Sony Tuntut Hukum Penjual PS4 Hasil Jailbreak atas Pelanggaran Hak Cipta

in ,

Telah dirilis 5 tahun yang lalu, pembajakan di PS4 masih tergolong sangat minim. Tetapi dalam beberapa bulan terakhir, hacker telah temukan cara jailbreak untuk menembus proteksi dari PS4. Meskipun jauh dari kata sempurna, jailbreak tersebut dilaporkan berhasil memainkan game-game tertentu secara ilegal. Tentunya hal semacam ini ingin dihentikan oleh Sony sebisa mungkin. Bukanlah sebuah tugas yang mudah akan tetapi perusahaan asal Jepang ini memulainya dengan menahan seorang pria asal Kalifornia atas menjual PS4 jailbreak lewat eBay.

Dilansir dari Torrent Freak, pria atas nama Eric David Scales dituntut oleh Sony setelah menjual PS4 jailbreak berisikan 60 game langsung dengan inisial “Blackcloak13”. Sony bahkan membeli barang jualan dari Eric tersebut untuk membuktikan jika dia tidak main-main dengan apa yang dipasarkan di halaman eBay yang dia buat.

Selain dari mencoba menjual PS4 bajakan ini, pria tersebut dianggap telah melakukan bisnis ini selama 12 tahun via websitenya yang kini telah dimatikan Sony. Website tersebut secara eksplisit mendorong pembelinya untuk tidak membeli game original sama sekali karena “kebebasan” yang dimiliki produk non-original.

Lewat tuntutan ini, Eric David Scales diminta untuk mengganti rugi kerusakan yang telah dia hasilkan lewat melanggar hukum hak cipta. Tidak disebutkan berapa nominal kerusakan tersebut. Dia juga dimintai berikan semua hardware jailbreak yang dia miliki mulai dari console hingga harddrive agar dapat dimusnahkan.

Dokumen lengkap akan tuntutan Sony ini bisa kamu baca selengkapnya disini. (via Torrent Freak)

Muhammad Maulana

Written by Muhammad Maulana

Seseorang yang menghabiskan waktunya mengamati Video Game dan Film.