Oknum Pemalsuan GPU Senilai Miliaran Rupiah Telah Ditangkap Kepolisian di Cina

Oknum Pemalsuan GPU

Oknum Pemalsuan GPU — Kerap kali beberapa orang memiliki intensi yang dapat merugikan banyak pihak, baik itu pengepul stok suatu barang atau bahkan menipu banyak orang dengan sebuah produk yang tidak sesuai dengan aslinya.

Hadirnya kegiatan illegal seperti ini tentu membuat beberapa orang semakin waspada ketika akan membeli sebuah produk, terutama bagi para Tech Enthusiast yang ingin membuat sebuah komputer.

Kabar baik pun datang dari Cina yang berkaitan dengan pemalsuan beberapa GPU bekas menjadi baru. Bahkan dari hasil penangkapan ini, aparat kepolisian menemukan beberapa hal menarik terkait dengan operasi pemalsuan ini.

Oknum Pemalsuan GPU Diringkus Kepolisian, 22 Orang Telah Ditangkap

Kepolisian Bincheng Tangkap Oknum Pemalsuan GPU

Kegiatan pemalsuan ini diketahui terjadi di Distrik Bincheng, Kota Binzhou, Cina. Kepolisian Bincheng mencurigai kegiatan tersebut setelah melihat aktivitas tidak lazim pada salah satu bangunan yang menjadi sarang beroperasinya aktivitas illegal ini.

Polisi pun menemukan beberapa unit yang diduga merupakan hasil para Cryptominers. Sejumlah unit bekas ini diketahui telah mengalami penggunaan yang cukup intensif dan juga telah diwarna ulang untuk dapat dijual kembali dengan kemasan layaknya barang baru.

Rig Cryptomine

Menurut pernyataan Kepolisian Bincheng, mereka menemukan bahwa oknum ini beroperasional yang terbagi menjadi beberapa ‘tim’ yang bertujuan untuk melakukan refurbish pada GPU bekas.

Beberapa tim tersebut ada yang bertanggung jawab untuk mencari dan mengumpulkan unit bekas, pembersihan & pengecekan ulang fungsi dari unit tersebut serta beberapa orang yang melakukan pengemasan pada unit bekas tersebut supaya terlihat baru.

Tentunya, aktivitas illegal ini juga diperkuat dengan adanya penjualan unit bekas yang telah sukses memasuki pasar dan merugikan para konsumen yang menginginkan unit baru. Ada kemungkinan besar pula beberapa unit ini telah memasuki toko retail diluar sana.

Dari 22 Orang Oknum Pemalsuan GPU, Hanya 7 Orang yang Dikenakan Sanksi Pidana

Hukum Harus Tetap Berjalan

Penggrebekan yang dilakukan oleh Kepolisian Bincheng ini tentu dinyatakan cukup sukses menghentikan operasi para oknum pemalsuan GPU ini. Kerugian pun ditaksir sebesar 2 Juta USD atau sekitar 30 Milliar Rupiah.

Dari hasil penangkapan ini, hanya ada 7 orang yang akan diproses secara hukum di meja hijau nanti. Upaya pemalsuan ini pun diharapkan akan menjadi pelajaran bagi beberapa oknum yang mencoba-coba untuk melakukan hal yang sama.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait dengan Tech atau artikel lainnya dari Lazuardi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version