6 Tips Memilih Charger HP Terbaik untuk Smartphone Kamu

tips memilih Charger Hp

Tips Memilih charger HP – Di era dimana smartphone menjadi kebutuhan primer, penggunaan gawai ini sudah memenuhi hampir setiap jam kehidupan kita. Smartphone atau ponsel pintar kini sudah bisa melakukan apa saja mulai dari sekadar chatting, membalas email, berselancar sosial media, hingga bermain game.

Penggunaan yang semakin intens berarti diiringi pula dengan baterai smartphone yang semakin cepat habis. Otomatis cas HP juga semakin sering dibutuhkan. Produsen smartphone juga semakin paham jika konsumen membutuhkan catu daya yang punya kecepatan isi daya tinggi atau sebutan awamnya charger HP fast charge. Konsumen juga seharusnya paham cara charger HP yang benar seperti apa agar baterai awet.

Tapi kadang kala kita mengalami hal apes seperti charger yang rusak atau tidak sengaja hilang. Mau tidak mau kita harus membeli lagi charger smartphone yang sesuai. Ada berbagai pilihan yang bisa diambil pada saat seperti ini. Dikarenakan banyaknya opsi charger pihak ketiga, tentu kita harus paham cara memilih charger agar tidak salah beli.

Tips Memilih Charger HP yang Cocok Buat Smartphone Kamu

Cara memilih charger smartphone

Daripada kalian pusing, berikut ada beberapa tips yang cocok buat kalian yang memang sedang memilih tipe charger HP. Tidak perlu berlama-lama lagi mari kita langsung bahas saja.

1. Perhatikan Daya Maksimal, Tidak Semua Charger HP Fast Charge Dibuat Sama

Perhatikan Watt-nya

Teknologi charging smartphone sekarang cukup beragam. Produsen smartphone berbondong-bondong menciptakan teknologi dan standar pengecasan mereka sendiri. Maka dari itu kita sering mendengar istilah Quick Charge, Super VOOC, FlashCharge, dan HyperCharge. Mak dari itu kita perlu pengetahuan yang cukup untuk memilih charger HP yang baik.

Semua teknologi tersebut punya kecepatan charge yang beragam dan mungkin saja tipe charger tertentu dari pihak ketiga tidak mendukung. Kebanyakan charger smartphone sekarang sudah mendukung daya hingga 33W, 45W, 67W, 80W, atau bisa saja mencapai ratusan Watt. Pastikan charger yang ingin kalian beli mendukung kecepatan charging tersebut.

2. Pastikan Cas HP Mempunyai Fitur Proteksi Arus Listrik

Pastikan ada proteksi arus juga

Charger HP yang bagus seharusnya punya fitur yang bisa melindungi smartphone kalian dari hal yang tidak diinginkan. Seperti contohnya fitur anti meleleh, OCP atau Over Current Protection, dan OVP atau Over Voltage Protection.

Jadi pastikan sebelum membeli, charger incaran kalian sudah memiliki fitur tersebut demi menghindari kejadian yang tidak-tidak. Baterai HP juga bisa lebih awet jika arus listrik yang dikirim stabil.

3. Belilah Charger yang Dijual Resmi dan Bergaransi

Beli charger yang bergaransi

Poin ini memang terkadang suka dilewatkan oleh pengguna. Entah karena tergiur dengan charger murah atau yang hasil produk impor tanpa garansi resmi. Begitu ada kasus bermasalah langsung repot mencari solusinya.

Padahal sejak awal tinggal beli saja yang sudah tersedia di marketplace lokal dan sudah punya garansi jelas minimal satu tahun.

4. Pastikan Port pada Charger Sesuai dengan Jenis Kabel

Pastikan lubangnya cocok dengan tipe kabel kalian

Baru-baru ini sudah beredar jenis koneksi USB baru yang diberi nama Type C. Beberapa produsen charger bahkan mengenalkan kabel Type C ini secara dua sisi baik dibagian colokan ke lubang port di HP, ataupun di lubang dekat charger.

Jadi pastikan kalian paham charger Type C untuk HP apa dan apakah kabel yang tersedia di paket pembelian HP kalian mendukung untuk memasang tipe konektor tersebut. Jika tidak kalian mungkin harus mengeluarkan uang lagi untuk membeli kabel baru yang tentu harganya juga tidak murah.

Namun sebenarnya ada juga alternatif selain membeli charger pihak ketiga jika kalian memang ragu akan kualitas chargernya. Berikut ada beberapa solusi yang bisa kalian ambil:

5. Belilah Charger Ori sesuai Merk HP

Jika ragu, belilah charger original sesuai merk HP

Memang solusi paling aman adalah membeli charger yang diproduksi oleh empu-nya smartphone. Dengan membeli charger yang sesuai dan resmi, kalian sudah tidak perlu memperhatikan apakah daya yang masuk itu akan cocok atau tidak.

Paling yang menjadi perhatian adalah harga charger ini akan sedikit lebih tinggi dibanding charger pihak ketiga yang biasa beredar di marketplace. Jadi pastikan sudah mempersiapkan kantong sedikit lebih dalam.

6. Beli Charger Bekas Namun Copotan HP yang Sama

Charger bekas juga bisa jadi solusi, asal benar copotan smartphone

Alternatif lainnya adalah kalian bisa membeli charger bekas yang dijual oleh sesama pengguna smartphone tipe sama. Biasanya yang seperti ini bisa dijumpai di forum jual beli pada sosial media.

Namun perlu diperhatikan jika charger tersebut harus dipastikan original dan bukan kw atau palsu. Jika tidak itu malah akan membahayakan smartphone kalian. Jadi selalu teliti sebelum memutuskan untuk membeli.

Cara Charger HP yang Benar

Cara charge HP yang benar

Nah, jika kalian sudah berhasil mendapatkan charger yang cocok. Jangan lupa juga untuk menjaga baterai smartphone kalian agar tidak mudah soak. Kalian bisa membaca artikel kami terkait bagaimana cara menjaga baterai smartphone kalian agar awet dan tahan lama. Simak di artikel ini ya. Semoga informasi kali ini membantu kalian, brott.


Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Andi. For further information and other inquiries, you can contact us via author@gamebrott.com.

Exit mobile version