[OPINI] Apakah Pemakaian GPU dan CPU Sampai 100% saat Gaming Aman Bagi PC?

Suhu Gpu Dan Cpu

GPU dan CPU – Dalam dunia PC, terdapat dua komponen yang memiliki peranan penting untuk memastikan kemampuan komputasi dan olah visual dieksekusi secara baik dan efisien. Kedua komponen tersebut tidak lain dan tidak bukan ialah Graphic Processing Unit (GPU) dan Central Processing Unit (CPU).

Dua komponen tersebut biasanya dijuluki ‘duo’ yang tidak terpisahkan, karena keduanya memang miliki peranan penting, sekentang atau semodern apapun komponen yang digunakan.

Adalah normal melihat pemakaian kedua komponen utama tersebut mencapai puncaknya alias 100% saat gaming atau menjalankan aplikasi berat. Namun, masih banyak yang berhasil dibuat penasaran dengan hal tersebut, terlebih bila komponen yang mereka gunakan termasuk mumpuni dan premium.

Jadi, lalui artikel ini kami akan coba hadirkanmu opini terkait pemakaian dua komponen vital yang seringkali dinilai berbahaya oleh pemiliknya saat pemakaiannya telah mencapai seratus persen.

Disclaimer: Artikel ini dibuat berdasarkan pengamatan penulis terhadap sejumlah komunitas dan PC milik pribadi dan kantoran. Walau keduanya berbeda peruntukan, namun keduanya memiliki masalah yang kurang lebih sama.

Pemakaian GPU dan CPU sampai 100% Saat Gaming, Apakah Aman Bagi PC?

Kalo dua-duanya mentok gini ngeri juga

Di komunitas komputer, pernah ada yang menanyakan mengapa GPU usage maupun CPU usage di PC gaming yang mereka gunakan bisa tembus ke angka 100%. Bahkan ada yang mengira dua komponen yang mereka beli masih tidak cukup memadai untuk memberikan peace of mind.

Namun, siapa sangka ternyata hal tersebut merupakan pertanda baik dikarenakan kedua komponen tersebut telah mengerahkan seluruh kemampuannya untuk menghasilkan apa yang diinginkan user, khususnya GPU, yang akan kami jelaskan pada dua poin lengkap dengan penjelasannya tersendiri.

Apa Artinya GPU Usage 100%?

Untuk memperjelas apa yang akan kami bahas pada artikel ini, kami mereferensikan salah satu video yang di-upload oleh Kryzzp dengan judul ‘RX 6700 XT – Cyberpunk 2077’. Ia gunakan kombinasi prosesor AMD Ryzen 7 5800X3D dan quad-channel 4x8GB 3.600MHz dengan kartu grafis sesuai judul video.

100% pada kartu grafis adalah hal yang normal

Pada resolusi 1080 rata kanan, terlihat prosesor AMD yang dipersenjatai 8 core dan 16 thread tersebut hanya membutuhkan 30% kemampuannya saja, di mana RX 6700 XT diperas habis-habisan untuk menghasilkan 70-an FPS.

Prosesornya masih kuat diajak main game di 4K

Kemampuan dari RX 6700 XT tentu tidak terbatas hanya untuk mainkan game di resolusi FHD saja. Kartu grafis dari kubu merah ini ternyata masih mampu menjalankan game tersebut pada resolusi 4K dengan rerata 60-an FPS, namun dengan bantuan FSR Performance. Untuk prosesornya sendiri masih santai di 30% saja.

Jadi, dari sini dapat kita simpulkan kalau GPU Usage 100% merupakan hal yang seratus persen amat sangat normal. Angka tersebut hanya akan tercapai saat kita gunakan PC yang kita miliki menjalankan game atau aplikasi yang menuntut kemampuan visual, mengartikan kartu grafis yang kita gunakan telah mengeluarkan semua kemampuannya.

Apa Artinya CPU Usage 100%

Poin selanjutnya yang akan kita bahas adalah CPU Usage 100%. Kebalikan dari kartu grafis, pemakaian prosesor yang mencapai sampai seratus persen ini ternyata bukanlah pertanda baik, karena pada pemakaian normal dan kebanyakan kasus, usage pada prosesor amat jarang menyentuh 100% kecuali saat jalankan bermacam aplikasi dalam satu waktu.

100% untuk menjalankan aplikasi atau game

Salah satu contoh di mana pemakaian prosesor bisa menyentuh 100% adalah saat kita menjalankan emulator dalam jumlah banyak, untuk farming game misalkan, yang mana bila kita hanya gunakan prosesor ala kadarnya, pemakaian prosesor akan langsung menembus seratus persen.

Namun, dalam kasus tertentu, pemakaian prosesor yang menyentuh 100% ternyata juga bisa mengindikasikan adanya permasalahan pada PC yang kamu gunakan. Contoh mudahnya bisa kita amati dari Task Manager, di mana browser Chrome gunakan 80% CPU meski penulis hanya gunakan Intel Core i7-12700F.

Biasanya ada masalah di aplikasi yang berjalan di komputer

Tentunya hal tersebut menandakan adanya permasalahan serius pada browser yang mungkin saja kamu install entah dari mana. Artinya, tidak semua pemakaian 100% pada otak komputer ini merupakan pertanda baik.

Jadi, Amankah Pemakaian 100% untuk PC Gaming?

Bakalan aman karena itu memang peruntukannya

Setelah kita membahas cara kerja dua komponen tersebut secara singkat, tentunya dapat kita simpulkan bahwasanya pemakaian 100% pada GPU dan CPU di PC gaming merupakan hal yang benar-benar normal dan aman, karena hal tersebut menandakan kedua komponen mengeluarkan seluruh kemampuannya untuk hadirkan pengalaman komputasi terbaik.

Namun, sebagaimana yang telah kami tuliskan sebelumnya di atas, dalam beberapa kasus masalah ini bisa saja menandakan adanya masalah serius bila kedua komponen tersebut alami beberapa masalah saat dalam kondisi tidak digunakan.

Penulis contohkan, bukankah tidak masuk akal bila pemakaian prosesor dengan delapan core dan enam belas thread bisa ‘kalah’ karena pemakaian ringan, saat membuka Chrome untuk memutar musik misalkan?

Sama halnya kartu grafis, di mana bila terjadi masalah semacam bluescreen atau tiba-tiba error, bisa saja menandakan masalah yang lebih serius, dan biasanya mengarah ke permasalahan pada kartu grafis itu sendiri, masalah driver misalkan.

Kesimpulan

Yah gak bakal gini juga selama pemakaiannya emang beneran normal

Nah, itulah dia opini singkat dari penulis untuk menjawab pertanyaan kalian yang menanyakan apakah pemakaian GPU dan CPU sampai 100% saat gaming aman bagi kelangsungan atau umur PC.

Selain harus memastikan kalian tidak memasang aplikasi yang aneh-aneh, tentu saja kalian juga harus selalu melakukan maintenance pada PC yang kalian gunakan. Contohnya saja dengan ganti thermal paste secara berkala, atau sekalian membersihkan case komputer kalian supaya debu tidak menumpuk.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version