[Opini] Kenapa Game Terlambat Rilis Lebih Baik Daripada Game yang Dibuat Terburu-buru?

Game Terlambat Rilis

Game Terlambat RilisVideo game merupakan sebuah bentuk hiburan yang sangat populer pada zaman sekarang. Banyak gamer yang memainkan berbagai jenis game mulai dari game Casual hingga Hardcore.

Karena tingginya minat gamer, maka banyak juga game yang rilis. Namun, belakangan ini sering terjadi game yang rilis namun terlihat seperti belum siap untuk dimainkan sepenuhnya oleh Gamer.

Tentunya hal ini menimbulkan kekecewaan yang sangat kuat bagi para gamer sehingga mereka justru tidak memiliki ekspektasi tinggi terhadap game yang rilis. Hal ini dikarenakan game-game yang rilis terkesan buru-buru.

Papa Gaben pun juga mengomentari kejadian game yang rilis terburu-buru ini dengan mengatakan “Terlambat hanya sementara, Jelek diingat selamanya”. Mengapa perkataan ini sangat pas menggambarkan kondisi industri gaming saat ini?

Disclaimer: Artikel ini merupakan opini dari penulis mengenai pertanyaan pada judul tanpa ada tujuan untuk menyudutkan ataupun menyerang pihak – pihak terkait dengan topik tersebut.

Kenapa Game Terlambat Rilis Lebih Baik Daripada Game yang Dibuat Terburu-buru?

Kata Yang Sangat Cocok

Hal ini memiliki pro dan kontra yang cukup terlihat jelas. Namun mari kita bicara mengapa opini tersebut benar. Ada beberapa faktor yang mendukung alasan lebih baik game delay atau terlambat daripada terburu-buru.

Game Delay Rilis Membuatnya Jadi Lebih Sempurna

Diundur Demi Lebih Sempurna

Game yang rilis secara terburu-buru sering kali bermasalah. Masalah pun beraneka ragam mulai dari permasalahan grafis hingga bug-bug aneh yang membuat game terkadang menjadi tidak dapat dimainkan.

Hal ini terjadi karena beberapa faktor, yang pertama adalah desakan petinggi perusahaan game yang menargetkan game rilis pada jadwal tertentu, developer yang terburu-buru dan tidak memiliki waktu yang cukup, atau juga bisa dari sisi player yang terlalu berharap game cepat rilis.

Sebenarnya, jika diberi waktu yang cukup, tentunya permasalahan seperti bug ini bisa dhindari. Maka sangat pas dikatakan lebih baik Game Terlambat Rilis daripada rilis cepat namun diingat sebagai game yang jelek.

Memperlambat Perilisan Bisa jadi Kunci Sukses Game

Undur Sedikit Makin Sukses

Terkadang beberapa game rilis terburu-buru dan dianggap jelek karena ada game serupa atau yang lebih baik rilis di sekitar waktu yang sama. Sebenarnya 2 game yang rilis ini sama-sama bagus namun opini gamer tentunya beraneka ragam.

Hal ini dapat dilihat dari 2 game yang terbukti melakukan hal diatas dan mendapat respon yang berbeda. Game pertama adalah Battleborn yang rilis berdekatan dengan Overwatch 2, dan juga Alan Wake 2 yang memilih untuk mengundur agar tidak bersaing dengan Spider-Man 2.

Dari 2 kasus ini, mari kita bahas Battleborn terlebih dahulu. Game ini sebenarnya tidak begitu buruk, namun karena perilisannya yang berdekatan dengan Overwatch, game tersebut dibayangi oleh game Buatan Blizzard ini karena karakternya lebih ikonik dan fitur-fitur positif lainnya.

Hasilnya? tentu saja Battleborn kalah saing karena merilis game sangat dekat dengan raksasa seperti Overwatch. Hal ini dikenang hingga sekarang dan menjadi pelajaran untuk developer menentukan tanggal perilisan.

Dan salah satu yang sepertinya belajar dari kasus Battleborn adalah Alan Wake 2 yang memilih untuk mengundur game mereka karena perilisan Marvel’s Spider-Man 2. Banyak orang mengatakan Alan Wake 2 merupakan game Terlambat Rilis karena menghindari hal tersebut.

Hal ini merupakan pilihan yang bagus karena penundaan hanyalah sementara, namun jika bertabrakan dan kurang lakunya game tersebut akan dikenang selamanya. Dan tentunya hal ini memiliki hasil.

Terbukti, dengan Game Terlambat Rilis, para gamer juga memiliki jeda waktu untuk menabung ataupun menyelesaikan game Spider-Man 2 terlebih dahulu sebelum mereka ingin membeli Alan Wake 2. Dan dengan game berkualitas bagus dan waktu perilisan yang tepat, Alan Wake 2 dapat dikatakan sukses secara komersil.

Terburu-buru Beresiko Kehilangan Beberapa Fitur

Comeback Terbaik Namun Tetap Dikenang Buruk

Tentunya jika sebuah game yang akan rilis dengan fitur yang luar biasa, ekspektasi para gamer akan menjadi sangat tinggi. Namun jika game dirilis terlalu cepat, beberapa fitur bisa tertinggal atau bahkan dikurangi.

Hal ini menjadi sebuah kekecewaan yang berbekas di dunia gaming. Salah satu contohnya adalah game favorit penulis yaitu No Man’s Sky yang menurut penulis rilis terlalu cepat dan cukup buruk pada awalnya.

Meskipun begitu, game ini memang membuktikan bahwa fitur-fitur yang dinanti gamer akan datang, namun hadirnya memakan waktu yang cukup lama. Kini, Game tersebut dianggap sebagai Comeback terbaik dalam Industri gaming walaupun masih tetap dikenang sebagai game yang buruk ketika perilisan.

Pasti Ada yang Tidak Setuju

Rilis Lama Namun Tetap Mengecewakan Di Mata Gamer

Dengan alasan – alasan diatas, menurut penulis rasanya sangat pas pernyataan papa gaben yang mengatakan game terlambat rilis itu sementara, tetapi game jelek akan dikenang selamanya. Namun ada beberapa hal yang bisa mematahkan pernyataan tersebut.

Yang pertama, game-game terlambat rilis ini justru akan kehilangan momentum hype dan juga ketika rilis, bisa saja game-game tersebut juga tetap bermasalah dari segi optimalisasi dan juga bug.

Ada contoh game terlambat rilis dan sempat memegang rekor dengan pengembangan terlama di dunia, Duke Nukem Forever. Meskipun dikembangkan hingga lebih dari 10 tahun, game ini tidak begitu baik ketika rilis dan mendapat respon buruk.

Dan tak selamanya game yang dianggap “terburu-buru” ini jelek. Ada beberapa game seperti contohnya Like a Dragon Gaiden yang dikembangkan tidak sampai 1 tahun. Game tersebut sangat dapat dinikmati dan terasa seperti game yang dikembangkan dengan waktu lama.

Kesimpulan, Tergantung Gamenya?

Tidak Semua Begitu

Menurut penulis, secara umum memang game yang dibuat terburu-buru ini sering bermasalah dan menghasilkan kualitas yang dinilai buruk oleh para gamer. Namun, dengan koordinasi serta proses pengembangan yang benar, beberapa game justru mampu dikembangkan dengan cepat dan tetap bagus.

Tetapi, pemilihan untuk membuat game terlambat rilis atau penundaan di beberapa kondisi merupakan pilihan yang bagus seperti yang dijelaskan sebelumnya. Hal ini bisa menjadi tahap penyempurnaan game dan membuat para gamer lebih puas memainkannya ketika game tersebut rilis.

Jadi, bagaimana menurutmu, brott? Apakah game yang dikembangkan terburu-buru merupakan hal yang buruk? atau apakah game terlambat rilis menandakan permasalahan terhadap game tersebut?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Opini atau artikel lainnya dari Javier Ferdano. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version