Situs DLsite Melarang Jual Beli Hasil Karya Manga dan Art dari AI-Generated

Situs DLsite AI-generated

Situs DLsite AI-generated – Dengan perkembangan teknologi AI saat ini, kita sudah melihat banyak karya dihasilkan di berbagai bidang. Contohnya adalah hasil gambar yang dibuat oleh AI-generated. Banyak pihak memberikan pujian terhadap keberadaan AI ini.

Namun, keberadaan AI tersebut mendapatkan berbagai macam keluhan terlebih bagi para Artist menggambar. Karena banyak terjadi peniruan dari segi style gambar dari para Artist tersebut dilakukan oleh AI yang diprogram oleh pihak tertentu. Hal ini bisa membuat pihak Artist merasa dirugikan dengan keberadaannya.

Tidak sedikit dari beberapa pihak mulai melarang hasil karya gambar dari AI, baik itu di dalam event, lomba, maupun tempat jual beli karya. Salah satunya adalah situs DLSite.

Jual Beli Hasil Karya Manga dan Art dari AI-Generated Dihentikan di Situs DLsite

Situs DLsite melarang penjualan hasil karya yang menggunakan AI

DLsite adalah tempat distribusi hasil karya konten digital yang spesialisasi dalam menjual karya-karya Indie dari Jepang. Situs tersebut menjual berbagai konten karya yang dapat dibeli secara online oleh konsumer dari luar Jepang.

Salah satu hasil karya gambar dari AI

Baru-baru ini, situs DLsite baru saja mengumumkan bahwa mereka melarang distribusi dan penjualan hasil karya yang dibuat oleh AI secara sepenuhnya. Karya yang dimaksud mulai dari kategori manga, CG Illustration Art, Video, Audiovisual, dan sejenisnya. Aturan tersebut terhitung dimulai pada 11 Mei 2023.

EISYS Inc. selaku pemilik dari website akan melarang hasil karya yang sepenuhnya berasal dari AI. Sementara karya yang dibuat hasil karya sendiri dan dibantu sebagian oleh AI masih diperbolehkan dengan batas-batas tertentu.

Aturan ini mereka lakukan agar melindungi dampak buruk dari kehadiran hasil karya dari AI yang dapat mempengaruhi para Artist yang ingin menjual karya mereka di situs tersebut.

Event Anime Los Angeles 2023 Melarang Karya AI-Generated Art Diperjualbelikan

Event Anime Los Angeles 2023 juga membuat kebijakan yang sama seperti EISYS

Larangan terhadap hasil karya dari AI belakangan sudah mulai ditegaskan oleh beberapa pihak. Selain dari situs milik EISYS, beberapa bulan yang lalu event anime Los Angeles 2023 mengumumkan hal yang sama terkait jualbeli karya AI.

Event yang telah berlangsung pada awal tahun 2023 yang lalu ini melarang keras untuk para kreator menjual karya mereka yang dibuat sepenuhnya menggunakan teknologi AI. Untuk mengetahui alasan mereka, kalian bisa baca selengkapnya di sini.

Itulah informasi mengenai situs milik EISYS melarang penjualan hasil karya manga, art, dan lainnya dari AI. Bagaimana menurut kalian dengan kebijakan ini?


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait TechAI Generated atau artikel lainnya dari Muhammad Faisal. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version