PC Classic, Siap Lawan Playstation dan NES Dalam Bermain Game Retro

in , ,

Era konsol kelihatannya sedang menghadapi sebuah tren yang aneh, kalian pastinya telah mendengar kehadiran NES Classic Mini, konsol mini milik Nintendo yang memungkinkan para gamer baru atau lawas untuk memainkan kembali game-game jadul milik Nintendo. Secara mengejutkan konsol ini terjual dengan baik dan mendapat tanggapan positif dari para fans, hingga akhirnya Sony tergiur dan mengikuti jejak Nintendo dengan membuat Playstation Classic. Yang ternyata kurang menggunggah para fans Playstation karena pilihan game di dalamnya yang sangat terbatas. Dan kini entah dari mana, dan siapa yang menginginkannya muncul PC Classic yang memungkinkanmu memainkan game-game PC jadul jaman DOS.

Adalah Unit-E, sebuah perusahaan yang memang berfokus dalam membuat konsol dan perangkat gaming unik dan tidak biasa untuk game-game retro. Dan kini mereka muncul lewat PC Classic, yang merupakan sebuah PC berukuran kurang dari segenggaman tangan yang memainkan game dari SD Card dan memainkannya dengan menggunakan keyboard-mouse ataupun joystick lewat USB Slot yang tersedia.

Bila NES Classic dan Playstation CLassic tampil dengan tampilan asli mereka dengan ukuran mini, maka PC Classic juga mencoba style yang sama dengan mengambil model seperti PC DOS jaman dahulu lengkap dengan warna abu-abu kecoklatan. Desain yang diambil pun mungkin akan menimbulkan sedikit perdebatan antara suka dan tidak, karena memang kita tidak bisa mendefenisikan bagaimanakah desain PC jadul yang seharusnya.

Sayangnya, PC Classic tidak membeberkan spesifikasi resmi dari PC-konsol ini. Dan juga belum mengumumkan daftar resmi game-game apa saja yang akan dimasukkan ke dalam konsol ini. Meskipun dalam informasinya, PC Classic kemungkinan akan berisi 30+ game-game retro PC. Dan pihak Unit-E sendiri masih tengah dalam masa mengumpulkan lisensi-lisensi dari para publisher dan developer game-game tersebut. Namund dalam demo yang dipertunjukkan dalam video di bawah ini, PC Classic terlihat memainkan Commander Keen, Jill of the Jungle, Doom, dan Quake II.

PC Classic sendiri direncanakan untuk dapat dirilis tahun 2019 mendatang. Dimana pengumuman resmi mengenai spesifkasi, game-game yang akan dibawa akan diumumkan lebih lanjut karena masih ada perubahan-perubahan yang mungkin akan terjadi pada PC Classic ini. Dan untuk harganya sendiri, PC Classic akan dibanderol dengan harga yang mirip dengan konsol mini lainnya, yaitu $99 atau sekitar 1,4 juta Rupiah. Apakah kamu berminat dengan konsol PC ini?

Baca juga info-info menarik lainnya terkait Konsol Klasik atau artikel-artikel tidak umum lainnya dari Galih K.A.

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]