Apa Spesifikasi PC Minimal untuk Main Game dengan Nyaman di Tahun 2023?

Spesifikasi Pc

Di zaman yang semakin modern ini, sudah tentu harus dibarengi dengan standar terkini pula. Termasuk standar spesifikasi PC minimal untuk main game dengan nyaman di tahun 2023, yang menurut kami terdapat lompatan yang cukup jauh dari generasi terdahulu.

Bisa dan tidak ada salahnya untuk gunakan PC yang kalian gunakan saat ini untuk menjajal games zaman now semacam Forspoken, tentunya selama spesifikasinya memadai. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah kalian akan betah ketika hanya memainkannya pada pengaturan grafik tertentu, pada resolusi yang kalian inginkan.

Standar Spesifikasi PC Minimal untuk Bisa Main Game dengan Nyaman

Pastinya kalian penasaran dengan deretan komponen yang kalian butuhkan untuk jadi standar spesifikasi PC minimal yang bisa memainkan game apapun dengan nyaman di tahun 2023 ini.

Harus Memiliki Prosesor Memadai

Tidak melulu harus AMD, selama memiliki enam core, gaskan aja sih

Untuk menjamin komputer kalian tidak kepayahan saat game yang kalian mainkan menuntut banyak resource, mau tidak mau kalian harus memiliki prosesor yang tentunya memadai untuk ukuran spesifikasi PC zaman now.

Aman rasanya bila kami rekomendasikan prosesor dengan enam atau delapan core yang merupakan standar minimal supaya prosesor kalian tidak ngos-ngosan adu kecepatan dengan kartu grafis yang kalian gunakan. Jangan lupa, pastikan prosesor tersebut tidak berumur lebih dari dua tahun.

Motherboard dengan Banyak Konektivitas

Motherboard dengan 2 slot M.2 NVMe adalah standar zaman now

Bukan rahasia umum lagi bila gamer memiliki banyak peripheral untuk meningkatkan pengalaman mereka saat main game. Tidak hanya mouse dan keyboard saja, namun banyak sekali peripheral lain semacam steering wheel, USB hub dan semacamnya. Biasanya, ukuran motherboard ideal dan universal adalah M-ATX dan ATX.

Nah, itulah saat di mana kalian membutuhkan motherboard dengan banyak konektivitas. Mulai dari port USB, WiFi dan Bluetooth terintegrasi, slot M.2 NVMe untuk sistem operasi dan penyimpan, dan tidak lupa hub RGB terintegrasi supaya PC kalian bisa tampil semakin meriah dan terkesan gamer banget.

Jumlah Memori Wajib Besar

Pastikan memori minimal adalah 16GB demi kenyamanan

Tidak hanya prosesor dan motherboard yang mumpuni, spesifikasi PC minimal untuk dapat memainkan game kekinian dengan nyaman juga harus memiliki memori dalam jumlah besar. Hal ini dikarenakan semua aplikasi dan game keluaran zaman now, telah dipoles sedemikian rupa dan menuntut spesifikasi lebih.

Sebagaimana standarisasi komputer zaman now versi Gamebrott yang dapat kalian baca selengkapnya di sini, idealnya PC di zaman now wajib gunakan memori seminimalnya 2x8GB alias 16GB. Kalau kalian memiliki dana ekstra, beli 2x16GB alias 32GB sekalian.

Manfaatkan Penyimpanan Jenis SSD

Jangan asal membeli SSD

Betul sekali. Kalian harus melupakan hardisk konvensional untuk menyimpan data, dokumen, dan game pada PC yang kalian gunakan. Selain terlalu lambat dan hanya menawarkan kapasitas, hardisk terlalu rentan rusak bila terkena guncangan. Gunakan SSD untuk sistem operasi dan menyimpan data.

Demi memaksimalkan kinerja komputer kalian, selalu bedakan prioritas SSD yang kalian gunakan. Kalian bisa gunakan kombinasi SSD 128-256GB untuk sistem operasi dan aplikasi, dan SSD 512-2048GB untuk data, dokumen, dan game yang kalian mainkan. Lupakan hardisk, karena sudah tidak relevan di tahun 2023.

Gunakan Kartu Grafis Terkini

Mungkin RTX 3060 Ti bisa menjadi standar zaman now?

Pemain utama dari spesifikasi PC di zaman now sudah barang tentu adalah kartu grafis. Tidak usah muluk-muluk gunakan yang terbaru, terbaik, atau termahal. Cukup sesuaikan dengan kebutuhan, namun standar dari kami adalah RTX 3060 Ti atau RX 6700 XT untuk bisa memainkan semua game dengan nyaman.

Idealnya, semakin besar VRAM yang ditawarkan sebuah kartu grafis akan semakin baik pula potensi futureproof yang bisa dilakukan. Untuk standar zaman sekarang, cobalah untuk membeli kartu grafis mid-range dengan VRAM minimal 8GB. Walah mungkin mahal, namun inilah yang menantang dari merakit spesifikasi PC kekinian.

Pakai PSU yang Berkualitas

Selalu cek tier list PSU untuk performa terbaik dari komputer kalian

Selain prosesor dan kartu grafis, bukan rahasia umum lagi kalau PSU berkualitas juga akan menentukan daya tahan dari semua komponen yang kamu gunakan. Kalian bisa menyesuaikan PSU yang akan kalian beli dengan semua komponen yang kalian gunakan. Idealnya, PSU 500-750W 80+ Gold sudah temasuk memadai.

Walau kami memang memiliki deretan PSU terbaik yang dapat kalian miliki, namun kami menyarankanmu untuk mencari referensi tambahan. Entah itu dari YouTube, tier list, atau influencer guna memberikanmu peace of mind dan tak ada sesal ketika membelinya kemudian hari.

Gunakan HSF yang Mumpuni

HSF dengan jenis tower biasanya menjadi opsi teraman

Membeli dan gunakan HSF yang mumpuni biasanya merupakan faktor penentu yang tidak boleh dilupakan. Terdapat beberapa jenis cooler untuk meredam suhu panas yang dihasilkan prosesor, namun secara umum, gamer biasanya akan lebih memilih AIO Cooler karena terkesan minimalis dan lebih ‘gamers’ alias keren.

Untuk prosesor dengan enam atau delapan core (atau bahkan mungkin lebih), kalian jangan pelit-pelit untuk alokasikan dana. Kalian bisa membeli HSF dual-tower atau mungkin AIO Cooler dari brand favorit kalian. Tidak ada patokan pasti, tapi kalau dari kami, jujur akan merekomendasikan Noctua.

Akhir Kata

Itulah dia spesifikasi PC minimal untuk dapat main game dengan nyaman di tahun ini. Walau mungkin spesifikasi PC di atas terlihat overkill, namun percayalah, kalian tidak akan menyesal ketika melakukan investasi ke komponen PC terbaik untuk menunjang produktivitas dan aktivitas gaming kalian.

Kalian dapat mengantisipasi semua dana-dana tidak terduga dengan menabung terlebih dahulu untuk dapat membeli semua komponen yang lebih kekinian di kemudian hari. Jangan takut atau gengsi saat diejek teman karena gunakan PC dengan spek pas-pasan. No pain, no gain! Semangat membangun PC impianmu, brott!


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com

Exit mobile version