Jangan Terlalu Gegabah, Ini Prioritas Upgrade PC Gaming di Tahun 2023 yang Harus Kalian Ketahui!

Prioritas Upgrade Pc Gaming Tahun 2023

Prioritas Upgrade PC Gaming – Di zaman yang serba canggih ini, memiliki sebuah PC dengan spesifikasi yang mumpuni seolah menjadi keharusan untuk dapat menunjang produktivitas sehari-hari yang kita lakukan, entah itu sekadar mengerjakan tugas, bekerja, maupun membuat bermacam konten.

Namun, dikarenakan standar nyaman saat gunakan komputer setiap individu berbeda, tentu saja komponen yang digunakan tidak mungkin akan benar-benar sama. Berdasarkan hal tersebut, tentunya akan membuat skala prioritas yang berbeda saat user tersebut memiliki rencana untuk lakukan upgrade.

User A misalkan, ia tetap merasa nyaman dengan Intel Core i7-860 dari zaman baheula karena ia hanya memainkan game ringan sekelas GTA 5 Roleplay, namun ia menginginkan FPS yang lebih banyak karena saat ini ia hanya gunakan VGA entry-level GTX 750 Ti.

Di sisi lain, user B mengeluhkan FPS yang tidak stabil pada PC gaming yang ia miliki dengan spesifikasi Intel Core i3-10105F dan RTX 3080. Entah bottleneck atau tidak, tentunya mau tidak mau ia harus upgrade prosesor yang ia miliki dengan kemampuan yang lebih baik.

Nah, dari beberapa kasus yang umum ditemukan di komunitas, termasuk dengan beberapa contoh yang kami sebutkan di atas, mungkin ada baiknya kita membahas apa saja prioritas upgrade PC gaming yang baik dan benar, bukan?

Jadi, lalui artikel ini kami akan coba ajakmu membahas apa-apa saja yang seharusnya kita prioritaskan ketika berniat untuk upgrade PC gaming yang kalian miliki.

Cara Mudah untuk Menentukan Prioritas Upgrade PC Gaming

Biar gak bingung dan galau menentukan prioritas komponen yang tepat sasaran

Sebenarnya, kurang sah bila kami mengklaim ini merupakan cara mudah dalam menentukan prioritas upgrade pada PC gaming yang kalian miliki, karena sebagaimana yang kami jelaskan di atas, tentunya prioritas upgrade komponen yang kalian miliki dan gunakan akan sangat berbeda tergantung kebutuhan kalian.

Namun, kami akan coba membantumu menyederhanakan masalah yang mungkin menghantui kalian sejak beberapa hari, minggu, bulan, atau bahkan tahun lalu yang membuat kalian menjadi semakin yakin akan membeli komponen impian dan langsung lakukan upgrade.

VGA, Prioritas PC Gaming!

90% prioritas gamer terletak pada VGA yang mumpuni

Berdasarkan pengamatan penulis, dalam kebanyakan kasus tidak terhitung banyaknya jumlah user yang menginginkan pengaturan grafis di rata kanan. Hal ini dikarenakan para gamer menginginkan pengalaman menikmati environment, suasana, atau lingkungan yang berbeda dari yang dirasakan oleh gamer di dunia nyata.

Biasanya hal ini didasari oleh beberapa faktor, termasuk salah satu di antaranya keterbatasan budget pada saat proses merakit PC tersebut. Alhasil, langkah terlogis untuk upgrade PC gaming yang mereka miliki adalah menambah kartu grafis atau VGA untuk semakin menunjang pengalaman mereka saat bermain game.

Bisa digeber sih, tapi ya jangan berharap terlalu banyak

Asumsikan kamu saat ini gunakan integrated dari AMD Ryzen 5 5600G, dan setidaknya ingin mendapatkan pengaturan rata kanan di bermacam game kekinian. Tentunya kamu harus memilih dan memilah VGA terbaik di kelasnya untuk memenuhi keinginanmu, contohnya saja RX 6600 XT atau mungkin RTX 3060.

Perlu dicatat bahwa hal ini mungkin tidak sepenuhnya mengeliminasi masalah grafis yang kamu hadapi, karena sebagaimana yang kami ungkapkan sebelumnya di atas, tingkat kenyamanan akan berbeda-beda untuk tiap individu. Bisa jadi kamu lebih suka pengaturan grafis rata kanan dengan minimal ratusan FPS, bukan?

Memangnya Perlu Upgrade Prosesor?

Galau antara harus upgrade prosesor atau tidak?

Umumnya prosesor ada di urutan sekian saat gamer maupun kreator diharuskan untuk upgrade prosesor kecuali benar-benar tidak ada pilihan lain yang lebih masuk akal atau viable untuk PC gaming yang mereka rakit.

Zaman now, rasanya tidak ada gamer yang langsung menembak untuk langsung membeli prosesor minimal Intel Core i5 atau AMD Ryzen 5 meski kebutuhannya hanya itu-itu saja, antara produktivitas, bekerja, atau membuat konten, walau tidak sedikit pula yang membeli seri yang lebih murah karena alasan budget yang memang terbatas.

Sebuah ilustrasi tentang overclock lalui aplikasi

Hal ini tentunya berimbas pada pemikiran para gamer, memunculkan pertanyaan semacam memangnya perlu upgrade prosesor hanya untuk mendapatkan FPS tambahan? Pastinya hal ini yang mendesak para gamer mencari cara instan untuk meningkatkan kemampuan prosesornya, alih-alih membeli prosesor yang lebih memadai.

Jadi, misalkan pemakaian CPU usage kalian mencapai seratus persen saat menjalankan satu-dua aplikasi dan game di saat bersamaan, mungkin inilah saat yang tepat untuk upgrade prosesor, karena faktanya kemampuan prosesor sudah ditentukan persentasenya berdasarkan uang yang kalian keluarkan.

Gimana dengan RAM?

Standar RAM bisa sangat bervariasi tergantung kebutuhan

Sejujurnya tidak banyak yang bisa kami komentari terkait jumlah ideal memori atau RAM pada PC gaming yang kalian gunakan sehari-hari. Karena tidak sedikit yang merasa puas dan tercukupi bahkan hanya bermodalkan RAM 2x4GB saja karena kebutuhannya benar-benar ringan dan tidak terlalu menuntut.

Kendati demikian, untuk meminimalisir masalah yang terjadi di kemudian hari seperti tidak cukupnya memori untuk menjalankan game dan beberapa aplikasi sekaligus atau multitask, idealnya standar minimal RAM untuk tahun 2023 masih ada di 2x8GB. Namun, tidak ada salahnya bila memprioritaskan 2x16GB karena harganya sudah mulai terjangkau.

Lalu, Bagaimana dengan Komponen Lainnya?

Kemampuan pendinginan bisa sangat bervariasi tergantung spesifikasi

Setelah membaca beberapa poin di atas, mungkin di antara kalian ada yang berpikir bagaimana nasib komponen lainnya yang tidak disebut. Contohnya PSU, SSD, HSF, atau bahkan case meski rasanya jarang menemui masalah.

Jawabannya tentu akan relatif, tergantung apa yang ingin kalian capai. Semisal kalian inginkan olah visual yang lebih menawan, tentunya prioritas PC gaming utama adalah VGA terkini.

SSD > HDD

Hal tersebut berlaku sama untuk SSD – terlebih bila kalian masih gunakan HDD meski hanya untuk sekadar menyimpan dokumen. Faktanya hampir semua aplikasi, termasuk game akan mendapat benefit yang luar biasa dari sebuah SSD ketimbang HDD, karena menawarkan kecepatan.

HSF atau pendingin prosesor mungkin bisa kalian prioritaskan bila suhu dan kemampuan prosesor kalian  tertahan oleh HSF standar pabrikan yang kalian gunakan. Dengan membeli HSF berkualitas, tentunya kemampuan prosesor kalian akan keluar seratus persen, dengan suhu yang tidak usah dikhawatirkan pula.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan singkat kami di atas, tentunya kini kalian bisa menentukan prioritas upgrade PC gaming yang kalian gunakan sehari-hari, bukan? Tentu saja mau tidak mau kalian sendiri yang harus menjawab pertanyaan tersebut karena kalian lah yang gunakannya sehari-hari.

Tapi, kalau kalian ragu, bisa banget kok bertanya kepada kami, atau mungkin di komunitas, karena sudah pasti teman-teman di komunitas akan dengan senang hati membantumu, selama pertanyaannmu tertulis dengan jelas.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version