Siap Lawan RTX, AMD Akhirnya Perkenalkan Generasi Baru Radeon VII

COVER

Tahun baru dan momentum gelaran International Consumer Electronics Show atau CES 2019 tentunya dijadikan ajang bagi para penggiat industri elektronik termasuk gaming untuk memperkenalkan produk baru mereka. Dan setelah Nvidia muncul lewat RTX 2060 baru mereka yang menggoda, kini kubu merah AMD akhirnya secara resmi memperkenalkan generasi baru dari kartu grafis mereka yang disebut Radeon VII atau Radeon 7.

 

AMD sendiri tidak memiliki gimmick unik seperti Ray Tracing milik Nvidia, namun dikabarkan bahwa AMD mendorong pengembangan teknologi pabrikasi yang lebih kecil. Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya bahwa AMD tengah berfokus untuk menghadirkan teknologi pabrikasi 7nm untuk processor Ryzen dan GPU mereka. Dan kini AMD langsung mengimplimentasi hal tersebut ke Radeon VII mereka. Teknologi ini sendiri tentunya menjanjikan performa yang lebih tinggi lewat jumlah core yang lebih banyak. Apalagi untuk urusan gaming dimana AMD tidak memiliki teknologi aneh-aneh seperti Ray tracing. Namun tentunya optimalisasi driver yang masih tertinggal dari Nvidia membuat beberapa pihak meragukan Radeon baru ini.

via PC Gamer

Untuk performa sendiri dalam presentasinya AMD membandingkan performa Radeon 7 dengan  Radeon RX Vega 64 milik mereka (bukan dengan RTX) dimana AMD menyatakan bahwa GPU baru mereka tersebut akan memiliki peningkatan sekitar 25-40% untuk game-game seperti Battlefield V dan Fortnite, dan kenaikan performa sekitar 27-29% untuk aplikasi-aplikasi non-gaming seperti Blender dan Adobe Premiere.

Buat kamu yang pengen topup Google Play, Steam Wallet, PlayStation Network, ataupun Nintendo eShop yang paling murah dan terjamin, coba cek RRQ TopUp ya! Jangan lupa juga, gunakan kode voucher “GAMEBROTT” di RRQ TopUp untuk dapet potongan harga spesial buat kamu.

Namun perlu diingat bahwa perbandingan tersebut adalah dengan  Radeon RX Vega 64, dan belum diketahui bagaimanakah posisi Radeon 7 ini terhadap Nvidia RTX nantinya. Namun dalam klaimnya AMD mengatakan bahwa Radeon 7 mereka dapat melawan RTX 2080 dalam game yang menggunakan DirectX 12 maupun 11. Dan bahkan mengalahkannya di performa teknologi Vulkan. Dengan harga yang $699 atau Rp 9,8 Juta yang bisa dibilang sama saja dengan harga dasar dari RTX 2080. Namun tentunya dengan kelemahan bahwa Radeon 7 ini nantinya tidak dapat mendukung teknologi Ray Tracing dan DLSS. Kira-kira bagaimana Radeon 7 ini nantinya?


Jangan lupa baca juga info-info menarik lainnya tentang Tech atau artikel-artikel gak umum lainnya dari Galih K.A.

Exit mobile version