Rakitan PC Murah 5 Juta Siap Livestream Dan Main Game Kekinian


Follow Us

Yup kali ini Gamebrott akan memberikan saran Rakitan PC untuk kalian yang ingin mencoba atau setidaknya memainkan game ringan dengan Live Stream namun memiliki keterbatasan Budget. Live Streaming sendiri memang sekarang sedang marak-maraknya dipromosikan oleh banyak platform, mulai dari Youtube dan Twitch sebagai platform khusus video dan juga stream, bahkan hingga media sosial seperti Facebook juga mengembangkan platform livestream milik mereka sendiri. Kali ini Gamebrott akan menyarankan Rakitan PC yang cocok untuk keperluan Gaming sekaligus Livestream.

BACA JUGA  Beginilah Tampilan Grafis Super Kentang Dari Assassin's Creed Odyssey
Nulis artikel dibayar

Disclaimer 1: PC ini cocok untuk bermain game-game mid end, namun untuk keperluan Livestream Game yang dapat dimainkan sangatlah terbatas.

Disclaimer 2: Kami sangat menyarankan pembelian part baru bagi kalian yang belum berpengalaman (harga part dibawah baru).

Ini dia untuk spesifikasi Rig yang kami sarankan untuk kalian.

PC Gaming + Livestream Game Ringan Rp 5,189,000

BACA JUGA  Pre-Order PUBG Versi PS 4 Hadirkan Bonus Menarik

Part Merek Harga
Processor Intel I5 3470 900,000
RAM 2x Ram Viserion DDR3 4GB 930,000
Storage WDC Blue 500 gb 620,000
GPU Zotac 2gb 750 ti OC 1,099,000
PSU FSP Hexa+ 500 Watt 580,000
Casing 1stPlayer Fire Dancing V3 380,000
Motherboard ECS H61 H2-MV 680,000

Intel i5 3470

Menjadi otak dari suatu komputer, processor memegang peranan yang cukup krucial dalam kinerja keseharian Komputer. Terlebih lagi jika berbicara mengenai Kebutuhan Livestreaming, processor menjadi senjata utama untuk melakukan encoding livestreaming. Berbeda dengan Gaming, Livestreaming sangat memberatkan processor sehingga core serta Thread yang banyak sangat diharuskan. Pilihan jatuh kepada I5 3470. Dengan 4 Core 4 Threads dan ditenagai 3.2 Ghz, processor ini memang masih menjadi legenda sangat pantas untuk memainkan game-game kekinian.


Viseron DDR3 8gb

Yup salah satu alasan mengapa pemilihan ram ini untuk digunakan tak lain dan tak bukan adalah BUDGET. Dengan budget yang sangat ketat, Ram DDR3 sudah tidak bisa ditawar lagi, mengingat harga ram DDR4 yang sudah naik bagaikan Saham DDR3 tetap bisa menjadi subtitusi yang logis. VenomRX Viseron sendiri sudah memiliki heatsink yang cukup apik meskipun dengan harganya yang bersaing dengan Ram lain. Jika kalian memang sangat terbatas, kalian bisa menggantinya dengan 4gb (2x2gb) merek Viseron sama.


Storage

WDC Blue memang sudah sangat terkenal diantara PC Builder dengan keterbatasan budget. Merek yang awam dan dikenal banyak orang memang cukup membuat anda yakin terhadap kualitas HDD ini. HDD 500 Gb sendiri sudah sangat membantu para gamer untuk menyimpan game-game terkini serta windows agar PC terasa lebih lega.


Zotac 750 Ti OC 2Gb

GPU Satu ini memang terbilang GPU Jadul, dikategorikan sebagai level low end GPU membuat kartu grafis ini kerap diremehkan. Namun GPU ini ternyata belakangan sangat diminati kondisi bekasnya, kenapa?. Yup Harga yang sudah sangat turun serta banyaknya GPU hadir banyak orang beralih ke kelas atau kasta GPU baru, namun jika dilihat dari benchmarknya saja ia bisa melibas GPU terbaru sekelasnya dengan harga diatas 1.1juta.


FSP Hexa+ 500W

FPS Hexa+ 500 Watt menjadi pilihan Power Supply Kali ini. Merek yang tidak asing ditelinga gamer membuat tak sedikti gamer yang telah mencoba PSU ini. Kapasitas 500 Watt PSU ini cukup untuk menyuplai kebutuhan listrik dari setiap part-part yang ada di dalam List komputer ini. Sertifikasi 80+ bronze juga semakin membuat kalian lega dan yakin akan performa PSU ini.


1stPlayer Fire Dancing V3

Casing PC dengan harga yang sangat terjangkau menjadikan Casing ini masuk kedalam pilihan PC ini. Kenapa ? dengan harga 300rb sudah mendapatkan usb 3.0 slot, 3 RGB Fan, PSU Cover, dan Side Windows yang transparan !. Apa lagi yang kalian harapkan dengan abudget 300 Ribuan ?. Elegan serta banyak fitur membuat kalian sulit mendapatkan pesaing Casing lain dikelasnya. Kembali lagi jika kalian memang tetap tertekan budget dan Ongkir casing ini berada di luar jangkauan budget, kami tetap menyarankan casing di lokal saja. Thanks to Aldi GamingTech for informing this Cases.


ECS H61 H2-MV

Kendala dari penggunaan prosessor lama ini adalah sulitnya mencari Motherboard baru bagi Processornya. LGA 1155 bisa dibilang menjadi barang yang sulit ditemukan dengan harga murah dan baru, dimana harga bekasnya bisa mencapai 300 ribuan saja. Namun disisi lain kalian diharuskan jeli dan juga paham betul kondisi motherboard itu. H61 sendiri support sampai 16GB ram dengan 2 slot Ram DDR3.


Game apa yang Bisa Dimainkan?

Dalam spec PC satu ini range game yang bisa dimainkan cukup banyak. Game terkenal seperti GTA V dengan settingan High dapat dimainkian di resolusi 1080p dan dengan average FPS 50-60 performa tersebut sangat terasa playable. CS:GO salah satu game kompetitif yang cukup diminati player Indonesia bisa dimainkan dengan cukup diatas 150 Fps. PES 2018 serta PUBG dan juga PUBG mobile juga dapat kalian mainkan dengan sangat playable. Ada juga game perang dunia 1 yaitu BF 1 yang playable di 60 Fps namun dengan settingan yang sesuai. Untuk benchmarknya kalian bisa melihat salah satu Video dari channel ini.

Livestreaming Factor

Penggunaan Processor I5 3470 akan sangat berperan disini, dengan bantuan 4 cores dan 4 thread kalian akan sangat membantu performa livestream kalian dengan lancar. Encoder pada Livestream memang terlihat akan sangat normal ketika kalian bermain, namun hasil livestream akan jauh berbeda atau bahkan bisa patah-patah jika kalian memaksakan menggunakan processor ecek-ecek. Dengan I5 3470 kalian bisa menggunakan setting 720p 30fps dengan penyesuaian Bitrate dan juga processor profile yang sesuai. Game yang dapat dimainkan juga cukup terbatas, CS:GO, PUBG Mobile, serta PUBG Steam tentu bisa kalian mainkan.

Namun untuk PUBG PC kalian perlu mengatur settingan menjadi low dan juga menguji resolusinya pula. Jika koneksi kalian tidak cukup memadai untuk livestream kalian, maka beban pada hardware juga akan semakin meningkat untuk menunjang proses encoding. Untuk game ringan seperti Dota dan juga Mobile legend ataupun PUBGM PC ini sudah cukup untuk menunjangnya. OBS dan juga Xsplit bisa menjadi Opsi Livestream kalian.  720p 30 Fps merupakan kualitas yang sangat wajar untuk Livestream bagi kebanyakan gamer sekarang.

Jika kalian ingin melihat rakitan PC seperti ini lagi kalian bisa cek link ini, jika kalian ingin membaca mengenai gamebrott Tech kalian bisa klik link disini.


Like it? Share with your friends!

Di Gamebrott COMMUNITY Nulis artikel GAMING dibayarGIVE ME MONEY !
+