[Rumor] Developer miHoYo Buka Loker untuk Pengembangan Game Engine Baru, Benarkah Itu?

Developer miHoYo Game Engine

Developer miHoYo Game Engine – Sejak pengumuman kebijakan baru Unity Engine, banyak developer besar maupun indie bisa berpotensi terkena dampak bagi mereka. Salah satunya adalah miHoYo yang kebanyakan game mereka dibuat menggunakan Unity Engine.

Dan baru-baru ini muncul sebuah rumor developer miHoYo buka loker secara massal untuk pengembangan Game Engine baru. Benarkah itu?

Rumor Developer miHoYo Buka Loker untuk Pengembangan Game Engine Baru

Developer miHoYo Buka Loker untuk Pengembangan Game Engine Baru?

Informasi ini sedang menjadi topik pembicaraan di komunitas game-game miHoYo seperti Genshin Impact, Honkai Star Rail maupun Honkai Impact 3rd. Itu karena mereka menemukan sebuah kabar yang mengatakan kalau developer miHoYo sedang membuka loker yang disebut-sebut untuk pengembangan Game Engine baru mereka setelah adanya kebijakan baru Unity Engine.

Rumor tersebut bisa kalian temukan dengan mudah di beberapa thread yang ada di Reddit. Pada salah satu thread yang ada di sana, terdapat screenshot yang menunjukkan beberapa gambar di sebuah halaman berisi berbagai macam loker yang diklaim berasal dari miHoYo.

Dalam gambar tersebut ada beberapa posisi yang sedang dibuka dalam kategori miHoYo Engine Development Recruitment, mulai dari Rendering Development Engineer, Engine Development (Console), Cloud Gaming Engine Development, Cloud Gaming Engine Development Engineer, dan masih banyak lagi.

Kalian bisa lihat postingan lokernya di bawah ini.

Screenshot dari rumor menyebut kalau dev miHoYo sedang buka loker untuk pengembangan Game Engine baru
Versi terjemahan bahasa English

Hasil Penelusuran Lebih Lanjut

Kantor miHoYo

Untuk mengetahui apakah rumor tersebut benar atau tidak, saya mencoba menelusuri lebih lanjut terkait kabar kalau developer miHoYo sedang membuka loker secara massal yang disebut-sebut untuk pengembangan Game Engine baru.

Berdasarkan hasil penelusuran saya (dengan kondisi keterbatasan perbedaan bahasa), memang benar kalau developer miHoYo membuka lowongan kerja di website resminya dalam berbagai macam posisi, mulai dari kategori Program & Technology, Fine Arts & Expression, Product Planning, Operational, dan masih banyak lagi.

Diduga loker yang dicantumkan pada website resmi miHoYo sudah lama tercantum di sana, bahkan sebelum kebijakan baru Unity Engine muncul. Terlihat pihak developer memang masih mencari pegawai baru untuk bergabung sampai sekarang di berbagai macam posisi yang mereka butuhkan.

Sementara untuk loker seperti yang ada pada kedua screenshot tersebut, tidak ditemukan posisi yang diminta oleh miHoYo di website resminya. Ada yang mirip tapi apa yang dicari miHoYo berbeda dengan tulisan dari screenshot. Bahkan mereka juga masih membutuhkan pegawai yang memiliki pengalaman dalam menggunakan Unity Engine untuk 3 game andalannya.

Sementara itu, tampilan UI di screenshot dengan website resmi miHoYo terlihat sangat berbeda, baik itu dibuka lewat browser PC/laptop maupun mobile. Kemungkinan screenshot tersebut diambil berasal dari luar website resmi miHoYo.

Diketahui screenshot diambil dari website bernama Jobui

Didapatkan kalau screenshot berasal dari website bernama Jobui dari Cina yang modelnya mirip dengan website loker di Indonesia. Beberapa posisi loker yang ada di screenshot ditemukan di sana. Namun ketika saya mencoba untuk membukanya, link langsung dialihkan ke website lain bernama Zhipin.

Dilihat dari informasi di sana, keterangan mengenai siapa yang membuat loker tersebut dan atas nama perusahaan mana tidak dijelaskan secara detail. Informasi yang kurang jelas seperti ini mengingatkan saya dengan pengalaman pribadi ketika mencari loker di beberapa website job di Indonesia yang kurang kredibel kebenarannya.

Untuk alasannya lainnya adalah Unity sebelumnya pernah mengumumkan sebuah Unity Engine khusus untuk pasar Cina. Engine bernama Tuanjie Engine diperkenalkan jauh hari sebelum pengumuman kebijakan baru Unity Engine.

Selain itu, diketahui pihak miHoYo juga sebagai salah satu pemegang saham Unity di Cina. Jadi agar diragukan kebenarannya kalau miHoYo yang sudah bisa dikatakan pengguna langganan dari Unity Engine tiba-tiba memutuskan untuk mengganti Engine game mereka. Apalagi banyak game miHoYo yang menggunakan Engine tersebut dan bakal rumit masalahnya jika tiba-tiba harus ganti Engine gamenya.

Mihoyo

Dengan hasil penelusuran yang saya lakukan, informasi mengenai developer miHoYo buka loker untuk pengembangan Game Engine baru masih diragukan kebenarannya. Apalagi beberapa user di Reddit mengatakan kalau info tersebut juga masih diragukan kebenarannya.

Mari kita tunggu saja informasi lebih lanjut perihal rumor ini ataupun ada konfirmasi resmi dari pihak miHoYo dan HoYoverse perihal kebijakan baru Unity Engine ataupun mereka membuka loker untuk buat Game Engine baru atau tidak.

Kalau saya pribadi lebih prefer memilih keakuratan informasi loker dari miHoYo di website resminya atau yang dialihkan langsung ke sana ketimbang dari situs di luar dari mereka. Dengan begitu kita bisa yakin kalau loker tersebut benar-benar dibuka oleh pihak miHoYo atau HoYoverse.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait miHoYo, Unity atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version