Pria ini Dapatkan Hadiah $20,000 Setelah Temukan Bug Fatal pada Keamanan Steam

in ,

Layaknya sebuah pasar raksasa, Steam tentunya menjadi salah satu portal jual-beli game digital terbesar yang pernah ada. Dan di dalam sebuah sistem kompleks dan masif dimana transaksi dan berbagai macam aktifitas dari player dan developer terjadi setiap harinya maka tidak heran bila dapat terjadi bug di salah satu bagian sistemnya. Tapi dalam kasus ini bug yang ditemukan sangat fatal karena bug tersebut dapat memberikan akses untuk mendapatkan key game apapun yang ada di Steam secara cuma-cuma.

Bug fatal ini sendiri pertama ditemukan oleh seorang security researcher sekaligus “bug hunter” bernama Artem Moskowsky. Dimana diceritakan via gameindustry.biz bahwa ia menemukan celah di dalam Steam developer tool dimana ia bisa membobol kepemilikan dari akses developer sebuah game hanya dengan mengganti satu parameter dan ia dapat melakukan satu kali request key game dengan jumlah berapapun. Dalam percobaannya, ia memasukkan angka ID game acak dan mendapatkan 36.000 key dari game Portal 2 secara langsung.

Hal ini tentunya menjadi bahaya fatal bagi Steam bila “bug” ini diketahui oleh orang lain. Apalagi ternyata bug ini sebenarnya telah ditemukan oleh Artem sejak awal Agustus lalu. Namun, Artem lebih memilih untuk melaporkan bug ini langsung kepada Valve. Dan seminggu lalu Valve telah mengumumkan bahwa mereka telah memperbaiki bug yang dilaporkan.

Valve sendiri membalas kebaikan Artem yang lebih memilih melaporkan bug tersebut daripada mengeksploitasinya dengan hadiah sebesar $20,000 atau sekitar 300 Juta Rupiah. Dengan detail $15,000 atas penemuan bug fatal tersebut dan bonus $5,000 untuk tidak menyebarkan bug ini kepada umum. What a good guy!!

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]