisa menjadi penyelamat atau dewa kehancuran.

Signature move: Mega Fire

3. Jijimon

Jijimon adalah Digimon kuno. Mempunyai bentuk seperti kakek-kakek tua kecil membawa tongkat tangan kucing. Merupakan Digimon awal saat Digital World terbentuk. Mengetahui semua hal tentang Digital World dan akan menuntun manusia terpilih pada waktunya. Memiliki kekuatan maha hebat tapi selalu menyembunyikannya.

Signature move: Hung on Death

4. Magnadramon

Magnadramon adalah Digimon naga suci. Mempunyai bentuk seperti naga berwarna merah muda dengan 8 sayap dan 2 tanduk. Termasuk kelompok “Miracle 4 dan “Four Great Dragons“.

Signature move: Fire Tornado

5. MarineAngemon

MarineAngemon adalah Digimon peri. Mempunyai bentuk seperti hantu kecil berwarna merah muda. Memiliki ciri khusus yaitu gambar hati di badannya. Mendiami Net Ocean dan sangat jarang terlihat.

Signature move: Ocean Love

6. Omnimon

Omnimon adalah Digimon pejuang. Salah satu dari “Royal Knights“, hasil penggabungan dari WarGreymon dan MetalGarurumon. Dilengkapi dengan “Grey Sword” dan “Brave Shield Omega” dari lengan kiri berbentuk WarGreymon. Ditambah “Garuru Cannon” dari lengan kanan berbentuk MetalGarurumon. Tercipta dari harapan kebaikan dari semua orang.

Signature move: Transcend Sword

7. Phoenixmon

Phoenixmon adalah Digimon binatang suci. Mempunyai bentuk seperti burung dengan 4 sayap berwarna emas mengkilau. Merupakan bentuk sempurna dari Digimon burung dan menjadi pemimpin species burung. Memiliki kekuatan tak terbayangkan dan “Holy Rings” pergelangan kakinya.

Signature move: Crimson Flame

8. Seraphimon

Seraphimon adalah Digimon malaikat. Mempunyai bentuk seperti malaikat berbaju ziraah suci lengkap dan 10 sayap emas, yang melambangkan tingkat tertinggi dalam Digimon malaikat. Seraphimon merupakan Digimon yang paling mendekati julukan dewa.

Signature move: Full HP Cure

9. SkullMammothmon

SkullMammothmon adalah Digimon hantu. Tercipta dari Mammothmon sudah mati dan hidup kembali dari glacier kuno. Mempunyai tubuh tinggal tulang karena data yang sudah terurai oleh virus. Tidak memiliki emosi ataupun kepintaran sebagai efek lain dari kematian sebelum evolusi.

Signature move: S-Bone Crusher

10. WarGreymon

WarGreymon adalah Digimon naga. Merupakan Digimon naga petarung terkuat dengan tubuh dilindungi baju zirah kuat dari Chrome Digizoid. Memiliki senjata “Dramon Destroyers” di kedua lengan yang sangat efektif untuk melawan species naga. Selain itu terdapat 2 perisai di belakang yang dapat bergabung menjadi “Brave Shield”. 

Signature move: Terra Force

Inilah semua list Digimon tipe Vaccine Digimon World 2 dari tahap Rookie – Mega. Pilihan favorit Digimon saya jatuh kepada ClearAgumon (Rookie), Saberdramon (Champion), Angewomon (Ultimate), dan Seraphimon (Mega).

Kamu juga bisa memilih Digimon favoritmu dari tipe lain, melalui link berikut “Tipe Data” dan “Tipe Virus“.

Kira-kira adakah Digimon tipe Vaccine di atas ini yang menjadi favoritmu brott? share di kolom komentar ya, mungkin ada yang sama dengan saya atau pembaca lain.


Masih banyak artikel up-to-date dan menarik seputar Digimon, maupun informasi unik lainya dari Eduard FernandoFor further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Eduard Fernando

Written by Eduard Fernando

Masih sejenis umbi-umbian yang bermimpi menjadi pro player digimon 2. Mantan pemain paket malem DoTa 2 sebelum Mmr (yang malam-pagi di cari) di riset jadi mendali. You can contact me via [email protected]

Douzo yoroshiku~