Seorang Gamer Catat Semua “Kebohongan” CDPR akan Cyberpunk 2077

in

Bagi sebagian orang mungkin Cyberpunk 2077 adalah game yang mempesona, namun tidak sedikit di antaranya yang merasa penantian bertahun-tahunnya justru berakhir dikecewakan oleh CD Projekt Red (CDPR) selaku pengembang. Saking kecewanya, seorang gamer bahkan mencatat semua “kebohongan” yang dilakukan oleh pengembang asal Polandia tersebut akan Cyberpunk 2077.

Memiliki panggilan Lockenheada, ia memposting sebuah thread di Reddit dengan judul semua perubahan/pemotongan (konten)/kebohongan yang bisa ditemukan dari beberapa material promosi gamenya. Di dalam thread tersebut, terdapat sebuah gambar panjang dimana tercantum link dari beberapa trailer Cyberpunk 2077 serta menit-menit  konten-konten mana saja yang tidak hadir di versi perilisannya.

Hal ini mungkin sedikit membuatmu bertanya-tanya untuk apa lembur yang sebelumnya dijanjikan tidak akan dilakukan dan delay hingga tiga kali namun hasil akhirnya bisa dibilang jauh dari yang para fans ekspektasikan? Hal ini tentunya terasa lebih parah untuk pemain konsol PS4 dan Xbox One yang kualitas gamenya sendiri begitu burik dan tidak layak disebut sebagai game generasi saat ini.

Mengecewakan dan tragis tentunya ketika reputasi CDPR yang sudah dibangung sangat baik melalui pengembangan serial The Witcher, kini harus berbalik 180° akibat berbagai tindakan mereka yang dinilai tidak terus terang dan menyesatkan. Kekacauan ini bahkan memicu konflik internal di dalam CDPR, bahkan dapatkan tuntutan oleh investornya.

Fans tentu masih berharap bahwa CDPR bisa melakukan comeback layaknya No Man’s Sky garapan Hello Games. Pihak pengembang sendiri saat ini telah berjanji terus berikan update secara berkala agar gamenya jadi lebih baik, serta berbagai DLC gratis yang akan hadir di sepanjang tahun ini.

Cyberpunk 2077 bisa kamu mainkan di PC, PS4 dan Xbox One. Namun perlu diketahui bahwa saat ini Sony telah menarik gamenya dari PlayStation Store sampai waktu yang belum ditentukan.


Baca juga informasi menarik lainnya terkait game Cyberpunk 2077 atau artikel keren lainnya dari Andy Julianto. For further information and other inquiries, you can contact us via [email protected]

Andy Julianto

Written by Andy Julianto

Sesosok alien yang gemar berkelana menjelajahi segmentasi game-game RPG dan Indie. Cukup aktif dalam berpetualang di game MMO Guild Wars 2, dan saat ini masih berusaha menyelesaikan game Persona 5 ditengah-tengah kesibukan mengerjakan skripsi #Prioritas. You can contact me via [email protected]