Prosesor AMD Ryzen Terbaru Sanggup Mainkan Death Stranding dan GTA V Tanpa Kartu Grafis

in , ,
Cover Amd

AMD kelihatannya sedang on fire sekarang, bagaimana tidak perlahan tapi pasti AMD naik untuk mengejar ketertinggalannya dengan Intel beberapa tahun yang lalu. Dan lewat teknologi 7 nm AMD berhasil menunjukkan dominasinya untuk terus memperkenalkan produk baru yang lebih bertenaga terutama untuk para gamer PC.

Dan lewat generasi terbaru dari prosesor Ryzen, sepertinya AMD akhirnya mampu mengabulkan impian para gamer ‘hemat’ yaitu untuk memainkan game-game terbaru tanpa menggunakan kartu grafis alias hanya bermodalkan APU (accelerated processing units) saja.

Hal ini sendiri dibubktikan lewat benchmark yang dilakukan Youtuber TechEpiphany yang mendapat kesempatan untuk menguji lebih awal prosesor AMD terbaru Ryzen 7 4700G yang memiliki teknologi GPU AMD Vega yang terintegrasi di dalamnya. Dan TechEpiphany pun langsung menjajal performa prosesor yang ternyata mampu menjalankan banyak game terbaru dengan lancar, bahkan dengan settingan grafik ‘High’.

Ada 6 game yang telah di-benchmark ketika artikel ini dibuat, yaitu GTA V, Death Stranding, Assassin’s Creed: Odyssey, Resident Evil 3, Red Dead Redemption 2, dan Fortnite. Dan dari tes terhadap 6 game tersebut hampir semua game berhasil dijalankan dengan lancar bahkan diatas 60 fps. Dengan game-game seperti AC:Odyssey dan Death Stranding yang berjalan di kisaran 30 FPS. Sedangkan Red Dead Redemption 2 menjadi yang paling berat dimana settingan grafiknya harus banyak diturunkan agar FPSnya mampu menyentuh 30.

Performa menakjubkan itu sendiri dicapai oleh TechEpiphany dengan prosesor AMD Ryzen 4700G tentunya, motherboard Asus Prime B550M-A, serta RAM 2x8GB DDR4-4133. 4700G sendiri memiliki 8 cores dan 16 threads, dengan kecepatan mencapai 4,4 GHz, serta dibangun lewat arsitektur Zen2 yang masih sama dengan Ryzen 3700 dan 3800.

Amd Ryzen

Harga yang ditawarkan pun terhitung menarik karena 4700G dirumorkan akan memiliki harga yang kurang lebih diantara 3700 dan 3800 atau sekitar $300 atau 4,4 Jutaan Rupiah. Namun sayang AMD belum mengumumkan kapan prosesor ini akan diluncurkan atau berapa harga yang akan dipatok ketika prosesor ini masuk ke Indonesia.

Semoga saja tidak jauh dari rumor yang beredar karena prosesor ini benar-benar bisa jadi solusi bagi mereka yang ingin membangun PC bujet, ataupun Mini PC yang tidak menggunakan kartu grafis eksternal.


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Tech atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

For press release and further collaboratin, Contact me at [email protected]

Galih Kresnawan

Written by Galih Kresnawan

Chief Editor. Senior Content Writer. Noob at almost every games. Certified Memes Maker | Work HARD, Play HARDER!! | Contact me at [email protected]